Sukses

Setelah Bung Karno, Kisah Jenderal Soedirman Bakal Difilmkan

Sebelum digarap, film tentang kisah Jenderal Soedirman melakukan riset hingga delapan bulan.

Liputan6.com, Jakarta Akan makin banyak kisah tokoh bangsa yang diangkat ke layar lebar. Setelah Bung Karno lewat film Soekarno: Indonesia Merdeka, kini giliran cerita perjuangan Jenderal Soedirman yang akan difilmkan.

Adalah sutradara Viva Westi yang mengumumkan bakal mengemas kisah heroik sang jenderal. Didukung oleh TNI AD, Viva menggaet beberapa pemain bintang. Peran Jenderal Soedirman diberikan kepada Adipati Dolken, sementara Bung Karno dimainkan oleh Baim Wong. Sineas senior Mathias Muchus juga terlibat dan dipercaya sebagai Tan Malaka.

‎Tak mudah meramu kisah Jenderal Soedirman hingga bisa diangkat ke layar kaca. Banyak cerita, banyak versi yang harus dipilah.

"Kami butuh waktu delapan sampai sepuluh bulan. Kami dibantu dari Mabes AD, mereka kasih ahli sejarah, setiap skenario selesai kami kirim ke sana di-acc (diterima) di sana, memastikan tidak ada yang salah," kata Viva di Balai Sudirman, Jalan Saharjo, Jakarta Selatan, Selasa (20/1/2015).

Selain naskah, film ini akan bersentuhan langsung dengan dunia kemiliteran. Para pemain pun dilatih langsung oleh tentara dari Kopassus.

"Dari teknis, bagaimana cara mereka memegang senjata dan bersikap nggak boleh salah," sambung Viva, yang sebelumnya menyutradarai film Rayya, Cahaya Diatas Cahaya.

‎Film ini rencananya akan tayang pada Agustus mendatang. Viva menyebutnya sebagai kado manis untuk hari jadi Indonesia ke-70. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini