Sukses

Perusahaan China Gandeng MPX Logistics Garap Proyek Phoenix Resources International

MPX Logistics International (MPXL Tbk) mengumumkan penandatanganan kontrak kemitraan strategis dengan PT China West Development Indonesia untuk proyek-proyek di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - MPX Logistics International (MPXL), sebuah perusahaan logistik berskala internasional  mengumumkan penandatanganan kontrak kemitraan strategis dengan PT China West Development Indonesia untuk proyek-proyek di Indonesia pada Rabu, 31 Mei 2023.

MoU ini juga mencakup pembelian material semen curah OPC sebanyak 100.000 ton lebih. Sebagai anak perusahaan dari China State Construction Corporation (CSCEC), PT China West Development Indonesia termasuk perusahaan konstruksi dengan reputasi mumpuni.

Menurut data yang diketahui perseroan, CSCEC ini adalah perusahaan public terbesar di industri beton China dan merupakan salah satu dari 500 perusahaan Top Fortune di China. tak hanya itu, perusahaan asal China ini juga perusahaan urutan 20  teratas di industri bahan bangunan China.

Nota kesepemahaman ini menandai kesepakatan awal untuk kerja sama yang erat antara MPX Logistics International dan PT China West Development Indonesia. MPXL akan bertindak sebagai penyedia logistik dan transportasi untuk proyek konstruksi yang dilakukan oleh PT China West Development Indonesia di Indonesia.

"Kami sangat bangga dapat mengerjakan proyek bersama PT China West Development Indonesia untuk mendukung kemajuan infrastruktur di Indonesia," kata Direktur Utama (Dirut) MPX Logistics Internasional Wijaya Candera, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (6/6/2023).

"Kemitraan ini akan menjamin pengiriman yang efisien, andal, dan terukur dari material konstruksi ke lokasi proyek,”ia menambahkan.

Proyek pertama yang akan digarap adalah pembangunan Pulp Project di Tarakan atau Phoenix Resources International Project, Kalimantan Utara. MPXL akan mengatur pengiriman material senilai Rp 130 miliar selama 15 bulan, serta penyewaan alat berat.

Kalimantan Utara saat ini merupakan salah satu propinsi yang akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) . Ini akan meningkatkan investasi dari perusahaan nasional dan multinasional karena sumber Energi hijau yang murah dan ramah lingkungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masuk Bisnis Penyewaan Alat Berat

MPXL memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam industri logistik yang meliputi jaringan transportasi, material proyek dan pergudangan. Penandatanganan MoU ini akan memungkinkan MPXL untuk menggunakan keahliannya dalam menyediakan ekspedisi dan pengaturan logistik yang tepat waktu dan efisien.

"Adanya penandatanganan MoU ini adalah wujud kepercayaan dari mitra kami, dan juga dengan MOU ini MPXL secara resmi masuk juga di bisnis penyewaan alat berat sebagai divisi baru perusahaan kami. Saya berharap kerja sama ini dapat menjadi acuan bagi kami untuk selalu bersemangat menggali proyek-proyek baru dan akan selalu ikut andil dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia,“ ujar dia.

MPXL terus berupaya untuk mengembangkan jaringan logistik yang kuat dan membantu perusahaan-perusahaan nasional dan internasional memenuhi kebutuhan logistik mereka.

Melalui kemitraan strategis ini, MPXL akan memperkuat posisinya di industri logistik Indonesia dan dapat membantu meningkatkan kemajuan infrastruktur di Indonesia. Sebagai perusahaan logistik terkemuka, MPX Logistics memiliki visi untuk memberikan layanan yang unggul dan terpercaya bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Dengan kemitraan strategis ini, MPXL akan menambah nilai terhadap proyek-proyek di Indonesia melalui pengiriman material yang tepat waktu dan efisien. Kontrak kemitraan strategis ini adalah langkah maju penting bagi MPXL dalam memperkuat posisinya sebagai penyedia logistik terkemuka yang mampu mengatasi tantangan logistik di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Mega Project Smelter Amman Mineral

Sebelumnya, emiten jasa transportasi infrastruktur dan perdagangan material, PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) yang baru saja go public digandeng langsung oleh SINOHYDRO-NEM CONSORTIUM atau anak perusahaan Power China untuk bekerjasama dalam pembangunan Mega Project Smelter Amman Mineral di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. 

MPX Logistics International menandatangani kontrak resmi dengan Sinohydro pada Senin, 15 Mei 2023, dalam kerjasama ini perseroan mendapatkan kontrak jasa pengangkutan dan pemasok material terutama semen curah tipe OPC dan tipe V di project Smelter Aman Mineral Sumbawa, dengan kapasitas total 100.000 ton. 

Perseroan sebelumnya sudah mendapatkan kontrak jasa penyewaan mobil Dumptruk dan saat ini sedang beroperasi di project Smelter Amman Mineral.

“Kontrak yang sudah kami tanda tangani ini akan berlaku untuk 18 bulan kedepan, di harapkan dengan adanya project di Sumbawa ini MPXL dapat bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Indonesia Bagian Timur lain nya," kata Direktur MPX Logistics International Susanto dalam keterangan resminya, Senin (22/5/2023).

Selain proyek di Sumbawa, MPXL juga sedang bekerja sama dengan kontraktor dan baching plant yang ada di provinsi Lampung untuk membantu pengiriman semen curah untuk perbaikan dan pengecoran jalan jalan yang rusak.

"MPXL tidak hanya menyediakan Jasa angkutan ataupun sebagai Pemasok material, tapi juga sebagai mitra transportasi pengangkut abu batu bara pembangkit listrik (PLTU) yang ada," kata dia.

Tak hanya itu, ia menyebut, pihaknya berkomitmen akan selalu memberikan pelayanan jasa angkutan dan pasokan kebutuhan material yang berkualitas untuk mendukung proyek-proyek pemerintah dan masyarakat dalam rangka membangun infrastruktur untuk Indonesia Maju 2045.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini