Sukses

IHSG Dibuka Menghijau, Diramal Berlanjut Usai BI Tahan Suku Bunga

Indeks IHSG diprediksi terus menghijau di akhir pekan ini. Penguatan seiring langkah Bank Indonesia (BI) menahan tingkat suku bunga acuannya.

Liputan6.com, Jakarta IHSG dibuka menguat 49,65 poin atau 0,76 persen ke posisi 6.615,3. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 9,87 poin atau 1,09 persen ke posisi 917,3.

Indeks IHSG diprediksi terus menghijau di akhir pekan ini. Penguatan seiring langkah Bank Indonesia (BI) menahan tingkat suku bunga acuannya.

"Sentimen positif datang setelah Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) mempertahankan suku bunga acuan," tulis Tim Riset Surya Fajar Sekuritas melansir Antara di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada 15-16 Maret 2023 memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 5,75 persen.

Suku bunga deposit facility juga dipertahankan pada level 5 persen dan suku bunga lending facility tetap di posisi 6,5 persen.

"Keputusan ini konsisten dengan stance kebijakan moneter pre-emptive dan forward looking untuk memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan," ujar Perry Warjiyo.

Pasar mulai mempertimbangkan potensi pemangkasan suku bunga acuan ke depan setelah melihat pergerakan rupiah yang cenderung stabil di tengah banyak terpaan goncangan eksternal.

Namun demikian, volatilitas pergerakan pasar global di tengah kisruh sektor perbankan masih memberikan risiko volatilitas pergerakan IHSG.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • IHSG