Sukses

Dongkrak Bisnis FMCG, Buyung Poetra Sembada Siapkan Capex Rp 15 Miliar di 2024

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 15 miliar pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 15 miliar pada 2024. Mayoritas dari belanja modal tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk FMCG melalui PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) seperti pembelian tanah, pembangunan pabrik dan lainnya.

Sejak diluncurkan pada 2022 sebagai bagian dari proses transformasi usaha HOKI ke bisnis FMCG, permintaan terhadap produk beras khusus dengan merek DailyMeal yang dijalankan oleh anak usaha, HDN ini terus mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari kinerja HDN yang membukukan penjualan sebesar Rp 3,5 miliar di kuartal III 2023, meningkat 843 persen YoY.

Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk, Budiman Susilo mengatakan semua perkembangan positif tersebut semakin menguatkan tekad Perseroan untuk terus fokus pada upaya pengembangan bisnis FMCG agar tidak bergantung ke produksi dan distribusi beras putih saja.

"Meski industri beras penuh tantangan, tetapi demi melihat minat konsumen yang masih positif terhadap produk DailyMeal Rice dan DailyMeal Eat, Perseroan optimis tahun ini akan dapat mencapai pertumbuhan penjualan diatas 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Budiman.

DailyMeal adalah produk baru FMCG (fast moving consumer goods) dari HOKI yang terdiri dari DailyMeal Rice dan DailyMeal Eats. DailyMeal Rice adalah produk beras kemasan sehat yang saat ini memiliki varian Beras Jagung, Beras Singkong,. Adapun DailyMeal Eats adalah produk beras berbumbu warisan Nusantara yang telah menyajikan pilihan varian Nasi Uduk, Nasi Kebuli dan Nasi Goreng Spesial Pedas.

“Hingga awal tahun 2024, produk DailyMeal terus mengalami pertumbuhan dibuktikan dengan produk yang diisikan di rak-rak minimarket maupun retail ketika terjadi kelangkaan beras putih,” imbuh Budiman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Industri Beras Hadapi Tantangan, Emiten Buyung Poetra Sembada Bidik Penjualan di Atas 10% pada 2024

Sebelumnya diberitakan, DailyMeal Rice adalah produk beras kemasan sehat yang saat ini memiliki varian Beras Jagung, Beras Singkong,. Adapun DailyMeal Eats adalah produk beras berbumbu warisan Nusantara yang telah menyajikan pilihan varian Nasi Uduk, Nasi Kebuli dan Nasi Goreng Spesial Pedas.

Dalam rangka mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal, HOKI akan terus menggencarkan pemasaran ke berbagai retail market untuk semakin memudahkan konsumen mendapatkannya. 

Mulai kuartal IV 2023, perseroan telah memperbanyak jaringan distribusi di berbagai wilayah di Pulau Jawa. Sejak diluncurkan pada 2022 sebagai bagian dari proses transformasi usaha HOKI ke bisnis FMCG, permintaan terhadap produk beras khusus dengan merek DailyMeal yang dijalankan oleh anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) ini terus mengalami peningkatan.

Hal itu dapat dilihat dari kinerja HDN yang membukukan penjualan sebesar Rp 3,5 miliar di kuartal III 2023, meningkat 843 persen yoy.

 

3 dari 4 halaman

Buyung Poetra Sembada Bentuk Usaha Patungan Bangun Pabrik Beras Sehat

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) melalui anak usahanya, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pembentukan usaha bersama (joint venture/JV) bersama PT Gita.

Kerja sama kedua pihak itu dalam rangka membangun pabrik beras sehat yang rencananya akan mulai beroperasi di awal 2025.

Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk, Budiman Susilo menyampaikan, rencana pembangunan oabrik baru khusus untuk beras sehat ini diharapkan menujang target kinerja HOKI.

Penandantanganan MoU ini masih tahap awal dan akan dilanjutkan dengan pembentukan usaha patungan secara formal.

"Rencana ini diharapkan akan menunjang target HOKI yang akan terus tumbuh dengan ditunjang empat sektor bisnis grup HOKI, yaitu Bisnis beras Topi Koki, Bisnis FMCG Daily Meal melalui HDN, Bisnis investasi melalui PT Hoki Investasi Sejati (HIS) serta Bisnis Energi Terbarukan melalui PT Buyung Poetra Energi (BPE),” ujar Budiman dalam keterangan resmi, Kamis (31/8/2023).

Direktur Utama PT Hoki Distribusi Niaga, Adi Wijaya melihat prospek beras sehat dengan brand ‘DailyMeal’ mulai banyak diminati masyarakat. Untuk itu, perseroan ingin menjamin ketersediaan dan keberlanjutan pasokan aneka beras sehat agar dapat memenuhi kebutuhan pasar.

"Selain itu, JV ini juga akan meningkatkan laju inovasi produk-produk beras sehat dari HDN di masa mendatang," kata Adi Wijaya.

 

 

4 dari 4 halaman

Penjualan Daily Meal

Asal tahu saja, proses transformasi bisnis yang dimulai HOKI dengan diversifikasi produk Perseroan ke sektor FMCG (fast-moving consumer goods) melalui HDN semakin menunjukkan perkembangan yang positif dalam setahun terakhir.

Penjualan Daily Meal sebagai produk FMCG Perseroan pada Semester 1 tahun ini mencapai Rp 2,2 miliar, tumbuh 5.846 persen dibandingkan pada semester 2 2022 yang sebesar Rp 37 juta.

DailyMeal terbagi menjadi "Daily Meal Rice" berupa beras sehat alternatif yaitu dari beras jagung dan beras singkong, dan "Daily Meal Eats" berupa beras berbumbu instan seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk, serta akan meluncurkan varian baru pada semester dua tahun ini.

Beras sehat yang diproduksi HOKI yaitu beras singkong dan beras jagung memiliki serat pangan yang tinggi dengan index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet.

Beras singkong dan jagung ini sangat diterima baik di berbagai modern market karena sesuai dengan gaya hidup sehat masyarakat perkotaan yang semakin mementingkan kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini