Sukses

Tinggalkan Noah, Reza Ikuti Jejak Sakti eks Sheila on 7

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka para Sahabat Noah akhirnya melihat band pujaannya itu ditinggalkan oleh drummernya, Reza. Alasan dirinya meninggalkan band yang membesarkan namanya itu pun sangat dalam, yaitu demi bisa mendalami Agama Islam.

Sebelumnya, sebuah tagar bertuliskan #RezaNOAHMoment di jejaring Twitter, sempat membuat para penggemar bertanya-tanya mengenai apa di balik alasan sang drummer hingga memutuskan untuk hengkang dari Noah.

Keputusan Reza untuk bisa mendalami agama Islam itu, dirasa seolah mengikuti jejak Sakti, mantan gitaris Sheila on 7. Kala itu, pemilik nama asli Saktia Ari Seno itu mengundurkan diri dari band pada 2006.

Sakti sempat menimba ilmu ke Pakistan dan mengubah penampilannya menjadi lebih Islami. Ia lalu menumbuhkan janggut sambil mengenakan baju gamis lengkap dengan peci. Bahkan, ia turut mengganti namanya menjadi Salman Al-Jugjawy.

"Jadi nama Salman dari kiyai saya, Salman artinya selamat, Jugjawy artinya dari Jogja. Jadi artinya Salman dari Jogja," ungkap Sakti dalam wawancara di Cawang, Jakarta Timur, pada tahun lalu.



Diakui oleh Sakti, ia waktu itu pergi ke Pakistan untuk belajar dakwah dengan kursus kilat sekitar dua bulan. Kemudian mengunjungi India, Pakistan, dan Bangladesh sekitar empat bulan. Ia lalu berikrar agar apa yang didapatnya di sana bisa dipraktikkan di Indonesia.

Akan tetapi, jiwa Sakti sebagai seorang musisi tak hilang. Ia lalu memilih jalur musik sebagai salah satu cara berdakwahnya. Bersama Eross, rekannya di Sheila On 7 dulu, pria kelahiran 14 Juni 1980 itu pun menggarap lagu religi.

Meskipun melontarkan pernyataan yang terdengar berbeda, namun jika disimak, alasan Reza pun tak jauh beda dengan Sakti. Diutarakannya, "Saya mau mencoba hidup yang lurus. Bukan berarti saya sudah lurus atau benar, tapi pengin mencoba hidup yang benar."



"Selama ini saya mungkin yang hidup dengan hingar bingar dan segala macam, saat sekaranglah kita butuh perubahan," ucap Reza kepada sebuah tayangan infotainment, baru-baru ini.

Keinginan Reza untuk hengkang dari Noah, sebenarnya juga sudah lama ada di benaknya. Namun demikian, butuh waktu baginya untuk benar-benar memantapkan niat dan mendapatkan restu dari Ariel, Uki, Lukman, dan David selaku rekan-rekannya di band tersebut.

Lantas, apakah kelak Reza akan kembali ke industri musik dengan warna yang berbeda setelah mendalami Islam? Kita tunggu saja kelanjutannya nanti.(Rul/Feb)