Sukses

BNI Sekuritas Resmi Ditunjuk Jadi Mitra Distribusi SBN Ritel

Direktur Utama BNI Sekuritas Agung Prabowo mengapresiasi ditunjuk menjadi mitra distribusi untuk pemasaran ORI022.

Liputan6.com, Jakarta - PT BNI Sekuritas (BNIS) resmi ditunjuk oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai mitra distribusi penjualan instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel. 

Direktur Utama BNI Sekuritas Agung Prabowo mengapresiasi ditunjuk menjadi mitra distribusi untuk pemasaran ORI022.

"BNI Sekuritas bangga ditunjuk menjadi Mitra Distribusi untuk pemasaran ORI022 dan mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk memanfaatkan instrumen keuangan ini sebagai alternatif berinvestasi sekaligus berkontribusi bagi kemajuan perekonomian negeri," kata Agung dalam keterangan resminya, Senin (26/9/2022).

Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 merupakan SBN ritel kelima dan terakhir yang diterbitkan pemerintah pada 2022 sekaligus SBN Ritel pertama yang dapat dibeli masyarakat di BNI Sekuritas melalui aplikasi BIONS. 

Masa penawaran ORI022 dimulai pada 26 September 2022 pukul 09:00 sampai 20 Oktober 2022 pukul 10:00. Pembelian atau pemesanan minimum ORI022 adalah Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 1 juta dan maksimum Rp 5 miliar. 

Kemudian, SBN ini menawarkan tingkat kupon sebesar 5,95 persen per tahun tetap atau fixed rate, dengan tenor tiga tahun. Penerimaan kupon dibayarkan setiap bulan pada tanggal 15 terhitung mulai 15 Desember 2022. Perlu diketahui, ORI022 bisa diperjualbelikan (tradable) di pasar sekunder. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Potensi Penyerapan ORI022

Selain berkesempatan untuk berkontribusi untuk mendukung pembangunan negeri, investasi melalui ORI022 juga memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah tidak ada risiko gagal bayar karena pembayaran kupon dan pokok SBN ritel dijamin oleh negara.

Lalu, pajak yang dikenakan pada imbal hasil SBN ritel lebih rendah dari pajak deposito, dan juga bisa menjadi pilihan investasi passive income bagi investor karena imbal hasilnya (kupon) dibayarkan setiap bulan.

"Saya melihat potensi penyerapan ORI022 ini akan tinggi seiring dengan jumlah investor yang terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hingga Agustus 2022 total jumlah investor pasar modal mencapai 9.540.027 atau naik 27,38 persen year-to-date (ytd),” ujar Agung. 

Proses pemesanan ORI022 secara online dilakukan melalui empat tahap yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan setelmen/konfirmasi. Demi memberi kemudahan bagi nasabah, BIONS memberikan panduan secara detail bagi nasabah yang bisa dilihat disini. 

Lebih lanjut, setelah melakukan registrasi SBN, nasabah bisa langsung melakukan pembelian ORI022 di BIONS selama masa penawaran berlangsung.

Tak hanya itu, untuk menambah semangat investasi ORI022, BIONS juga memberikan hadiah voucher belanja Shopee sebesar Rp 75.000 dengan melakukan pembelian minimum Rp 50 juta untuk 100 orang pertama.

 

3 dari 5 halaman

Keuntungan Investasi ORI022

Sebelumnya, Kementerian Keuangan melalui Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) melakukan peluncuran ORI 022 pada Senin, 26 September 2022. Tema dalam peluncuran ORI 022 yakni "Pilihan Berharga untuk Meracik Masa Depan".

Obligasi Negara Ritel atau ORI merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana.

"Diterbitkan oleh Pemerintah, ORI 022 ini peruntukkannya adalah untuk membiayai APBN. Jadi kalau berinvestasi, bapak-ibu sudah ikut membangun negeri ini, juga membiayai pasien-pasien Covid-19, serta ikut dalam pemulihan perekonomian nasional, membangun UMKM, hingga infrastruktur," kata Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman dalam acara peluncuran ORI 022 yang disiarkan secara daring.

"Ini mungkin feature yang tidak dimiliki instrumen investasi lain," tambah Luky Alfirman. 

Luky pun memastikan keamaan investasi dengan ORI 2022. "ORI 022 ini diterbitkan oleh Pemerintah. Jadi Insyaallah Aman," ujarnya.

"Kedua, ORI 022 ini mudah (diakses). Kami menawarkan ORI 022 bisa diakses melalui internet, melalui gadget. Sekarang untuk membeli ORI tidak perlu ke bank, bisa lewat HP," jelasnya, terkait manfaat ORI. 

Ketiga, ORI 022 kali ini ditawarkan dengan kupon sebesar 5,95 persen. 

"Ini merupakan angka yang sangat menarik, dan kompetitif," ujar Luky.  "Bisa dibayangkan, 5,95 persen tenornya 3 tahun," lanjut dia. 

 

4 dari 5 halaman

Ketahui Apa Itu ORI, Keuntungan dan Cara Membelinya

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Mulai dari obligasi, saham, reksa dana dan lainnya. Dari pemerintah ada satu instrumen investasi yang ditawarkan yakni Obligasi Negara Ritel atau ORI.

Lalu apa itu ORI?

Melansir laman Kemenkeu.go.id, Jumat (4/2/2022), ORI adalah obligasi yang diterbitkan pemerintah pusat (government bonds). Ini merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana.

ORI pertama kali diterbitkan pada 2006, umumnya diterbitkan 1 seri setiap tahun. Namun ORI pernah diterbitkan sebanyak 2 seri dalam 1 tahun, yaitu pada 2007 dan 2008. ORI sangat cocok digunakan sebagai salah satu instrumen untuk melakukan diversifikasi investasi.

Melalui ORI, pemerintah ingin mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan nasional. Nantinya, seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN dan lainnya.

Inilah Beberapa Karakteristik ORI:

1. Berbentuk tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan antar Investor Domestik

2. Kupon tetap (fixed rate)

3. Ada potensi capital gain/loss

4. Minimal pembelian Rp1 juta, maksimal Rp2 miliar

5 dari 5 halaman

10 Keuntungan Investasi ORI

Adapun 10 Keuntungan Berinvestasi ORI

1. Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang

2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN

3. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo

4. Kupon dibayar setiap bulan.

5. Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik).

6. Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau Pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

7. Berpotensi memperoleh capital gain.

8. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing Mitra Distribusi).

9. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).

10. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.