Sukses

Alasan Reddit Gelar IPO meski Masih Catat Rugi

Reddit dan investornya berharap menjual 22 juta saham dengan harga antara USD 31 dan USD 34.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan media sosial Reddit yang belum mencatat keuntungan akan melepas saham di bursa saham New York. Reddit berharap meraih valuasi USD 6,4 miliar atau sekitar Rp 100,90 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.524) saat go public pekan depan.

Dikutip dari BBC, ditulis Selasa (12/3/2024), sebuah pengajuan di AS mengungkapkan Reddit dan investornya berharap menjual 22 juta saham dengan harga antara USD 31 dan USD 34.

Namun, banyak pengguna khawatir langkah ini akan mengubah situs web. Adapun sejumlah saham akan dikhususkan untuk beberapa pengguna Reddit dan moderator.

Perseroan berencana melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) yang akan membuat sebagian sahamnya untuk dibeli publik untuk pertama kali.

"Pengguna kami memiliki rasa kepemilikan yang mendalam terhadap komunitas yang mereka buat di Reddit,” tulis salah satu Reddit, Steve Huffman, dalam surat kepada calon investor yang dirilis beberapa pekan lalu.

"Kami ingin rasa kepemilikan ini tercermin dalam kepemilikan nyata agar pengguna kami menjadi pemilik. Menjadi perusahaan publik memungkinkan hal ini terjadi,” ia menambahkan.

Reddit yang didirikan hampir 20 tahun lalu, merupakan forum online sebuah tempat pengguna dapat mengirimkan pertanyaan dan mengomentari topik yang diminati.

Perusahaan ini menghasilkan sebagian besar uangnya melalui iklan di platform tersebut, meski baru-baru ini mencapai kesepakatan dengan Google yang memungkinkan raksasa teknologi itu mengakses data Reddit untuk melatih model kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tapi kinerja belum cemerlang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Rugi

Reddit telah mencatat kerugian setiap tahun sejak berdiri. Pada tahun lalu, Perseroan mencatat rugi lebih dari USD 90 juta. Valuasinya juga jauh lebih kecil dibandingkan USD 10 miliar dalam putaran penganggalan dana private pada 2021.

Saat ini, pemegang saham terbesar termasuk perusahaan media Advance Magazine Publishers, perusahaan teknologi China Tencent, perusahaan investasi Amerika Serikat Fidelity, dan Sam Altman, Chief Executive OpenAI.

Reddit berdiri pada 2005 berbeda dengan perusahaan media sosial lain seperti Facebook dan TikTok. Pengguna sering kali merasa lebih beas untuk menulis apa yang mereka suka meski subreddit diawasi oleh moderator.

Kekuatan komunitas Reddit telah terlihat melalui Gamestop pada 2021. Pengguna melakukan mobilisasi untuk menaikkan harga saham Gamestop. Saham yang awalnya bernilai USD 20 melonjak ke posisi puncak USD 350 setelah koordinasi dari Redditor.

Namun, beberapa pengguna khawatir IPO akan mengubah situs menjadi lebih buruk.

"Ketika pelanggan terpenting berpindah dari pengguna ke pemegang saham, produk selalu menderita,” ujar salah satu sumber.

“Yang menjadi pertanyaan adalah apa yang bisa kita lakukan pada kuartal ini untuk mendapatkan tambahan pendapatan, bukannya bagaimana kitab isa membuat produk ini lebih baik,” ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

IPO, Simak Kinerja Keuangan Reddit dan Prospeknya di Tengah Popularitas Facebook dan X

Sebelumnya diberitakan, Reddit mengungkapkan kinerja terbaru perusahaan sehubungan dengan rencana penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). Perusahaan berhasil menekan rugi hingga USD 90,8 juta pada 2023. Raihan itu dicatatkan bersamaan dengan pertumbuhan pendapatan sekitar 21 persen pada periode yang sama.

Pengajuan IPO dilakukan hampir dua dekade setelah peluncuran Reddit. Ini sekaligus menjadi ujian besar bagi platform yang masih tertinggal dibandingkan platform lain yang lahir bersamaan, seperti Facebook dan X yang saat ini masih populer.

Melansir Yahoo Finance, Sabtu (24/2/2024), Reddit mengatakan mereka memiliki rata-rata 73,1 juta pengguna aktif harian dan 267,5 juta pengguna aktif mingguan dalam tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023. Perusahaan mengatakan lebih dari 100 ribu komunitas aktif menggunakan platformnya, yang memiliki 1 miliar postingan kumulatif.

Dalam pengajuan IPO, Reddit melaporkan kerugian bersih yang lebih kecil sebesar USD 90,8 juta untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember dan mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar USD 804 juta, naik dari USD 666,7 juta pada tahun sebelumnya.

Meskipun Reddit diluncurkan sekitar waktu yang sama dengan pionir media sosial lainnya seperti Meta, yang mengoperasikan Facebook, dan Twitter, basis penggunanya jauh lebih kecil dibandingkan perusahaan-perusahaan sezamannya. Angka pertumbuhan Reddit juga tidak seberapa dibandingkan dengan media sosial yang lebih besar karena perusahaan tersebut telah berjuang untuk berhasil memonetisasi platformnya selama bertahun-tahun.

Ada juga pertanyaan tentang pendekatan perusahaan terhadap moderasi konten, yang menjadi kendala bagi pengiklan. Mereka sudah menghadapi persaingan ketat untuk mendapatkan dana periklanan dari TikTok dan Facebook.  Namun, Reddit telah membangun basis setia di antara para penggunanya. Papan pesannya telah memicu beberapa aksi unjuk rasa 'meme-stock' dalam beberapa tahun terakhir.

 

 

4 dari 4 halaman

Didirikan pada 2005

Didirikan pada 2005 oleh pengembang web Steve Huffman dan pengusaha Alexis Ohanian, suami dari juara tenis Serena Williams, Reddit telah didukung oleh beberapa investor besar, mulai dari raksasa modal ventura Andreessen Horowitz hingga raksasa teknologi Tiongkok, Tencent Holdings. Rapper Snoop Dogg juga merupakan investor di perusahaan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah melakukan upaya untuk menyegarkan daya tariknya di kalangan pengguna muda melalui akuisisi pesaing TikTok Dubsmash pada 2020. Perusahaan, yang memperoleh pendapatan terutama melalui iklan dan juga menawarkan akses premium dengan biaya bulanan, belum menghasilkan keuntungan, kata Huffman dalam postingan Reddit pada Juni lalu.

Perusahaan telah mengajukan IPO secara rahasia di AS pada akhir 2021, namun kondisi ekonomi yang sulit dan buruknya kinerja saham-saham teknologi yang tercatat di bursa memaksa perusahaan untuk menunda penawaran tersebut. Morgan Stanley dan Goldman Sachs telah ditunjuk sebagai penjamin emisi utama untuk IPO Reddit, yang mencakup lebih dari selusin bank lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.