Sukses

Pengarang Attack on Titan Minta Maaf Atas Pesan Jorok di Manga

Kisah Attack on Titan mengambil tema pertarungan antara manusia melawan raksasa, yang dikarang oleh Hajime Isayama.

Liputan6.com, Tokyo Pengarang manga Hajime Isayama baru saja meminta maaf atas munculnya sebuah pesan kotor di salah satu bab dalam karya terbesarnya, Attack on Titan. Ucapan tersebut diungkapkannya melalui sebuah pesan khusus seperti tercantum dalam laman J-Cast pada Rabu (14/5/2014) lalu.

Sebelumnya, dalam edisi Juni Shonen Magazine Bessatsu terbitan Kodansha, terdapat bab 57 yang menampilkan sebuah panel manga dengan teks yang seolah ditulis dalam bahasa dunia Attack on Titan. Akan tetapi, teks tersebut ternyata adalah pesan dalam bahasa kasar dengan huruf katakana yang dibalik.

Dilansir dari Anime News Network, Kamis (15/5/2014), Hajime Isayama menyatakan bahwa teks yang ada di dalamnya itu tidak sengaja ditambahkan dan tidak ada hubungannya dengan cerita. Namun demikian, ia menerima tanggung jawab penuh karena tidak menyadari pemasangannya ketika sedang memeriksa naskah.

Kontan Isayama langsung menyampaikan permohonan maaf karena telah mengecewakan pihak yang sedang menikmati serial karangannya. Ia kemudian berjanji untuk lebih berhati-hati dan memastikan agar hal seperti itu tidak terjadi lagi di edisi manga yang akan datang. Ditambahkan juga bahwa ia akan membuat Attack on Titan menjadi lebih baik.

Tak hanya Hajime Isayama yang meminta maaf, editor manga pun turut menyesal karena tidak dapat menangkap pesan tersebut selama tahap koreksi naskah. Dia pun berjanji untuk mengambil langkah-langkah sembari memastikan hal serupa tidak akan terjadi lagi.

Pernyataan cukup mengejutkan terjadi tatkala editor menjelaskan bahwa ternyata asistennya adalah pihak yang menulis pesan kotor tersebut tanpa diketahui olehnya maupun Hajime Isayama sendiri.

Di dalam manga, pesan tersebut terlihat bersama salah satu karakter utama yang memegang sebuah kertas dengan gambar sesosok tokoh dan tulisan berbahasa khusus. Ternyata begitu tulisan tersebut dibalik, pesan kotor dalam huruf katakana pun bisa terbaca.



Dalam huruf latin, kata-kata tersebut dibaca:
"Gu choki pa gu choki pa gu choki pa
de nani tsukurou nani tsukurou
Migi te ha chinko de hidari te ha manko de
Sekkusu sekkusu
Namamugi nama gome nama tamago
Shimoneta matsuri da wassho."

Jika diartikan, kata-kata tersebut menjadi:
"Kertas gunting batu, kertas gunting batu, kertas gunting batu
Jadi, apa yang harus dibuat, apa yang harus dibuat
Di tangan kananku sosis, di tangan kiriku xxx (menyebut organ kelamin wanita)
Seks seks
Gandum mentah, beras mentah, telur mentah
Berbicara kotor sepanjang hari, oke!"



Kisah Attack on Titan mengambil tema pertarungan antara manusia melawan raksasa. Di dalam ceritanya, kaum raksasa mendominasi dunia hingga membuat manusia terpojok dan membangun tembok tinggi supaya tak bisa dimasuki rombongan makhluk mengerikan itu.

Versi layar lebar Attack on Titan sedang dipersiapkan oleh para sineas ternama Jepang bersama pengarang manganya, Hajime Isayama. Aktor Haruma Miura turut terlibat dalam proses pembuatan film yang dilakukan di Pulau Hashima itu. Animenya kini telah selesai mengudara sebanyak 25 episode sejak 6 April hingga 28 September 2013.(Rul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.