Sukses

Elnusa Kantongi Kontrak Rp 11,58 Triliun hingga September 2023

PT Elnusa Tbk (ELSA) menyebutkan nilai kontrak hingga September 2023, salah satunya 56 persen dialokasikan pada jasa distribusi dan logistik energi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Elnusa Tbk (ELSA) mencatatkan realisasi kontrak sebesar Rp11,58 triliun hingga September 2023. Besaran tersebut tumbuh 13 persen secara year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama 2022 sebesar Rp10,26 triliun. 

Adapun dari nilai kontrak tersebut, 56 persen dialokasikan pada jasa distribusi dan logistik energi, 32 persen jasa hulu migas, dan 12 persen pada jasa penunjang.

Manager Corporate Communication Elnusa, Jayanty Oktavia Maulina mengatakan, proyek-proyek yang menjadi kontributor utama pada jasa distribusi dan logistik energi yakni transportasi BBM dan pengelolaan Depo. 

"Sampai dengan September 2023, segmen jasa ini telah mencatatkan beberapa penambahan proyek baru diantaranya layanan khusus Franco, penambahan angkutan BBM dan non BBM, KSO TBBM, dan proyek chemical,” ujar dia dalam keterangan resminya, Selasa (24/10/2023).

Pada Jasa Hulu Migas, Elnusa mendapatkan kontrak untuk pekerjaan Jasa Hydraulic Workover, Jasa Drilling, Jasa Drilling Fluid, Jasa Wireline Logging, serta Jasa Seismic Survey. Dalam Jasa Seismic Survey, Elnusa telah menyelesaikan pekerjaan Seismic 3D South Petapahan Extension, Seismic 3D South Walio Offshore, dan saat ini tengah mengerjakan Seismic Survey 3D di Wilayah Rokan dan Jawa Barat. 

Untuk pekerjaan Non Asset Based, Engineering Procurement Construction - Operation & Maintenance (EPC O&M), Elnusa telah menyelesaikan beberapa proyek dan tengah mengerjakan proyek O&M di berbagai wilayah kerja Pertamina Group.

Sementara itu pada Jasa Penunjang, Elnusa melalui Anak Usahanya terus mendukung bisnis Jasa Migas dengan penyediaan berbagai peralatan pendukung yang meliputi Penyedia Kapal dan Barge untuk kegiatan offshore, Penyediaan Warehouse dan Data Manajemen Migas, serta Penyediaan Jasa Fabrikasi Penunjang Migas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalankan Strategi Bisnis

“Elnusa berharap dapat menambah kontrak-kontrak baru dari beberapa segmen bisnis yang dijalankan Perusahaan di sisa tahun 2023 hingga tahun mendatang. Kami terus berinovasi dalam hal pengembangan bisnis yang sejalan dengan visi Perseroan, Reputable Energy Services Company Providing Total Solutions,“ kata dia.

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus menjaga konsistensi dalam menjalankan strategi bisnis perusahaan serta berinovasi untuk peningkatan kapabilitas serta kapasitas melalui kompetensi unggul yang dimiliki dan memperkuat bisnis partnership melalui kesepakatan perjanjian kerjasama dengan berbagai pihak. 

"Kami menawarkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan kebutuhan dan dinamika market, yang pada akhirnya akan memberikan value added optimal bagi stakeholder,” ujar dia.

3 dari 4 halaman

Elnusa Tekan Kerjasama Bisnis Migas dengan Daqing Oilfield Company

Sebelumnya diberitakan, PT Elnusa Tbk (ELNUSA) dengan kode emiten ELSA telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Daqing Oilfield Company, Ltd. (Daqing) pada tanggal 17 Oktober 2023.

Penandatanganan tersebut menjadi tanda awal kolaborasi antara kedua perusahaan. Penandatanganan MoU dilakukan oleh John Hisar Simamora selaku Direktur Utama Elnusa dengan Fang Junling selaku Vice President Daqing China.

“Kami percaya bahwa keunggulan yang dimiliki oleh Daqing Oilfield Company, Ltd., akan membuka peluang kerja sama yang saling menguntungkan di industri migas khususnya pada eksplorasi dan pengembangan di bidang perminyakan,” ujar John dalam keterangannya, seperti dikutip Sabtu (21/10/2023).

John juga berharap agar MoU ini dapat segera diikuti dengan kerja sama yang lebih spesifik di tingkat proyek dan baik Elnusa maupun Daqing mampu melakukan kerja sama tidak hanya di Indonesia, namun juga melihat peluang kerja sama yang saling menguntungkan di luar negeri.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan adalah Direktur Operasi Elnusa, Charles Harianto Lumbantobing, Presiden Direktur Daqing Indonesia, Yan Shoubin, dan segenap perwakilan management Elnusa juga management Headquarter Daqing China dan cabang Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Vice President Daqing China Fang Junling menyampaikan komitmen untuk berkolaborasi dengan Elnusa dan percaya bahwa kerja sama ini akan mempererat hubungan baik yang tidak hanya antara Daqing dan Elnusa, tetapi juga antar negara China dan Indonesia.

"Dengan tujuan mencari solusi bersama untuk menghadapi tantangan masa depan di bidang layanan dan teknologi oil and gas," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Awal Kerja Sama

Perjanjian MoU ini menandai awal kerja sama antara Elnusa dan Daqing untuk mendukung Elnusa dalam penggunaan teknologi unggulan, seperti dalam bidang Oilfield Lifecycle Management, G&G Research & Engineering, EOR & EOR Chemical Products, dan berbagai teknologi oil and gas lainnya.

Elnusa berkeyakinan bahwa kerja sama ini akan semakin mengokokohkan posisi sebagai perusahaan nasional jasa energi yang mampu memberikan solusi total kepada pelanggan.

Diversifikasi portofolio dalam bidang jasa hulu migas terintegrasi, distribusi & logistik energi dan jasa penunjang, memberikan keuntungan akan meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien dan pemegang saham.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini