Sukses

Produsen Beras Topi Koki Incar Target Jualan Tumbuh 10 Persen Tahun Ini

Direktur Buyung Poetra Sembada Budiman Susilo menuturkan, pihaknya optimistis mencapai pertumbuhan penjualan hingga 10 persen pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Emiten produsen beras merek Topi Koki, PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) membidik pertumbuhan penjualan sebesar 10 persen pada akhir 2023. 

Direktur Buyung Poetra Sembada Budiman Susilo menuturkan, pihaknya optimistis mencapai pertumbuhan penjualan hingga 10 persen pada tahun ini. 

"Hingga akhir 2023, Perseroan akan berupaya untuk mencapai pertumbuhan penjualan 10 persen dibandingkan 2022 dengan laba bersih yang positif," kata Budiman kepada Liputan6.com, ditulis Selasa (17/10/2023).

Dalam rangka memperkuat bisnisnya, saat ini HOKI bertransformasi bisnis ke arah produk FMCG melalui brand ‘DailyMeal’ yang mulai dipasarkan pertama kali pada akhir 2022 lalu. 

Seiring dengan Perseroan melihat semakin banyaknya masyarakat yang peduli mengenai kesehatan dan kepraktisan, HOKI mengambil peluang dengan mulai memasarkan produk beras khusus ‘DailyMeal’ yaitu beras sehat (DailyMeal Rice) dan beras praktis (DailyMeal Eats) yang pasokannya juga sudah mulai banyak di modern trade degan menawarkan produk berkualitas dan harga yang terjangkau. 

Adapun DailyMeal Rice berupa beras sehat alternatif yaitu dari beras jagung dan beras singkong, yang memiliki indeks glikemik yang rendah dan serat yang tinggi, serta kandungan gula pada beras ini juga 0 persen sehingga bisa menjadi alternatif yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu  ada DailyMeal Eats berupa beras berbumbu instan seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk. 

Bahkan, Perseroan sedang dalam tahap untuk menambah jaringan distribusinya lagi untuk memperbanyak peredaran produk beras sehat dan beras praktis ini, khususnya di area Jawa

Dari sisi profitabilitas, produk DailyMeal lebih baik dan memiliki potensi untuk memberikan kontribusi keuntungan yang baik bagi HOKI. 

"Melihat potensi pasarnya yang besar, Perseroan melalui anak usahanya PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) pembentukan usaha bersama (joint venture/JV) bersama PT Gita untuk membangun pabrik baru untuk beras sehat yang rencananya akan mulai beroperasi di awal 2025," kata dia.

Selain itu, Perseroan juga berencana meluncurkan produk beras sehat baru lainnya pada kuartal IV 2023 ini untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fokus Sinergi dan Efisiensi

Di sisi lain, ia menuturkan, belanja modal (capital expenditure/capex) HOKI pada 2023 tidak terlalu besar. Sebab, Perseroan fokus untuk sinergi dan efisiensi perusahaan seiring dengan upaya untuk bertransformasi menuju FMCG company melalui HDN.

"Tahun ini Perseroan masih menggunakan capex yang kecil untuk pengembangan bisnis HDN. Hingga semester I 2023, Perseroan hanya menggunakan sekitar Rp590 juta," imbuhnya.

Tak hanya itu, jelang tahun politik, HOKI akan terus berupaya untuk memproduksi memenuhi kebutuhan pasar sesuai dengan kemampuan Perseroan meskipun dengan harga bahan baku yang tinggi untuk produk beras utamanya. 

Namun, Perseroan berupaya mengatasinya dengan fokus ke penjualan beras sehat dan beras berbumbu melalui anak usahanya yaitu HDN.

Selain itu, HOKI juga memiliki sumber pendapatan lain seperti dari pembangkit listrik tenaga sekam pagi dan menyewakannya untuk meningkatkan praktik ESG (Melalui PT Buyung Putra Energi), dan juga pendirian unit usaha equity investment pada perusahaan terbuka (Melalui PT Hoki Investasi Sejati).

3 dari 5 halaman

Buyung Poetra Sembada Bentuk Usaha Patungan Bangun Pabrik Beras Sehat

Sebelumnya diberitakan, PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) melalui anak usahanya, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pembentukan usaha bersama (joint venture/JV) bersama PT Gita.

Kerja sama kedua pihak itu dalam rangka membangun pabrik beras sehat yang rencananya akan mulai beroperasi di awal 2025.

Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk, Budiman Susilo menyampaikan, rencana pembangunan oabrik baru khusus untuk beras sehat ini diharapkan menujang target kinerja HOKI.

Penandantanganan MoU ini masih tahap awal dan akan dilanjutkan dengan pembentukan usaha patungan secara formal.

"Rencana ini diharapkan akan menunjang target HOKI yang akan terus tumbuh dengan ditunjang empat sektor bisnis grup HOKI, yaitu Bisnis beras Topi Koki, Bisnis FMCG Daily Meal melalui HDN, Bisnis investasi melalui PT Hoki Investasi Sejati (HIS) serta Bisnis Energi Terbarukan melalui PT Buyung Poetra Energi (BPE),” ujar Budiman dalam keterangan resmi, Kamis (31/8/2023).

Direktur Utama PT Hoki Distribusi Niaga, Adi Wijaya melihat prospek beras sehat dengan brand ‘DailyMeal’ mulai banyak diminati masyarakat. Untuk itu, perseroan ingin menjamin ketersediaan dan keberlanjutan pasokan aneka beras sehat agar dapat memenuhi kebutuhan pasar.

"Selain itu, JV ini juga akan meningkatkan laju inovasi produk-produk beras sehat dari HDN di masa mendatang," kata Adi Wijaya.

 

4 dari 5 halaman

Penjualan Daily Meal

Asal tahu saja, proses transformasi bisnis yang dimulai HOKI dengan diversifikasi produk Perseroan ke sektor FMCG (fast-moving consumer goods) melalui HDN semakin menunjukkan perkembangan yang positif dalam setahun terakhir.

Penjualan Daily Meal sebagai produk FMCG Perseroan pada Semester 1 tahun ini mencapai Rp 2,2 miliar, tumbuh 5.846 persen dibandingkan pada semester 2 2022 yang sebesar Rp 37 juta.

DailyMeal terbagi menjadi "Daily Meal Rice" berupa beras sehat alternatif yaitu dari beras jagung dan beras singkong, dan "Daily Meal Eats" berupa beras berbumbu instan seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk, serta akan meluncurkan varian baru pada semester dua tahun ini.

Beras sehat yang diproduksi HOKI yaitu beras singkong dan beras jagung memiliki serat pangan yang tinggi dengan index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet.

Beras singkong dan jagung ini sangat diterima baik di berbagai modern market karena sesuai dengan gaya hidup sehat masyarakat perkotaan yang semakin mementingkan kesehatan.

5 dari 5 halaman

Pengembangan Produk

Setelah melakukan pemesanan, pembeli bisa memilih untuk mengambil pesanan secara langsung di toko WarungKoki terdekat atau diantar dengan ojek online.

Selain pada lini retail, HOKI juga terus mengembangkan produk FMCG. HOKI telah memiliki produk kreasi beras, DailyMeal Eats dengan cita rasa warisan kuliner Indonesia yang praktis untuk disajikan. Perusahaan juga memiliki produk beras sehat, DailyMeal Rice, yang mendukung gaya hidup sehat.  

Saat ini HOKI mengembangkan varian dari produk beras sehat yaitu beras merah dan beras porang. Ini akan melengkapi produk yang sudah beredar yaitu beras singkong dan beras jagung. Produk ini dapat digunakan untuk diet karena memiliki karbohidrat rendah dan index glikemik rendah, juga aman untuk penderita diabetes karena rendah kadar gula.

"Kami selalu mengedepankan riset untuk menghadirkan produk yang sehat namun tetap memberikan pengalaman makan yang mengesankan. Ke depannya kami akan terus berinovasi mengembangkan produk-produk baru, tanpa meninggalkan beras reguler sebagai core bisnis kami,” ujar Budiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini