Sukses

BNI Sediakan Solusi Keuangan untuk Prajurit TNI

Langkah ini demi terus mendukung program pemerintah, termasuk dalam hal penyediaan jasa layanan perbankan untuk institusi dan anggota TNI.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memperkuat kerjasama bisnis dengan TNI melalui solusi layanan keuangan terintegrasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan institusi dan prajurit TNI.

Langkah ini demi terus mendukung program pemerintah, termasuk dalam hal penyediaan jasa layanan perbankan untuk institusi dan anggota TNI

Sinergi ini diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, SE, Msi dengan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar di Wisma Ahmad Yani, Jakarta, pada Selasa (26/3/2024).

Kerjasama ini merupakan langkah strategis BNI untuk mendukung TNI baik di lingkungan Mabes TNI, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara dalam pengelolaan keuangan yang lebih efektif, efisien, dan akuntabel di era digital.

"BNI memahami peran penting TNI dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mendukung kinerja institusi TNI dengan menyediakan layanan perbankan yang komprehensif dan inovatif," kata Royke.

Kolaborasi strategis ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan solusi keuangan yang terintegrasi bagi seluruh elemen dalam ekosistem TNI.

BNI akan menyediakan layanan perbankan termasuk Cash Management System, layanan produk consumer seperti BNI Fleksi dan BNI Griya, financial planning, dan berbagai layanan perbankan lainnya.

Selain itu, BNI juga akan mendukung program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan program-program CSR TNI yang sejalan dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN.

"Kerja sama ini diharapkan akan menjadi pintu masuk menuju kolaborasi serta sinergi yang lebih luas antara TNI dengan BNI sehingga mampu membawa manfaat bagi bangsa dan negara," pungkas Royke.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BNI Kucurkan Kredit ke Proyek PLTS di Bali

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan fasilitas kredit pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Kredit diberikan kepada PT Medcosolar Bali Timur untuk pembangunan PLTS berkapasitas 25 Megawatt peak (MWp) di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Kucuran kredit bentuk komitmen BNI demi mendukung transisi energi nasional melalui penyaluran pembiayaan hijau (green financing).

Proyek PLTS ini merupakan proyek PLTS ground mounted terbesar di Indonesia yang diprakarsai oleh PT Medcosolar Bali Timur, anak usaha PT Medco Power Indonesia. BNI berperan sebagai sole lender untuk proyek ini.

Penandatanganan Perjanjian Kredit dilakukan oleh Senior Vice President Corporate Banking 2 BNI Ditya Maharhani Harninda dan Direktur PT Medcosolar Bali Timur Myrta Sri Utami di Kantor PT Medco Power Indonesia, Jakarta, pada Rabu (20/3/2024).

Direktur Wholesale and International Banking BNI Agung Prabowo mengungkapkan, partisipasi BNI dalam pendanaan Green Loan ini merupakan wujud komitmen BNI untuk mendukung pencapaian target net zero emission pemerintah pada tahun 2060.

"Saat ini, BNI secara aktif memfokuskan pembiayaan pada proyek-proyek yang termasuk dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) sebagai upaya untuk mendorong transisi energi hijau di Indonesia," ujar Agung.

Menurut Agung, kerjasama ini sejalan dengan misi PT Medco Power Indonesia sebagai salah satu induk usaha PT Medcosolar Bali Timur untuk memberikan nilai jangka Panjang dengan portofolio bisnis energi bersih Independent Power Producer (IPP), Operation & Maintenance (O&M) dan energi terbarukan yang berkelanjutan.

Adapun pendanaan proyek PLTS ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) di BNI. "Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan mewujudkan Indonesia yang lebih hijau," pungkas Agung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI