Sukses

Golden Globe 2015: Siapa Unggulan yang Kalah?

Selalu ada yang dikecewakan dalam setiap ajang penghargaan. Termasuk di ajang Golden Globe Awards 2015. Siapa sajakah?

Liputan6.com, Los Angeles Malam puncak penghargaan Golden Globe Awards 2015 menjadi ajang bagi-bagi hadiah kepada mereka yang berhak mendapatkannya sejak lama, termasuk Kevin Spacey lewat serialnya, House of Cards, yang menang untuk pertama kalinya setelah delapan kali dapat nominasi.

Kendati begitu, tidak semua film, serial TV, berikut aktor dan aktrisnya yang diunggulkan, membawa pulang piala. Selalu ada yang dikecewakan dalam setiap ajang penghargaan.

Salah satunya adalah The Imitation Game, film biografi ilmuwan gay Alan Turing, yang dibintangi aktor paling dibicarakan saat ini, Benedict Cumberbatch.

Eddie Redmayne.

The Imitation Game meraih 5 nominasi tapi pulang dengan tangan hampa. Benedict pun kalah oleh Eddie Redmayne (The Theory of Everything) di kategori Aktor Terbaik Drama.

Baca juga:

Daftar Lengkap Pemenang Golden Globe Awards 2015 

Prediksi Pemenang Golden Globe Awards 2015

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yang Kalah Kategori di Film

Yang Kalah di Kategori Film

Namun,kejutan paling besar di perhelatan yang berlangsung di Beverly Hilton Hotel, Minggu (11/1/2015) malam atau Senin (12/1/2015) pagi waktu sini, adalah kemenangan The Grand Budapest Hotel yang mengalahkan Birdman di kategori Film Terbaik--Musikal/Komedi.

Tidak ada yang menyangkal The Grand Budapest Hotel adalah film yang amat baik. Namun, Birdman yang rilis akhir tahun disiapkan untuk bertarung di musim penghargaan. Sedangkan The Grand Budapest Hotel rilis Maret, saat musim penghargaan film usai.

Hal ini membuktikan satu hal: untuk menang jadi Film Terbaik tak harus menunggu merilis film di akhir tahun. Film Terbaik--Drama, Boyhood, juga rilis Agustus 2014, saat penghujung musim panas.

Namun, Birdman--yang mendapat 7 nominasi--bernasib lebih baik dibanding The Imitation Game. Birdman menang kategori Skenario Terbaik dan Aktor Terbaik--Komedi untuk Michael Keaton.

Boyhood

Sutradara yang diunggulkan juga Ava DuVernay lewat filmnya, Selma yang mengangkat perjuangan persamaan hak warga kulit hitam oleh Martin Luther King Jr.. Namun, piala kategori ini dibawa pulang Richard Linklater, sutradara Boyhood.

Juri Golden Globe Awards 2015, yakni anggota Persatuan Wartawan Asing di Hollywood, rupanya lebih menghargai kerja keras dan dedikasi Linklater yang menggarap film Boyhood selama 12 tahun. Sedang Selma, yang meraih empat nominasi, hanya membawa pulang piala kategori Lagu Asli Terbaik. Belakangan memang muncul kritik kepada kebenaran sejarah atas Selma. Mungkin hal ini yang membuat filmnya kalah.

3 dari 3 halaman

Yang Kalah di Kategori TV

Yang Kalah di Kategori TV

Di kategori TV, kemenangan Kevin Spacey sebagai Aktor Terbaik Serial Drama di House of Cards berarti juga kekalahan Clive Owen di The Knick's. Banyak yang lebih mengunggulkan Owen, namun kini saatnya Spacey dihargai atas kerja kerasnya selama ini.

Bintang serial TV favorit pemirsa Amerika, Julia Louis-Dreyfus lewat Veep's, kalah di kategori Aktris Terbaik Serial Komedi oleh Gina Rodriguez (Jane the Virgin's). Ini kali ketiga Julia kalah berturut-turut di kategori ini. Ia terakhir kali memenangkan Golden Globe saat membintangi serial Seinfeld tahun 1994. Mungkin nasibnya bakal seperti Kevin Spacey, harus menunggu lama untuk dapat piala lagi.

Di kategori Televisi, serial baru lebih mendapat tempat. The Affair meraih gelar Serial TV Terbaik--Drama, sedang Transparent meraih gelar Film Terbaik--Komedi.

 Billy Bob Thornton di Fargo.

Sementara itu, untuk kategori Miniseri ddan FilmTV, True Detective yang meraih empat nominasi tak membawa pulang satu piala pun. Fargo justru yang menang, termasuk Billy Bob Thornton yang mengalahkan Matthew McConaughey dan Woody Harrelson, dua bintang True Detective.

Well, apapun hasil perhelatan Golden Globe 2015 hari ini, masih ada kesempatan bagi film-film yang kalah untuk bersaing di ajang Academy Awards Februari ini, ataupun Emmy Awards untuk kategori TV. Mari kita tunggu siapa yang bawa pulang piala Oscar dan Emmy nanti. (Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.