Sukses

CIMB Niaga Cetak Laba Rp 5 Triliun hingga Kuartal III 2022

PT CIMB Niaga Tbk (BNGA) catat kredit atau pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp194,7 triliun,

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga membukukan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp 5 triliun pada sembilan bulan pertama 2022, naik sebesar 22,5 persen year-on-year, dan menghasilkan earnings per share Rp154,13.

"Kami telah mencapai hasil positif sampai dengan September 2022, terutama dikarenakan adanya peningkatan pendapatan seiring dengan pertumbuhan bisnis yang baik, biaya yang terkendali, dan tren kualitas underlying asset yang lebih baik. Hasil ini mendorong kami untuk terus memberikan nilai tambah kepada para shareholders," kata Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan dalam keterangan resminya, ditulis Kamis (27/10/2022).

CIMB Niaga akan menjaga hasil kinerja yang positif hingga akhir tahun 2022 terutama pada pertumbuhan di segmen-segmen utama Bank yaitu pada Kredit Pemilikan Mobil (KPM), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Emerging Business Banking (EBB)/Usaha Kecil Menengah (UKM), dan korporasi.

Hasil positif yang diraih tersebut juga terlihat pada modal dan likuiditas Bank yang kuat. Implementasi strategi bisnis yang kami jalankan telah memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan target finansial yang akan dicapai pada 2022.

Capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) CIMB Niaga masing-masing sebesar 21 persen dan 86,9 persen per 30 September 2022.

Total konsolidasi aset per 30 September 2022 adalah sebesar Rp 307,0 triliun, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp221,9 triliun dengan rasio CASA meningkat menjadi 67,7 persen, yang dikontribusikan dari pertumbuhan CASA sebesar 6,7 persen. 

Hal ini sejalan dengan komitmen Bank untuk terus membangun hubungan yang lebih erat dengan para nasabah sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.

"Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam memberikan yang terbaik kepada para nasabah, belum lama ini kami meluncurkan kampanye Customer Experience bertajuk 'Anda #YangUtama'," ujar Lani.

Ia menambahkan, inisiatif ini menegaskan komitmen kami untuk para nasabah yang telah menaruh kepercayaan kepada CIMB Niaga.

"Selain itu, kami juga terus berupaya untuk memberikan solusi finansial yang up-to-date dan relevan, termasuk melalui Digital Super App OCTO Mobile," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyaluran Kredit

Jumlah kredit atau pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp194,7 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking tumbuh 12,8 persen yoy dan Consumer Banking tumbuh 14,7 persen yoy. 

KPR bertumbuh sebesar 8,6 persen yoy, sementara KPM meningkat sebesar 52,4 persen yoy, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance.

Sementara itu, untuk perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp 45,2 triliun dan DPK sebesar Rp34,6 triliun per 30 September 2022.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah, karyawan, dan stakeholders atas kepercayaan dan dukungannya terhadap CIMB Niaga selama 67 tahun ini. Kami akan terus secara konsisten menyediakan pengalaman terbaik melalui kualitas layanan, produk, teknologi, dan inovasi, sehingga kami dapat mewujudkan aspirasi menjadi bank pilihan bagi bisnis dan masyarakat Indonesia,” kata Lani.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi CIMB Niaga dan Bank KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu

Sebelumnya, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk  (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) meresmikan Implementasi  Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless Withdrawal) melalui jaringan ATM Bersama pada Rabu, 6 Juli 2022.

Melalui inovasi tersebut, kini seluruh mesin ATM CIMB Niaga telah siap digunakan untuk melayani transaksi  Tarik Tunai Tanpa Kartu bagi bank peserta ATM Bersama. Bank KB Bukopin merupakan bank pertama yang  siap memanfaatkan layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk nasabahnya di ATM CIMB Niaga. 

Momentum peluncuran integrasi layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu bagi nasabah KB Bukopin ditandai  dengan prosesi transaksi penarikan uang tunai secara langsung di ATM CIMB Niaga, Griya CIMB Niaga  Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu, 6 Juli 2022.

Implementasi Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk transaksi off us (beda bank) ini sejalan dengan  tren gaya hidup masyarakat di era digital yang gemar bertransaksi secara nontunai (cashless) dan tanpa  kartu (cardless). 

Selain mudah, layanan tersebut juga merupakan wujud dukungan nyata industri  perbankan dan sistem pembayaran terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),  salah satunya dengan mengurangi penggunaan kartu ATM/debit berbahan plastik.  

“Sebagai bank yang fokus pada digitalisasi dan sustainability serta memiliki 4.432 unit mesin ATM yang  tersebar di seluruh Indonesia, CIMB Niaga merasa terhormat menjadi bagian dari bank yang  menginisiasi implementasi layanan tarik tunai tanpa kartu antar institusi perbankan melalui jaringan ATM  Bersama,” ujar Head of Secured Lending and Retail Deposit Business CIMB Niaga Christian Tjan dalam keterangan resminya, Rabu, 6 Juli 2022.

4 dari 4 halaman

Lengkapi Fasilitas Digital CIMB Niaga

Ia menuturkan, ini semakin melengkapi kapabilitas digital CIMB Niaga, yang sebelumnya telah  menyediakan layanan tarik setor tunai tanpa kartu bagi nasabah di ATM CIMB Niaga melalui fitur  Cardless dari Super App OCTO Mobile.

Tak hanya itu, layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu antar bank menawarkan sejumlah kelebihan. Selain mudah, transaksi  Tarik Tunai Tanpa Kartu juga dapat mengurangi risiko terhadap kartu ATM atau debit apabila hilang atau  tertelan, lebih aman karena nasabah terhindar dari penipuan karena fitur yang disajikan hanya bisa  digunakan untuk tarik tunai dari rekening nasabah sendiri, dan tentunya proses transaksi jadi lebih  cepat. 

Masih dalam kesempatan yang sama Executive Vice President  Digital Division Head Bank KB Bukopin  Charles Budiman menyampaikan bahwa, kerjasama antara KB Bukopin dengan CIMB Niaga sebagai  upaya memberikan layanan perbankan cepat, praktis, dan aman bagi seluruh nasabah. 

"Implementasi  cardless withdrawal ini bertujuan menyediakan kemudahan transaksi digital seiring dengan teknologi  yang berkembang pesat saat ini. Selain itu kerjasama ini sebagai salah satu upaya dalam  mengimplementasikan alternatif transaksi dari industri perbankan digital,"  ujar  Charles.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.