Sukses

Alasan Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti Lepas Seluruh Saham UNVR

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) Ira Noviarti menjual 870.000 saham UNVR atau setara 0,002 persen. Ia melepas seluruh kepemilikan saham di UNVR.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) Ira Noviarti melepas seluruh kepemilikan saham di Unilever Indonesia. Penjualan saham UNVR itu dilakukan untuk keperluan pendidikan sang anak.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Sabtu (2/12/2023), Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Ira Noviarti menjual 870.000 saham UNVR atau setara 0,002 persen pada 2 November 2023. Penjualan harga saham UNVR itu sebesar Rp 3.650 per saham sehingga total nilai penjualan saham sebesar Rp 3,17 miliar.

“Tujuan dari transaksi keperluan pendidikan anak. Status kepemilikan saham langsung,” tulis Ira.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat, 1 Desember 2023, saham UNVR melemah 0,55 persen ke posisi Rp 3.630 per saham. Saham UNVR dibuka turun 50 poin ke posisi Rp 3.600 per saham.

Saham UNVR berada di level tertinggi Rp 3.700 dan terendah Rp 3.590 per saham. Total frekuensi perdagangan 5.525 kali dengan volume perdagangan 116.529 saham. Nilai transaksi Rp 42,5 miliar.

Sebelumnya Ira Noviarti membeli 870.000 saham UNVR senilai Rp 3,01 miliar pada 28 Maret 2022 pada harga Rp 3.460 per saham. Tujuan pembelian saham tersebut untuk investasi yang sifatnya langsung. Sebelum pembelian saham itu, Ira Noviarti tidak memiliki saham UNVR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikuti Jejak Ira Noviarti, 2 Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri

Sebelumnya diberitakan, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menyampaikan ada dua direktur Perseroan yang juga mengundurkan diri dari jabatannya setelah Ira Noviarti hengkang dari posisi Presiden Direktur Unilever Indonesia. 

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Nurdiana Darus menuturkan,  Shiv Sahgal dan Sandeep Kohli  mengundurkan diri dari posisi masing- masing selaku Direktur Perseroan, sehubungan dengan alasan pribadi.

Pengunduran diri tersebut akan berlaku efektif sejak disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hal itu diungkapkan pada 23 November 2023. 

"Pengunduran diri tersebut akan dimintakan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2023," kata dia dalam keterbukaan informasi, Jumat (24/11/2023).

Dia bilang, tidak terdapat dampak yang signifikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Perseroan.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat, 24 November 2023, saham UNVR melemah 0,28 persen ke posisi Rp 3.530 per saham. Saham UNVR dibuka naik 10 poin ke posisi Rp 3.550 per saham. Saham UNVR berada di level tertinggi Rp 3.580 dan terendah Rp 3.520 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.703 kali dengan volume perdagangan 53.083 saham. Nilai transaksi Rp 18,8 miliar.

Sebelumnya, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) telah mengumumkan pengunduran diri Presiden Direktur Perseroan dan rencana pengajuan usulan pengangkatan Presiden Direktur Perseroan yang baru. 

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Nurdiana Darus menuturkan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Ira Noviarti dari jabatannya selaku Presiden Direktur Perseroan sehubungan dengan alasan pribadi yang akan berlaku efektif sejak disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan berikutnya. 

"Sehubungan dengan pengunduran diri tersebut, pemegang saham utama Perseroan berencana untuk mengusulkan Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan yang baru untuk disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan yang sama," kata dia dalam keterbukaan informasi, Rabu, 25 Oktober 2023.

 

3 dari 4 halaman

Bawa Bisnis Lebih Kuat

Secara terpisah, Ira mengatakan, dirinya memulai posisi Presiden Direktur ketika baru mulai menghadapi pukulan pandemi pada 2020. Ia pun merasa bersyukur bisa menjalankan perannya hingga akhir dengan baik. 

"Telah banyak yang kami lalui hingga hari ini. Bersama-sama, kami menavigasi begitu banyak perubahan dan tantangan,  membawa bisnis Perseroan ke posisi yang lebih kuat seperti yang bisa dilihat dari hasil kuartal III 2023 yang kami umumkan hari ini. Seraya menjalankan hal-hal tersebut, kami tetap terus berkontribusi pada tanah air dan masyarakat," kata Ira.

Dengan demikian, Ira pun optimistis untuk terus memberikan kontribusi lebih lanjut bagi Perseroan pada masa mendatang. 

"Saya bersyukur atas akhir yang baik dari peran ini, dan bersemangat untuk berkontribusi lebih lanjut bagi kesuksesan  Unilever dalam peran saya berikutnya. Pengalaman, kepercayaan, dan kesempatan yang merupakan sebuah  kehormatan," katanya.

Posisi Ira yang baru bersama Unilever akan diumumkan pada waktunya, dan suksesornya akan diusulkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan berikutnya. 

 

4 dari 4 halaman

Perkuat Bisnis

Sebelumnya diberitakan, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) telah menyiapkan sejumlah strategi dalam rangka memperkuat bisnisnya. Salah satunya mengeluarkan produk dengan inovasi terdepan. 

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti menuturkan, pihaknya akan tetap konsisten dengan lima fokus strategi yang telah dicanangkan Perseroan. Selain itu, memastikan eksekusi tersebut berjalan dengan penuh kekuatan. 

"Kami konsisten fokus ekspansi, kami konsisten mengeluarkan inovasi-inovasi yang terdepan, contohnya yang baru datang ke market bulan ini  yang luar biasa famous lalu kita juga masuk terus inovasi di segmen premium sementara di segmen premium ini banyak cukup besar untuk personal care," kata Ira dalam konferensi pers, Rabu (25/10/2023).

Tak hanya itu, Unilever Indonesia juga memastikan Perseroan sekarang berada dalam posisi yang lebih kuat untuk mewujudkan potensi pertumbuhan jangka panjang. Dengan mengeksekusi lima prioritas strategis, Unilever Indonesia secara efektif mengatasi berbagai tantangan dan menjaga posisi kepemimpinan di pasar. 

Pertama, memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utama. Kedua, memperluas dan memperkaya portofolio ke premium dan value segment. 

Ketiga, membangun execution powerhouse untuk memperkuat kepemimpinan di channel utama. Keempat, penerapan e-everything di semua lini bisnis dan kelima, tetap menjadi yang terdepan dalam agenda keberlanjutan.

Ira juga menegaskan, pihaknya terus berfokus menggerakkan pasar dengan perkembangan dan juga inovasi yang dilakukan oleh Unilever Indonesia. Sehingga, daya beli masyarakat pun akan ikut terpacu.

Asal tahu saja, UNVR mencatatkan penjualan sebesar Rp 30,50 triliun per kuartal III 2023 atau turun 3,26 persen year on year (YoY) dibandingkan pendapatan perusahaan per kuartal III 2022 senilai Rp 31,53 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.