Sukses

Pengembang Kota Deltamas Catat Prapenjualan Rp 1,37 Triliun hingga September 2023

PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mengantongi penjualan Rp 1,37 triliun hingga kuartal III 2023. Prapenjualan itu didominasi oleh penjualan lahan pada sektor industri, produk hunian dan komersial.

Liputan6.com, Jakarta - Emiten pengembang kawasan terpadu Kota Deltamas, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) meraih prapenjualan atau marketing sales sebesar Rp1,37 triliun pada sembilan bulan pertama 2023. Prapenjualan tersebut setara dengan 76,16 persen dari target pra penjualan 2023 sebesar Rp1,8 triliun.

Capaian periode sembilan bulan pertama  2023 ini masih didominasi oleh penjualan lahan pada sektor industri, selain penjualan produk hunian dan komersial. 

"Pada periode sembilan bulan pertama  2023, Perseroan berhasil menjual sekitar 39,10 hektar lahan industrinya,” kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan Puradelta Lestari Tondy Suwanto dalam keterbukaan informasi, Senin (16/10/2023).

Sektor industri data center masih menjadi sektor favorit pada penjualan lahan industri periode ini. Dengan demikian, sekitar separuh dari penjualan lahan industri hingga September 2023 ini, berasal dari sektor industri data center. 

Ia mengatakan, permintaan lahan industri dari data center masih cukup besar. Dari permintaan lahan industri seluas 90 hektar, 30- 35 persen merupakan permintaan dari sektor data center.

Di tengah aktivitas ekonomi dan industri yang terus meningkat di Kota Deltamas, Perseroan juga mengembangkan area hunian dan area komersial. Hadirnya AEON Mall Deltamas yang akan beroperasi pada awal 2024, merupakan daya tarik bagi sektor komersial. 

Dengan luas 20 hektar, AEON Mall Deltamas akan menjadi area komersial terbaik dalam mengakomodasi kebutuhan ruang publik, serta mendukung kegiatan live, work, and play, bagi para penghuninya. Alhasil, Perseroan pun terus meningkatkan fasilitas infrastruktur dan kemudahan akses di Kota Deltamas.

Adapun penambahan akses tol baru Jakarta- Cikampek (Japek) II tepatnya di Km 31 serta tol Japek I di Km 42 yang akan terintegrasi langsung dengan kawasan Transit Oriented Development (TOD) Stasiun Kotawana sebagai bagian dari Kereta Cepat Jakarta Bandung, adalah upaya perwujudan Kota Deltamas sebagai sebuah kawasan terpadu modern ramah lingkungan dan sebagai pusat aktivitas regional di timur Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembang Kota Deltamas Kantongi Prapenjualan Rp 1 Triliun hingga Semester I 2023

Sebelumnya diberitakan, pengembang kawasan Kota Deltamas, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mencatatkan prapenjualan atau marketing sales sebesar Rp 1 triliun pada semester I 2023. Raihan tersebut setara dengan sekitar 59,7 persen dari target prapenjualan 2023 sebesar Rp1,8 triliun.

Direktur Puradelta Lestari Tondy Suwanto menuturkan, capaian prapenjualan pada paruh pertama 2023 ini sebagian besar berasal dari penjualan lahan industri, di samping penjualan produk komersial dan hunian. 

“Pada semester pertama tahun 2023, perseroan menjual 28,3 hektar lahan industrinya,” kata Tondy Suwanto dalam keterbukaan informasi, dikutip Minggu (23/7/2023).

Di sisi lain, industri data center masih menjadi kontributor utama penjualan lahan industri perseroan. Menurut ia, masih ada permintaan lahan industri sekitar 90 hektar, yang berasal dari sektor data center, sektor otomotif, logistik, FMCG, dan sektor lainnya.

Dengan ada groundbreaking pabrik motor listrik Electrum, dan pabrik baterai Hyundai, merupakan implementasi dalam hal penggunaan renewable energy & high tech industry sebagai dukungan perseroan atas pelestarian lingkungan.

“Kota Deltamas terus berfokus mengakomodasi kebutuhan ruang publik dan area komersial terbaik dalam memberikan kenyamanan masyarakatnya. Fasilitas pusat perbelanjaan terbaru yakni AEON Mall Deltamas yang telah melaksanakan prosesi topping off Mei 2023 lalu yang akan beroperasi pada awal 2024, semakin melengkapi fasilitas berskala kota di area Deltamas,” kata dia.

Sementara itu, dalam rangka mendukung self-sustained integrated township, Puradelta Lestariterus mengembangkan pembangunan fasilitas dan infrastrukturnya. Pembangunan jembatan yang menghubungkan Stasiun di Karawang sebagai bagian dari Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan area Deltamas akan memberikan kemudahan akses khususnya bagi warga Deltamas.

 

3 dari 4 halaman

Emiten Pengembang Kota Deltamas Tebar Dividen Tunai Rp 482 Miliar

Sebelumnya diberitakan, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), pengembang kawasan industri terpadu Kota Deltamas akan membagikan dividen tunai Rp482 miliar. Dividen tersebut setara Rp10 per saham. 

Rencana pembagian dividen ini telah mendapatkan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan yang diadakan pada Senin, 19 Juni 2023 di Grand Hyatt Hotel, Jakarta. 

"Dividen tunai tersebut akan dibagikan pada tanggal 14 Juli 2023,” kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan Puradelta Lestari Tondy Suwanto dalam keterbukaan informasi BEI, Senin (19/6/2023).

RUPS Tahunan Puradelta Lestari telah memutuskan untuk menyetujui pembagian dividen untuk tahun buku 2022 sebesar Rp1,20 triliun atau sebesar Rp25 per saham, di mana sebesar Rp723 miliar atau sebesar Rp15 per saham telah dibagikan sebagai dividen interim pada 25 November 2022.

Sedangkan, sebesar Rp482 miliar atau setara Rp10 per saham akan dibagikan dengan jadwal sebagai berikut:

Cum Dividen Tunai di Pasar Reguler dan Negosiasi: 27 Juni 2023

Ex Dividen Tunai di Pasar Reguler dan Negosiasi: 28Juni 2023

Cum Dividen Tunai di Pasar Tunai: 30 Juni 2023

Ex Dividen Tunai di Pasar Tunai: 3 Juli 2023

Recording Date: 30 Juni 2023

Pembayaran Dividen Tunai: 14 Juli 2023

Di samping persetujuan akan pembagian dividen tunai, RUPS Tahunan Puradelta Lestari juga telah menyetujui perubahan susunan direksi, dengan menerima baik pengunduran diri Shinji Yoneda dari jabatannya selaku Wakil Presiden Direktur Perseroan dan mengangkat Atsushi Uehara sebagai Wakil Presiden Direktur yang baru, sehingga susunan Direktur yang baru adalah sebagai berikut:

Presiden Direktur : Hongky Jeffry Nantung

Wakil Presiden Direktur : Atsushi Uehara

Direktur : Hermawan Wijaya

Direktur : Tondy Suwanto

Pada saat yang bersamaan, Puradelta Lestari melaksanakan RUPS Luar Biasa yang menyetujui penyesuaian Anggaran Dasar Perseroan mengikuti Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020.

 

4 dari 4 halaman

Puradelta Lestari Kantongi Prapenjualan Rp 1,8 Triliun, Terbesar dari Industri Data Center

Sebelumnya diberitakan, pengembang kawasan terpadu Kota Deltamas, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), meraih prapenjualan atau marketing sales sebesar Rp 1,86 triliun pada 2022, sekitar 3,6 persen lebih tinggi daripada target prapenjualan 2022 sebesar Rp 1,8 triliun. Penjualan lahan industri menjadi penyumbang terbesar capaian prapenjualan tersebut. 

"Perseroan menjual 60 hektar lahan industri di tahun 2022. Sektor industri data center menjadi kontributor utama penjualan lahan industri kami di tahun 2022, di samping sektor manufaktur peralatan rumah tangga dan manufaktur otomotif beserta turunannya," kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan, Tondy Suwanto dalam keterbukaan informasi, Rabu (1/2/2023).

Pada 2022, DMAS melanjutkan pengembangan kawasan industri GIIC Kota Deltamas, khususnya pengembangan zona khusus industri data center.

“Inisiatif kami untuk mengembangkan sebuah kawasan khusus data center telah membuahkan hasil dan akan terus menarik minat para pelaku usaha data center untuk berinvestasi di kawasan industri kami, terutama di tengah era digitalisasi saat ini,” ujar Tondy Suwanto. 

Di sisi lain, pengembangan kawasan komersial dan hunian di Kota Deltamas juga terus dilakukan. Perseroan meluncurkan kompleks ruko Almandine dan menawarkan kluster hunian baru De Silva pada 2022. 

Produk-produk baru Puradelta Lestari diterima dengan baik oleh pasar dan tentunya meningkatkan kenyamanan bagi para penghuni, pekerja, maupun pelaku usaha di kawasan kota Deltamas. Di samping itu sebuah pusat perbelanjaan modern berskala besar saat ini sedang dibangun di area komersial Kota Deltamas. 

Tak hanya itu, ditambah lagi, stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung yang terkoneksi langsung dengan kawasan Kota Deltamas akan beroperasidalam beberapa waktu ke depan. 

Pengembangan tersebut akan semakin meningkatkan nilai Kota Deltamas sebagai pusat aktivitas modern terlengkap di timur Jakarta. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini