Sukses

Ada Coldplay, Begini Tips Atur Keuangan Jelang Musim Konser Musik

Musisi lokal hingga internasional sudah mulai mengisi daftar panjang gelaran konser. Salah satunya pada November 2023, Coldplay akan manggung di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sekian lama dilanda pandemi Covid-19, kini musisi lokal hingga internasional sudah mulai mengisi daftar panjang gelaran konser di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia. Bagi penikmat konser, pasti ini menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Lantas, bagaimana tips mengatur uang jelang musim konser musik

Berikut ini merupakan tips mengatur keuangan untuk membeli tiket konser dari blu by BCA Digital agar keuanganmu tidak kalang kabut saat membeli tiket konser nanti.

1. Lakukan budgeting

Harga tiket konser dan festival musik saat ini rata-rata menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Buat kamu si penikmat konser yang mungkin akan menonton lebih dari satu konser dan festival musik, hal pertama perlu kamu lakukan adalah melakukan perencanaan keuangan atau budgeting. 

Catat beragam keperluan yang akan dikeluarkan saat menonton konser, mulai dari harga tiket, persiapan OOTD, harga merchandise yang akan dibeli, biaya akomodasi seperti penginapan dan kendaraan hingga biaya konsumsi nanti. 

Perencanaan keuangan ini diperlukan agar kamu punya gambaran berapa biaya yang kamu butuhkan setiap konser dan festival musik yang akan kamu habiskan. Hal ini juga bisa jadi acuan kamu untuk tidak ‘kalap’ atau menghabiskan uang diluar perencanaan kamu, atau sampai kehabisan uang di tengah jalan. 

Selain itu, budget yang sudah dihitung ini nantinya juga bisa jadi perkiraan berapa uang yang harus kamu sisihkan atau tabung dari jauh hari. 

2. Pisahkan tabungan konsermu 

Setelah mengetahui total budget yang diperlukan untuk menonton konser impian, kamu perlu memperkirakan berapa lama dan berapa besar uang yang harus disisihkan setiap bulan. 

Budget ini sebaiknya juga tidak dicampur dengan keuangan lainnya, agar tidak tiba-tiba dipakai untuk kebutuhan lain. Kunci paling mudah adalah dengan membuka rekening baru yang khusus untuk tabungan konser ini. 

Di bank blu by BCA Digital, kamu bisa membagi pos-pos tabungan secara khusus hingga 20 tabungan dalam satu rekening lewat fitur bluSaving. 

Jadi tidak perlu buka banyak rekening berbeda untuk memisahkan tabungan, dan kamu juga bisa fokus untuk mencapai target, karena lewat fitur ini, kamu juga bisa menentukan target nominal tabungan yang ingin dicapai. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsisten Menabung

Tips terakhir dan juga paling penting adalah konsistensi. Beberapa rintangan untuk mencapai target tabungan konser ini adalah godaan untuk belanja hal lain, ataupun kelupaan menyisihkan uang untuk tabungan konser. Jika tidak konsisten, maka kemungkinan jumlah target yang diincar mungkin saja tidak bisa tercapai sesuai waktu yang diharapkan.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan fitur auto debit di akun blu by BCA Digital kamu ke dalam akun bluSaving. Dengan fitur ini, jumlah uang yang sudah ditentukan akan secara reguler dan otomatis masuk ke dalam tabungan konser yang telah kamu buat di bluSaving. Dengan begitu tabungan konsermu akan tercapai tepat waktu dan siap untuk menonton konser sang idola.

Head of Marketing Communications blu by BCA Digital Duardi Prihandiko mengatakan, dengan banyaknya kebutuhan dan keperluan di masa depan termasuk untuk keperluan hiburan, menabung jadi salah satu cara agar keuangan lebih terkontrol. 

"Blu by BCA Digital memungkinkan nasabah untuk mengatur keuangannya dengan baik lewat beragam fitur yang disediakan agar mencapai financial goals yang diinginkan. Blu hadir sebagai sobat perduitan untuk nasabah," kata Duardi dalam keterangan resminya, Selasa (16/5/2023).

3 dari 3 halaman

Pesan OJK, Jangan Coba-Coba Pinjam Duit dari Pinjol Ilegal untuk Beli Tiket Konser Coldplay

Sebelumnya, Indonesia dilanda demam Coldplay. Band asal Inggris itu bakal manggung di Jakarta pada 15 November 2023. Meski harga nonton konser Coldplay bertajuk "Music of the Spheres World Tour" terbilang cukup mahal, tapi tidak berpengaruh bagi para penggemar.

Menyikapi antusiasme itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat jangan coba-coba memakai pinjaman online (pinjol) ilegal untuk membeli tiket konser Coldplay.

"Masyarakat harus hati-hati memilih pinjol. Pinjol tidak terdaftar di OJK itu ilegal, harus dihindari karena tidak diawasi oleh pemerintah," kata Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sumarjono dilansir Antara, Sabtu (13/5/2023).

Sumarjono mengingatkan calon penonton konser Coldplay yang hendak mengajukan pinjol sebaiknya memastikan terlebih dahulu apa pihak penyedia pinjaman tersebut resmi dan diawasi OJK.

Warga dapat mengetahui pinjol tersebut resmi atau tidak dengan melihat nama perusahaan lalu menanyakan kepada layanan informasi (call center) OJK di nomor 157 atau WhatsApp di 081157157157.

"Tanyakan di situ perusahaannya apa, ketik di situ nanti akan dijawab. Kalau misalnya terdaftar dan diawasi. Kemudian kalau terlalu gampang (proses pengajuan) itu kemungkinan enggak benar," ujar Sumarjono.

Sumarjono menjelaskan penyedia pinjol resmi yang diakui pemerintah hanya dapat menjangkau akses lokasi, mikrofon, kamera peminjam atau dalam OJK disebut batasan camilan.

Sementara pinjol ilegal memiliki akses untuk menjangkau kontak peminjam, sehingga dapat meneror peminjam dan orang-orang terdekat pada nomor kontak yang ada di handphone.

"Kalau dia ilegal biasanya akan meneror, cara-caranya juga sadis. Bunganya luar biasa tinggi. Kemudian kita OJK tidak bisa melindungi mereka. Kalau yang diawasi OJK mereka pasti akan tunduk dengan aturan OJK," ucap Sumarjono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini