Sukses

Bursa Asia Cerah Usai Rilis Data Inflasi India

Inflasi konsumen India pada April memenuhi ekspektasi sebesar 4,83%. Indeks harga konsumen India tumbuh 4,83% tahun ke tahun di bulan April.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham di kawasan Asia dan Pasifik atau lebih dikenal dengan sebutan bursa Asia bergerak menguat di awal perdagangan Selasa ini. Penguatan bursa Asia ini berlawanan dengan gerak bursa Wall Street dimana indeks Dow Jones mengalami tekanan yang dalam.

Investor di Asia tengah mengamati angka inflasi India. Data yang dirilis pada Senin kemarin menunjukkan bahwa indeks harga konsumen India naik 4,83% tahun ke tahun, hampir sejalan dengan perkiraan ekonom yang disurvei oleh salah satu kantor berita internasional yaitu sebesar 4,8%.

Sedangkan data lain yaitu inflasi grosir India akan dirilis hari ini.

Bergeser ke Jepang, data yang dirilis Bank of Japan menunjukkan bahwa inflasi korporasi stabil di bulan April dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun harga impor melonjak 6,4% dari tahun ke tahun di bulan lalu, kemungkinan besar disebabkan oleh penurunan tajam yen.

Mengutip CNBC, Selasa (14/5/2024), indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,7%, sedangkan indeks Topix bertambah 0,6%.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,18%, sedangkan Kosdaq yang berkapitalisasi lebih kecil naik 5%.

di Australia, indeks S&P/ASX 200 turun 0,08%.

Indeks Hang Seng Hong Kong siap untuk melanjutkan kenaikan dari hari Senin, dengan kontrak berjangka di 19,209 dibandingkan dengan penutupan terakhir indeks di 19,115.06. HSI ditutup melewati angka 19,000 pada hari Senin — untuk pertama kalinya sejak Agustus 2023.

Data India

Inflasi konsumen India pada April memenuhi ekspektasi sebesar 4,83%. Indeks harga konsumen India tumbuh 4,83% tahun ke tahun di bulan April, turun sedikit dari 4,85% yang tercatat di bulan Maret dan melambat selama empat bulan berturut-turut.

Meskipun ini merupakan tingkat inflasi paling lambat sejak Juni 2023, angka tersebut sedikit di atas perkiraan para ekonom sebesar 4,8%.

Kementerian Statistik India mengatakan inflasi di daerah pedesaan tumbuh lebih tajam sebesar 5,43%, sedangkan tingkat inflasi perkotaan mencapai 4,11%.

Kementerian juga menambahkan bahwa inflasi pada kelompok pakaian dan alas kaki, perumahan dan bahan bakar menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saham Asia Diprediksi Lesu Menyusul Rilis Data Ekonomi Tiongkok

Saham-saham Asia dibuka dengan lesu pada hari Senin di tengah tanda-tanda perlambatan ekonomi AS dan data akhir pekan yang mengisyaratkan lemahnya permintaan di Tiongkok.

Saham Asia diprediksi akan melemah dan terbebani lebih lanjut menyusul serangkaian rilis data dari Tiongkok. Sementara harga konsumen naik pada bulan ketiga, harga industri melanjutkan penurunan yang panjang, kredit menyusut untuk pertama kalinya pada April karena penjualan obligasi pemerintah melambat dan ekspansi pinjaman lebih buruk dari perkiraan.

Ekonom di Macquarie Group, Larry Hu mengatakan Ini memprihatinkan, namun tidak perlu panik bagi para investor. 

“Data kredit yang sangat meleset di bulan April sebagian besar disebabkan oleh alasan teknis yang bersifat sementara, bukan karena kemerosotan tajam pada perekonomian yang mendasarinya,” katanya dikutip dari Yahoo Finance, Senin (13/5/2024). 

Ekuitas berjangka di Australia, Jepang, Hong Kong, dan Tiongkok daratan semuanya menunjukkan sedikit penurunan. 

Kontrak AS melemah setelah S&P 500 kesulitan untuk mendapatkan daya tarik pada Jumat karena sentimen konsumen turun ke level terendah dalam enam bulan dan ekspektasi inflasi jangka pendek meningkat, sehingga memberikan tantangan terhadap prospek kebijakan Federal Reserve.

Saham-saham global naik untuk minggu ketiga di tengah pertumbuhan pendapatan yang kuat, terutama pada saham-saham yang berfokus pada AI. 

Sementara itu, obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun naik pada minggu kedua bahkan setelah imbal hasil naik pada Jumat karena ekspektasi inflasi konsumen satu tahun naik menjadi 3,5%, tertinggi sejak November. Imbal hasil Australia naik di awal perdagangan Asia.

3 dari 3 halaman

Emas dan Minyak Jadi Pilihan

Komoditas utama termasuk emas dan minyak akan menjadi fokus pada hari Senin setelah Presiden Vladimir Putin menggantikan menteri pertahanannya yang telah lama menjabat dalam sebuah langkah mengejutkan ketika pasukan Rusia berupaya memanfaatkan keunggulan di medan perang dan membuat kemajuan dalam perang melawan Ukraina. 

Langkah ini dilakukan hanya beberapa hari sebelum Putin berencana mengunjungi Tiongkok dan para pemimpin militer NATO bertemu di Brussels. Minyak melemah di awal perdagangan sementara emas sedikit berubah.

Dolar AS dan franc Swiss, yang dipandang sebagai mata uang safe haven di saat krisis geopolitik, hanya sedikit berubah pada awal perdagangan Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.