Sukses

Lestarikan Leluhur, Bolot Unjuk Aksi di Gelar Budaya Betawi

Bolot lebih suka unjuk gigi secara langsung dengan cara datang ke Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu (9/11/2014).

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara dilakukan untuk melestarikan budaya lokal. Pelawak Bolot misalnya. Ketimbang koar-koar soal pelestarian budaya Betawi, Bolot lebih suka unjuk gigi secara langsung dengan cara datang ke Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu (9/11/2014).

Di mall itu sedang diadakan Gelar Budaya Betawi. Tak tanggung-tanggung, Bolot naik panggung dan bermain Bodoran (lawak betawi) dengan beberapa seniman betawi lainnya. Menurut Bolot, melestarikan budaya Betawi harus dilakukan dengan cara sering-sering diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari.

"Jangan cuma diperhatikan. Kalau diperhatikan itu kan cuma dilihat doang, tapi juga harus dijalani, dilakukan biar pada jatuh cinta dengan budaya Betawi," kata Bolot.

Gelar Budaya Betawi tahun ini berupaya untuk memotivasi sanggar-sanggar tradisional Betawi untuk terus berkarya dan menciptakan inovasi yang kreatif. Apalagi, dari sanggar-sanggar itu, budaya Lenong pernah berjaya.

Makanya, selain menyuguhkan Bodoran, Gelar Budaya Betawi juga mengingatkan kembali warisan budaya leluhur seperti Nyanyian Betawi, Rumah Betawi, Silat Betawi hingga Prosesi Perkawinan Ala Betawi.

"Acara ini bertujuan untuk memberikan hiburan serta meng-edukasi masyarakat, mengenai keanekaragaman budaya betawi” Ujar Ghazali selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DKI Jakarta. (Jul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.