Sukses

Indo Premier Luncurkan Power Fund Series, Bantu Investor Retail Raih Cuan

Power Fund Series memudahkan investor retail untuk memanfaatkan reksa dana saham secara maksimal. Sekaligus menciptakan kesetaraan antara investor kecil dan besar.

Liputan6.com, Jakarta - Indo Premier Sekuritas (IPS) meluncurkan Power Fund Series, seri produk baru di IPOT Fund yang dirancang khusus untuk membantu investor kecil dan besar di dunia investasi reksa dana saham serta ETF.  

"Kami meminta maaf karena setelah 22 tahun berjalan kami baru berhasil membuat sebuah inovasi di IPOT Fund, yang memberikan solusi yang relevan bagi seluruh kalangan masyarakat terlepas dari latar belakangnya," ujar Direktur Utama PTIndo Premier Sekuritas Moleonoto di Jakarta, Senin (8/7/2024).

Moleonoto menjabarkan, tantangan yang dihadapi oleh para investor retail dalam melakukan investasi reksa dana saham seperti kurangnya transparansi portofolio, waktu yang dibutuhkan untuk pencairan dana yang memakan tiga hingga tujuh hari, serta harga yang terpaku di akhir hari dan transaksi yang terjadi di akhir hari juga. 

"Kelemahan reksa dana saham tersebut dianggap harus dibenahi agar memenuhi kebutuhan investor modern saat ini yang cepat dan dinamis," imbuh dia. 

Dengan Power Fund Series, ia mengklaim ini dapat memudahkan investor retail untuk memanfaatkan reksa dana saham secara maksimal. Sekaligus menciptakan kesetaraan antara investor kecil dan besar. 

Adapun fitur-fitur yang dihadirkan lewat Power Fund Series ini dirancang untuk menjawab kelemahan reksa dana saham dan reksa dana ETF. Kini investor dapat memanfaatkan harga real-time sesuai momentum pasar untuk mendapatkan harga terbaik berbeda dengan reksa dana saham pada umumnya yang harganya mengacu hanya di akhir hari.

"Keunggulan tersebut berkontribusi keunggulan berikutnya, yaitu transaksi yang dapat dilakukan pada dan setelah jam bursa yang memberikan fleksibilitas kepada investor. Jika masyarakat ingin memanfaatkan harga real-time dapat bertransaksi sesuai real time di jam bursa dan di sisi lain masih dapat bertransaksi setelah jam bursa dengan mengacu ke harga akhir hari," paparnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Lain

Selain keunggulan di proses yang terjadi di proses transaksional, ia menambahkan, komposisi portofolio yang transparan 100 persen memberikan kepastian lantaran pengguna dapat mengetahui dengan pasti apa yang diinvestasikan. 

"Selain di atas kepastian pencairan dana dalam dua hari ketimbang tiga hingga tujuh hari memberikan kepastian agar masyarakat bisa mengatur keuangan lebih baik," jelas Moleonoto.

Dalam meluncurkan Power Fund Series, IPS menggandeng Indo Premier Investment Management (IPIM) dan akan meluncurkan tiga belas produk, termasuk Premier ETF IDX LQ-45, Premier ETF PEFINDO i-Grade dan Premier ETF FTSE Indonesia ESG, yang kini dapat ditemukan di IPOT Fund dalam aplikasi IPOT. 

"Supaya dampak yang dihasilkan semakin luas, IPS pun tengah mempersiapkan kerja sama dengan berbagai mitra lainnya seperti bank dan manajer investasi lainnya, yang akan diumumkan dalam waktu dekat," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Ekosistem Inklusif

Menurut dia, fitur-fitur yang diimplementasikan khusus di IPOT Fund guna memastikan agar investor kecil Tanah Air mendapatkan akses yang sama terhadap produk investasi, harga, dan kepastian jual beli yang setara dengan investor besar. 

"Besar harapan kami untuk semakin banyak mitra yang dapat bergabung dalam Power Fund Series untuk menciptakan ekosistem investasi yang lebih inklusif, transparan, dan menguntungkan bagi masyarakat," ujar dia.

Sementara Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jeffrey Hendrik mengapresiasi upaya Indo Premier Sekuritas yang hendak menciptakan ruang lebih besar bagi para investor retail. 

"Terimakasih pada Indo premier, juga selamat. Semoga bisa memberikan pelayanan lebih baik bagi investor kita, khususnya investor retail dan investor kecil," kata Jeffrey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini