Sukses

Medco Energi dan Glencore Singapura Tanda Tangani Perjanjian Transaksi Minyak Rp 1,5 Triliun

Anak usaha Medco Energi Internasional (MEDC) menandatangani perjanjian penjaminan dan penanggungan dengan Glencore mengenai jual beli transaksi minyak mentah untuk Medco Energi Global.

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) meneken perjanjian penjaminan dan penanggungan dengan Glencore Singapore Pte. Ltd. (Glencore) terkait transaksi perjanjian uang muka jual beli minyak mentah untuk kepentingan Medco Energi Global Pte. Ltd. (MEG). 

Sekretaris Perusahaan Medco Energi Internasional Siendy K. Wisandana menuturkan, transaksi tersebut dilakukan oleh MEG selaku anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan.

"Terkait uang muka jual beli transaksi minyak mentah yang diberikan Glencore dengan nilai maksimum USD 100 juta kepada MEG, Perseroan memberikan penjaminan serta penanggungan atas pemenuhan kewajiban MEG dalam perjanjian tersebut," kata Siendy dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (13/9/2023).

Dengan demikian, nilai transaksi tersebut mencapai Rp 1,53 triliun dengan asumsi kurs saat ini Rp 15.377 per dolar Amerika Serikat (AS). Dia bilang, tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Perseroan.

Mengutip RTI, harga saham MEDC menguat 5,37 persen ke level Rp 1.570 per saham pada penutupan perdagangan sesi I Rabu, 13 September 2023. Harga saham MEDC berada di level tertinggi Rp 1.585 dan terendah Rp 1.525. 

Harga saham MEDC juga melesat 13,77 persen dalam seminggu terakhir dan 45,37 persen dalam sebulan terakhir. Bahkan, harga saham MEDC melambung 54,68 persen secara YtD atau sejak awal tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Medco Energi Kantongi Izin Proyek PLTS Pulau Bulan

Sebelumnya, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan bersyarat dari Energy Market Authority (EMA) Singapura atas proyek pembangkit tenaga surya (PLTS) berkapasitas 600 MW pada Jumat, 8 September 2023. 

Adapun persetujuan tersebut didapatkan oleh anak usaha MEDC, Medco Power Global beserta mitra konsorsiumnya PacificLight Renewables Pte Ltd dan Gallant Venture Ltd. 

Direktur Utama Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro menuturkan, proyek ini akan memasang lebih dari 2.000MWp panel tenaga surya Photovoltaic (PV) dan 500MW kapasitas penyimpanan baterai yang diharapkan akan selesai pada 2028. 

"Saya sangat senang bahwa melalui Medco Power kami dapat berkontribusi terhadap masa depan yang lebih berkelanjutan dan sejahtera bagi kedua negara,” kata Hilmi dalam keterangan resminya, Selasa (12/9/2023).

Dia bilang, proyek ini akan berperan penting dalam transisi energi Singapura menuju masa depan rendah karbon dan berkontribusi terhadap pengembangan sektor energi terbarukan di Indonesia melalui investasi oleh produsen panel tenaga surya PV dan BESS internasional.

Proyek Tenaga Surya Pulau Bulan merupakan model kerja sama antara Indonesia dan Singapura yang dapat mendorong pengembangan sektor energi terbarukan serta manufaktur PV dan BESS lokal di Indonesia. 

Pada penutupan perdagangan saham Selasa, 12 September 2023, saham MEDC melonjak 9,96 persen ke posisi Rp 1.490 per saham. Saham MEDC dibuka naik 20 poin ke posisi Rp 1.375 per saham. Saham MEDC berada di level tertinggi Rp 1.555 dan terendah Rp 1.375 per saham. Total frekuensi perdagangan 40.743 kali dengan volume perdagangan 4.424.199 saham. Nilai transaksi Rp656,8 miliar.

 

3 dari 4 halaman

Direktur Medco Energi Internasional Beli 3,37 Juta Saham MEDC

Sebelumnya, Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) Roberto Lorato membeli saham MEDC pada awal Juli 2023.

Dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Minggu (16/7/2023), warga negara berkebangsaan Itali ini membeli 3.370.000 lembar saham atau 3,37 juta saham MEDC dengan harga Rp 930. Pembelian saham itu dilakukan pada 7-12 Juli 2023. Dengan demikian, ia merogoh Rp 3,13 miliar untuk beli saham MEDC.

“Tujuan dari transaksi investasi pribadi, status kepemilikan saham langsung,” tulis Roberto dalam keterbukaan informasi BEI.

Setelah pembelian saham MEDC, ia genggam 141.829.260 lembar saham MEDC dari sebelumnya 138.459.620 lembar saham MEDC.

Pada perdagangan Jumat, 14 Juli 2023, saham MEDC menguat 1,12 persen ke posisi Rp 900 per saham. Saham MEDC dibuka naik Rp 895 per saham.  Saham MEDC berada di level tertinggi Rp 910 dan terendah Rp 895 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.811 kali dengan volume perdagangan 414.232 lot saham. Nilai transaksi Rp 37,3 miliar.

 

4 dari 4 halaman

Medco Energi Internasional Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun

Sebelumnya, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menerbitkan penawaran umum berkelanjutan obligasi V dengan target dana Rp 5 triliun.Pada tahap I 2023, PT Medco Energi Internasional Tbk akan terbitkan obligasi Rp 1 triliun.

Obligasi yang ditawarkan perseroan memiliki tiga seri yakni seri A. seri B dan seri C yang masing-masing ditawarkan sebesar 100 persen dari jumlah pokok obligasi. Obligasi ini diterbitkan tanpa warkat kecuali sertifikat jumbo yang diterbitkan atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

 Untuk seri A, obligasi yang ditawarkan berjangka waktu tiga tahun terhitung sejak tanggal emisi. Sedangkan seri B berjangka waktu lima tahun, dan seri C berjangka waktu tujuh tahun.

Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulanan sejak tanggal emisi, sesuai dengan dengan tanggal pembayaran bunga obligasi, pembayaran bunga obligasi pertama masing-masing seri akan dilakukan pada 7 Oktober 2023, sedangkan pembayaran bunga obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi pada 7 Juli 2026 untuk seri A, seri B pada 7 Juli 2028, dan seri C pada 7 Juli 2030 yang juga merupakan tanggal pelunasan pokok obligasi dari masing-masing seri pokok obligasi.

Perseroan menyatakan pemakaian dana penawaran obligasi untuk memberikan pinjaman kepada Medco Platinum Road Pte Ltd yang merupakan perusahaan anak yang sahamnya dimiliki seluruhnya secara tidak langsung oleh perseroan.

Dana tersebut untuk membeli surat utang USD dari pemegang surat utang melalui pasar sekunder yang diterbitkan oleh Medco Platinum Road Pte Ltd sebagai tujuan pelunasan sebagian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini