Sukses

Rio Sidik: Indonesia Rumah Paling Nyaman untuk Musisi

Melalang buana hingga ke luar negeri, namun Rio Sidik mengakui Indonesia adalah negeri paling nyaman untuk musisi.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kebanggaan pastinya bagi Rio Sidik bisa menjelajahi dunia untuk bermain musik. Rusia, Afrika, Finlandia, Korea Selatan, Portugal, Spanyol dan Belanda pernah ia singgahi bersama bandnya, Quintet. Namun Rio mengakui, Indonesia adalah panggung paling nyaman untuk dirinya dan musisi lain.

"Di Indonesia itu paling asyik main jazz. Di luar sana juga banyak musisi jazz yang bagus, tapi banyak dari mereka yang juga nggak dapat panggung. Tapi di sini orangnya banyak, panggungnya juga banyak. Di sini paling banyak jazz festivalnya," kata Rio Sidik, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Meski begitu Rio tak bisa menampik kalau beraksi di negeri orang mempunyai kebanggaan tersendiri. "Saya pernah main di kafe, jazz club, di teater juga pernah. Main di luar negeri bukan berarti di tempat yang megah. Yang membuat kita semangat itu jika penontonnya antusias dan kita bisa menghibur mereka," sambung Rio.

Bersama Quintet, Rio Sidik sudah sangat sering keliling dunia dan tampil di sana. Meski begitu, Rio sendiri mengaku kurang dikenal di negeri sendiri. Karena itu, Rio pun akhirnya merilis album keduanya bersama Quintet berjudul Sound of the Mystical Vibe. "Saya berharap lewat album ini bisa lebih dikenal di sini," harap Rio.

Meski dikenal sebagai musisi jazz, Rio yang juga mahir bermain terompet ini tak mau disebut sebagai musisi jazz. "Karena saya tidak hanya bermain jazz. Saya main pop, pernah memproduseri album pop, main rock juga. Kadang pop banget, jazz banget, rock banget. Itu proses hidup saya," tutur Rio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini