Sukses

Jaya Real Property Perpanjang Periode Buyback Saham, Ini Alasannya

PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) siapkan dana Rp 100 miliar untuk buyback saham.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) berencana memperpanjang periode pembelian kembali (buyback) saham perseroan.

Sekretaris Perusahaan Jaya Real Property Tbk, Praditya Wibowo menerangkan, sesuai dengan Peraturan OJK, pembelian kembali saham akan dilakukan dalam jangka waktu paling lama tiga bulan setelah keterbukaan informasi yang disampaikan pada 17 Januari 2023.

"Selama jangka waktu tiga bulan tersebut perseroan akan berusaha untuk melakukan pembelian kembali saham perseroan dengan total anggaran Rp 100 miliar. Total pembelian kembali saham adalah 200 juta lembar saham atau sebesar 1,533 persen dari total modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan," ungkap Praditya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (17/1/2023).

Mengingat keterbukaan informasi mengenai perpanjangan buyback disampaikan pada 17 Januari 2023, maka perpanjangan paling periode buyback paling lama berakhir pada 17 April 2023. Pembelian kembali saham tersebut akan dilakukan melalui bursa efek di luar maupun di luar bursa efek.

Dalam hal transaksi dilakukan melalui bursa, maka transaksi beli dilakukan melalui satu anggota bursa efek sebagai perantara pedagang efek. Jaya Real Propertymengharapkan dapat terus menjaga pertumbuhan yang berkesinambungan di masa-masa mendatang yang menguntungkan bagi semua stakeholder perseroan.

Salah satunya dengan menjaga stabilitas laba per saham perseroan dengan cara melakukan pembelian kembali saham karena kondisi makro ekonomi dan fluktuasi harga saham di Bursa.

Pada penutupan perdagangan saham Selasa, 17 Januari 2023, saham JRPT naik 0,83 persen ke posisi Rp 488 per saham. Saham JRPT dibuka stagnan Rp 484 per saham. Saham JRPT berada di level tertinggi Rp 488 dan terendah Rp 478 per saham. Total frekuensi perdagangan 122 kali dengan volume perdagangan 10.366 saham. Nilai transaksi Rp 502,2 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Buyback Saham pada 17 Oktober 2022-13 Januari 2023

Sebelumnya, PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) menyampaikan terkait hasil pembelian kembali (buyback) saham pada periode 17 Oktober 2022 - 13 Januari 2023 sebanyak Rp 49,91 miliar. Aksi korporasi tersebut dilakukan secara bertahap.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 16 Januari 2023, Jaya Real Property berhasil merealisasikan buyback saham periode Oktober hingga Januari sebanyak 106,76 juta saham dengan harga rata-rata Rp 468 per saham.

Sebelumnya, PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) akan memperpanjang pembelian kembali (buyback) saham dengan siapkan dana Rp 50 miliar.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 14 Oktober 2022, ditulis Senin, 17 Oktober 2022, PT Jaya Real Property Tbk akan buyback saham 108.225.000 saham atau sebesar 0,823 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan. Buyback saham ini akan dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan setelah tanggal penyampaikan keterbukaan informasi ini.

"Pembelian kembali saham tersebut akan dilakukan melalui bursa efek maupun di luar bursa efek. Dalam hal transaksi dilakukan melalui bursa maka transaksi beli dilakukan melalui satu anggota bursa efek sebagai perantara pedagang efek," tulis perseroan.

Perseroan mengharapkan dapat terus menjaga pertumbuhan yang berkesinambungan pada masa mendatang yang menguntungkan bagi semua stakeholders perseroan, salah satunya dengan menjaga stabilitas laba per saham perseroan dengan cara buyback saham karena kondisi makro ekonomi dan fluktuasi harga saham di BEI.

3 dari 4 halaman

Hidupkan Industri Kreatif, Jaya Real Property Luncurkan Artbox Bintaro Plaza

Sebelumnya, PT Jaya Real Property Tbk (JRP) termotivasi untuk memberikan ruang kreasi seluas-luasnya bagi pelaku industri kreatif di kawasan Bintaro Jaya. Hal ini didasari dari banyaknya komunitas kreatif yang berkembang dari insiatif warga Bintaro.

Tak asing lagi bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Bintaro Jaya telah lama menjadi hunian pilihan bagi kaum profesional dan creativepreneur, seperti desainer, arsitek, sineas, maupun seniman. Mereka pun memiliki komunitasnya sendiri, seperti contohnya Bintaro Design District yang secara luas menaungi pelaku industri kreatif di Bintaro Jaya dan sekitarnya.

Pengembangan kawasan superblok Bintaro Plaza Residences (BPR) yang berada di tengah pengembangan Bintaro Jaya dan merupakan bagian dari Transit Oriented Development (TOD) Stasiun Pondok Ranji, dinilai oleh JRP merupakan kesempatan yang baik untuk didedikasikan sebagai ruang kreasi yang dapat mendorong pertumbuhan industri kreatif ini.

"Melalui BPR, JRP berusaha memberikan ruang hidup, kerja dan bermain yang sesuai dengan karakteristik para milenial. BPR menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan hidup yang seimbang," ujar General Manager Bintaro Jaya High Rise JRP Arum Prasasti, Selasa (4/10/2022).

Arum menilai, mobilitas tidak terbatas dengan adanya Stasiun Pondok Ranji yang memiliki akses langsung ke BPR. Penghuni BPR bisa merasakan seamless connection, yakni menjangkau stasiun dengan berjalan kaki dan tiba di pusat kota hanya dalam hitungan menit. Pusat Perbelanjaan Bintaro Plaza, Taman Ecosistem Aviary Park, Rumah Sakit Mitra Keluarga, hingga Sekolah Pembangunan Jaya.

"Banyaknya pilihan tempat kuliner dan komersial akan melengkapi kemudahan hidup untuk bisa wujudkan live, create and collaborate," ungkap dia.

Untuk melengkapi ruang kolaborasi dan ajang kreasi creativepreneur nusantara, BPR kini menghadirkan Artbox Bintaro Plaza sebagai Creative Community Compound, yaitu wadah bagi generasi muda untuk dapat melakukan berbagai kegiatan kreatifnya dalam satu tempat untuk berkumpul, berkolaborasi, mencari inspirasi serta menjadi tempat hangout.

4 dari 4 halaman

Akses Baru

Menurut Arum, Artbox dapat menjadi personal nest bagi mereka yang ingin memiliki vibes yang berbeda dari rutinitas sehari-hari serta menjadi jawaban atas gaya hidup dan kebutuhan dari komunitas-komunitas kreatif.

"Hadirnya akses baru Stasiun Pondok Ranji di dalam kawasan Bintaro Plaza Residences, JRP bermaksud untuk melahirkan kembali Bintaro Jaya Sektor 3 menjadi kawasan yang inspiratif dan menjawab semua kebutuhan milenials dan creativepreneurs untuk berkreasi demi terus bertumbuhnya industri kreatif di Indonesia," bebernya.

Dengan berkonsep outdoor, Artbox memiliki ruang-ruang unik yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan inspiratif. Berbagai tenant artisan lokal yang telah bergabung akan memanjakan pengunjung untuk mengolah rasa dan raga.

Dikatakan Arum, keunikan konsep ruang Artbox akan menjadi pilihan tempat berbagai aktivitas komunitas kreatif seperti seni, desain, olahraga, maupun kuliner, menjadi tempat berkumpul bersama teman, keluarga serta komunitas apapun.

"Dengan hadirnya Artbox, yang merupakan perluasan dari Plaza Bintaro Jaya, diharapkan akan meremajakan image kawasan Bintaro Jaya Sektor 3 dan menjadi sebuah kawasan dengan semangat baru dan modern sesuai dengan kebutuhan gaya hidup generasi milenial dan post-milenial," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.