Sukses

Dongkrak Investor Saham Syariah, BSI Gandeng Mandiri Sekuritas

Nasabah dapat berinvestasi di pasar modal syariah dan menikmati kemudahan pembukaan Rekening Efek Syariah secara online

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI (BRIS) berkerja sama dengan PT Mandiri Sekuritas meluncurkan produk investasi serba syariah guna mendongkrak jumlah investor syariah di Tanah Air.

Kerjasama dalam peluncuran #SerbaSyariah serta pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) online bank syariah pertama di Indonesia. 

Nasabah dapat berinvestasi di pasar modal syariah dan menikmati kemudahan pembukaan Rekening Efek Syariah secara online melalui Mandiri Online Securities Trading (MOST) Syariah by Mandiri Sekuritas.

 

Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Oki Ramadhana mengatakan, angka-angka statistik dan hasil survei literasi serta inklusi keuangan pasar modal tersebut menunjukkan besarnya potensi pertumbuhan pasar modal syariah di Indonesia. 

Asal tahu saja, populasi penduduk muslim Indonesia hingga 2023 mencapai lebih dari 240 juta atau sekitar 85% dari total penduduk lebih dari 278 juta.

Sementara data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah total investor pasar modal Indonesia 2023 mencapai lebih dari 12 juta orang Dari angka tersebut, tercatat sekitar 137 ribu adalah investor saham syariah dari total 5 juta investor saham.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK tahun 2022 menunjukkan tingkat literasi keuangan pasar modal Indonesia adalah sebesar 4% dan inklusi 5,19%.

Sementara literasi keuangan syariah Indonesia sebesar 9,14%, dibandingkan dengan literasi keuangan konvensional yang mencapai 49,6%.

Melihat potensi tersebut, Mandiri Sekuritas berkomitmen tinggi untuk terus meningkatkan peran aktifnya dalam menumbuhkan tingkat literasi dan inklusi keuangan pasar modal syariah melalui layanan investasi #SerbaSyariah.

“Literasi keuangan syariah baru 9,14% dibandingkan literasi keuangan konvensional mencapai 49,6% ini yang mendorong kami terus berkomitmen untuk mendorong literasi keuangan syariah,” kata Oki dalam acara Peluncuran Investasi Serba Syariah: MOST Syariah dan RDN Online BSI,  Selasa (9/1/2024).

Dia mengaku berharap kerja sama ini dapat bermanfaat bagi lebih banyak investor pasar modal Indonesia yang ingin lebih maju dalam berinvestasi, mencari berkah, dan meraih manfaat melalui layanan investasi SerbaSyariah di MOST Syariah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Akses

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyambut baik kerja sama yang membuka akses luas bagi nasabah BSI ke investasi pasar modal syariah ini.

Kerja sama ini menandai BSI sebagai full-fledged bank syariah pertama di Indonesia yang meluncurkan pembukaan RDN online syariah. Hal ini juga menjadi wujud dari komitmen BSI untuk senantiasa memberikan solusi keuangan syariah bagi para nasabah di Indonesia.

"Kami optimis, sinergi ini dapat memperkuat dan memperdalam industri keuangan syariah di Tanah Air sehingga mimpi besar kita untuk menjadikan Indonesia sebagai episentrum keuangan syariah dunia secara bertahap dapat kita wujudkan," kata Hery Gunardi.

Investasi #SerbaSyariah dan pembukaan rekening efek syariah di Mandiri Sekuritas didukung penuh oleh Bank Syariah Indonesia dengan produk RDN online syariah berupa Rekening BSI Tabungan Efek Syariah yang menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah.

Adapun rekening tabungan ini akan digunakan oleh nasabah untuk penyelesaian transaksi jual beli efek syariah yang sesuai Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Selama masa peluncuran, Mandiri Sekuritas menggelar promosi untuk 1.000 nasabah pertama yang berhasil menyelesaikan pembukaan rekening efek syariah di MOST Syariah dan melakukan deposit dana awal sejumlah minimal Rp1.000.000, berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa 100 lembar saham BRIS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini