Sukses

Miliarder Bill Gates Cuan Rp 29,3 Triliun Berkat Saham Microsoft Melejit

Saham Microsoft naik hingga USD 19,95 menjadi USD 295,37 pada 26 April.

Liputan6.com, Jakarta Kekayaan bersih miliarder Bill Gates naik USD 2 miliar atau sekitar Rp 29,3 triliun karena saham Microsoft menguat pada 26 April.

Dilansir dari The Street, Jumat (28/4/2023), saham Microsoft naik hingga USD 19,95 menjadi USD 295,37 pada 26 April, menetapkan rekor baru untuk persentase keuntungan satu hari terbaik pada 2023. Sebab, rekor Microsoft sebelumnya ketika saham meningkat hanya sebesar 8,2 persen pada 10 November 2022.

Di tengah pemutusan hubungan kerja atau PHK di perusahaan teknologi besar, Microsoft melaporkan lebih sedikit perlambatan pertumbuhan di divisi komputasi awannya Azure.

Microsoft menghilangkan beberapa kekhawatiran dari Wall Street dan investor bahwa belanja perangkat lunak, termasuk segmen cloud di perusahaan teknologi, menghadapi perlambatan besar-besaran di tengah kekhawatiran resesi ringan. Pertumbuhan dari bisnis Azure memang menurun, tetapi perkiraan Microsoft menunjukkan bahwa perlambatan itu tidak terlalu parah. Kemudian Microsoft melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang lebih kuat dari perkiraan pada 25 April.

Perusahaan teknologi mengatakan pendapatan Azure meningkat sebesar 27 persen dari tahun lalu selama tiga bulan, yang berakhir pada Maret.

Sementara itu, pendapatan grup naik 7,2 persen menjadi USD 52,9 miliar selama kuartal fiskal kedua Microsoft, mengalahkan estimasi analis sebesar USD 49,36 miliar.

Untuk pendapatan Intelligent Cloud mencapai USD 22,08 miliar, di atas perkiraan Street sebesar USD 21,26 miliar dan naik 22 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Penghasilan Microsoft yang disesuaikan melonjak 10,4 persen dari tahun lalu menjadi USD 2,27 per saham, tepat di depan perkiraan konsensus Street sebesar USD 2,23 per saham. Laba bersih naik 9 persen menjadi USD 18,3 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kinerja Lainnya

Perusahaan mengatakan untuk tiga bulan terakhir tahun fiskalnya, yang berakhir pada Juni, pendapatan Intelligent Cloud diperkirakan menghasilkan antara USD 23,6 miliar dan USD 23,9 miliar, menyiratkan tingkat pertumbuhan berurutan 8,2 persen.

“Model AI tercanggih di dunia hadir bersama dengan antarmuka pengguna paling universal di dunia untuk menciptakan era baru komputasi,” kata CEO Satya Nadella.

“Di seluruh Microsoft Cloud, kami adalah platform pilihan untuk membantu pelanggan mendapatkan hasil maksimal dari pengeluaran digital mereka dan berinovasi untuk AI generasi berikutnya.”

 

3 dari 3 halaman

Divisi Lain

Produktivitas dan pendapatan divisi bisnis Microsoft, yang mencakup Office 365, sebagian besar datar hingga tahun lalu sebesar USD 17 miliar, kata perusahaan itu. Sementara pendapatan Personal Computing, yang mencakup Windows, mencapai USD 13,26 miliar.

“Eksekusi yang terfokus oleh tim penjualan dan mitra kami dalam lingkungan yang dinamis ini menghasilkan pendapatan Microsoft Cloud sebesar USD 28,5 miliar, naik 22 persen dari tahun ke tahun,” kata CFO Amy Hood.

Berkat itulah orang terkaya keempat di dunia Gates memiliki total kekayaan bersih USD 122 miliar per 26 April, menurut Bloomberg Billionaires Index . Kekayaannya meningkat sebesar USD 12,3 miliar tahun ini dan diperoleh sebesar USD 713 juta dalam satu hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini