Sukses

Ini Kronologi X-Men Menurut Film-filmnya (Bagian 1: 1840-1973)

Ini kejadian yang berlangsung di jagad X-Men dari 1840 hingga 1973.

Liputan6.com, Jakarta SPOILER ALERT! Tulisan ini menjelaskan rangkaian kejadian dalam film-film X-Men, termasuk dari film yang terbaru, X-Men: Days of Future Past.

Mulai Rabu (21/5/2014) para mutan kembali menyerbu bioskop. Ya, X-Men: Days of Future Past rilis hari ini menandai para mutan favorit kita kembali ke layar lebar.

Totalnya hingga sekarang kita sudah disuguhi tujuh film dari jagad X-Men. Dimulai pada 2000 lewat X-Men, berlanjut ke X2: X-Men United (2003), dan X-Men: The Last Stand (2006). Ketiga film itu sering disebut trilogi awal X-Men. Semula, banyak yang mengira kisah X-Men ditamatkan di film ketiga. Namun, studio 20th Century Fox yang memegang hak memfilmkan karakter kreasi komik Marvel ini tak ingin melepas hak itu--yang berarti kehilangan potensi meraih uang besar dari booming film-film superhero. Maka mereka meneruskan kisah X-Men dengan spinoff dan prekuel.

Setelah tiga film trilogi awal, kisah X-Men di film melebar jadi empat film lagi: dua kisah spinoff yang khusus mengisahkan Wolverine (X-Men Origins: Wolverine [2009] dan The Wolverine [2013]) dan sebuah prekuel (X-Men: First Class [2011]) serta sekuel First Class (X-Men: Days of Future Past [2014]). Film tersebut menggenapi serangkaian kejadian dalam film-film X-Men yang sudah ada.

Menonton seluruh film X-Men kita bisa membuat rangkaian waktu apa saja yang terjadi di jagad X-Men dari dulu, sekarang, dan di masa depan.

Dalam membuat daftar rentetan waktu ini sangat terbantu oleh infografis yang pernah dibuat majalah film Empire. Tanda kurung berisi judul film di mana kejadian itu berlangsung.

Next page: 1840-1945

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1840-1945

1840-1945

1840-an: Ketika kecil, Wolverine mendapati dirinya seorang mutan. Dari tangannya tumbuh cakar tajam. Di masa itu juga kita berkenalan dengan Victor alias Sabretooth, saudara tiri Wolverine. (X-Men Origins: Wolverine)

1861: Wolverine dan Sabretooth ikut Perang Saudara Amerika Serikat. (X-Men Origins: Wolverine)

1917: Wolverine dan Sabretooth terlibat dalam Perang Dunia I. (X-Men Origins: Wolverine)

Awal 1940-an: Magneto masih kecil dan dipisahkan dari ibunya saat masuk ke dalam Kamp Konsentrasi Nazi di Polandia di masa Perang Dunia II. Saat itu, Magneto kecil memperlihatkan kekuatan supernya sebagai mutan. Ia bisa membengkokkan gerbang tebal. Kekuatan Magneto menarik perhatian ilmuwan Jerman Sebastian Shaw. Untuk membangkitkan kekuatan Magneto, Shaw bahkan tega membunuh ibunya. Dibakar amarah, Magneto kecil membunuh tentara Nazi yang menjaganya serta memporak-poranda ruang kerja Shaw. Di masa itu, Charles Xavier kecil bertemu Mystique kecil. Xavier mengajak Mystique tinggal bersamanya. (X-Men: First Class)

1945: Wolverine dan Sabretooth terlibat dalam Perang Dunia II. (X-Men Origins: Wolverine)

1945: Wolverine menjadi tawanan tentara Jepang. Ia menjadi saksi kejatuhan bom atom di Nagasaki, Jepang. (The Wolverine)

Next page: 1962-1973

 

3 dari 3 halaman

1962-1973

1962-1973

1962: Magneto memburu bekas perwira Nazi termasuk Sebastian Shaw. Sementara itu, CIA kemudian membentuk Divisi X yang anggotanya para mutan Xavier, Magneto, dan Mystique. Di saat itu Magneto dan Xavier pertama kali bertemu Wolverine. Magneto membunuh Sebastian Shaw. Para mutan mencegah Perang Dunia III dengan mengakhiri krisis misil Kuba. Xavier terluka kakinya, membuatnya tak bisa berjalan. Magneto membentuk kelompok mutan yang sepaham dengannya. (X-Men: First Class)

1963: Magneto ditangkap karena dituduh membunuh Presiden Kennedy. Ia dikerangkeng di penjara rahasia super ketat di bawah tanah gedung Pentagon. Magneto membantah menjadi pelakunya. (diceritakan tanpa visual di X-Men: Days of Future Past)

1973: Wolverine dari tahun 2020-an, kembali ke tahun 1970-an, di era Presiden Nixon, untuk meyakinkan Xavier dan Magneto akan bahaya uji coba senjata baru, Sentinel yang sedang digagas Dr. Bolivar Trask, seorang pembenci mutan. Mereka hendak mencegah Mystique membunuh Trask yang membuat pemerintah melanjutkan program Sentinel agar perang di masa depan antara mutan dengan Sentinel tak pernah terjadi. (X-Men: Days of Future Past)

(Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini