Sukses

Warren Buffett Kantongi Restu Borong Saham Occidental Petroleum

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan investasi Berkshire Hathaway milik Warren Buffett menerima persetujuan regulator untuk membeli hingga 50 persen saham pada perusahaan minyak raksasa AS, Occidental Petroleum. Menyusul kabar itu, saham Occidental melonjak 10 persen, ditutup pada USD 71,29.

Mendorong kenaikan sepanjang tahun ini (year to date/ytd) lebih dari 145 persen. Aksi itu memicu spekulasi Warren Buffett akan tertarik untuk akuisisi seluruh perusahaan pada akhirnya setelah meningkatkan kepemilikannya dengan harga rendah.

Pada 11 Juli 2022, Berkshire mengajukan rencana pembelian saham Occidental ke Federal Energy Regulatory Commission dalam transaksi pasar sekunder.

Buffett berpendapat, kepemilikan maksimal 50 persen saham tidak akan merugikan persaingan atau mengurangi otoritas regulator. Buffett melalui perusahaan investasinya telah meningkatkan kepemilikannya di Occidental secara drastis tahun ini.

Berkshire saat ini memiliki 188,5 juta saham Occidental, setara dengan posisi 20,2 persen. Ini melampaui ambang batas utama di mana Berkshire dapat mencatat beberapa pendapatan perusahaan minyak miliknya sendiri, sehingga aksi ini berpotensi menambah keuntungan miliaran dolar.

Berkshire juga memiliki USD 10 miliar saham preferen Occidental, dan memiliki waran untuk membeli 83,9 juta saham biasa lainnya seharga USD 5 miliar, atau masing-masing USD 59,62.

Waran diperoleh sebagai bagian dari kesepakatan 2019 untuk perusahaan yang membantu membiayai pembelian Anadarko oleh Occidental. Sahamnya akan naik menjadi hampir 27 persen jika Berkshire menjalankan waran tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Investasi Warren Buffett Beli Saham Occidental Rp 10,45 Triliun

Sebelumnya, perusahaan investasi Warren Buffett, Berkshire Hathaway membeli lagi 12 juta saham Occidental Petroleum Corp pekan ini. Dengan demikian, Berkshire Hathaway genggam 18,7 persen saham di perusahaan minyak tersebut.

Pembelian saham dilakukan pada Selasa dan Rabu tepatnya 5 dan 6 Juli 2022. Nilai pembelian sekitar USD 698 juta atau sekitar Rp 10,45 triliun (asumsi kurs Rp 14.976 per dolar AS), demikian dalam pengajukan Berkshire. Pada pekan lalu, Berkshire beli 9,9 juta saham Occidental.

Sejauh ini, Berkshire Hathaway sebagai pemegang saham terbesar Occidental Petroleum yang berbasis di Houston memiliki 175,4 juta saham senilai USD 10,8 miliar. Selain itu, Berkshire juga memiliki USD 10 miliar saham preferen Occidental dan punya waran 83,9 juta saham senilai USD 5 miliar atau masing-masing USD 59,62.

Pada 2022, harga saham Occidental naik lebih dari dua kali lipat yang didorong aksi beli saham Berkshire dan kenaikan harga minyak seiring invasi Rusia ke Ukraina.

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ada Spekulasi

Peningkatan kepemilikan saham oleh Berkshire itu dorong spekulasi pasar kalau perseroan akan beli semua saham Occidental. Jika sahamnya mencapai 20 persen, Berkshire dapat pertimbangkan perubahan akuntansi yang memungkinkan mencatat bagian proporsional dari pendapatan Occidental dengan hasilnya sediri.

Konglomerat Warren Buffett berbasis di Omaha, Nebraska memiliki lusinan bisnis termasuk kereta  api BNSF, perusahaan asuransi mobil Geico dan bisnis energi yang sama serta saham termasuk Apple Inc dan Bank of America Corp.

Occidental telah kurangi utang sejak beli Anadarko Petroleum Corp senilai USD 35,7 miliar pada 2019. Investasi saham preferen Berkshire bantu biayai pengambilalihan itu. Harga saham Berskhire telah turun 7 persen pada 2022 dibandingkan dengan penurunan 18 persen di S&P 500.

4 dari 4 halaman

Warren Buffett Rogoh Rp 21,46 Triliun demi Tambah Kepemilikan Saham Occidental Petroleum

Sebelumnya, Warren Buffett kembali menambah kepemilikan saham di Occidental Petroleum. Miliarder dan investor ini menghabiskan lebih dari USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,46 triliun untuk menambah 27,1 juta saham Occidental Petroleum.

Sebelumnya Warren Buffett telah habiskan sekitar USD 4,5 miliar atau sekitar Rp 64,38 triliun pekan lalu untuk membeli 91,2 juta saham Occidental Petroleum.

Berdasarkan pengajuan SEC Jumat malam mengungkapkan pembelian saham dilakukan pada Rabu, Kamis dan Jumat dengan harga USD 51,03-USD 58,58. Rata-rata harga pembelian saham sekitar USD 56,60. Demikian dikutip dari CNBC, Minggu (13/3/2022).

Dengan demikian, total kepemilikan saham Berkshire Hathaway di Occidental Petroleum mencapai 118,3 juta dengan nilai hampir USD 6,9 miliar. Pada penutupan perdagangan Jumat, 11 Maret 2022, saham Occidental Petroleum ditutup di USD 57,95.

Kepemilikan saham Berskhire Hathaway di Occidental Petroleum termasuk terbesar di posisi 9. Berkshire Hathaway memiliki hampir 12 persen saham Occidental Petroleum yang beredar.

Sementara itu, saham Occidental Petroleum naik hampir 90 persen selama 12 bulan terakhir seiring harga minyak yang melonjak. Saham Berkshire Hathaway sentuh posisi tertinggi sepanjang masa pada Jumat, 11 Maret 2022. Sepanjang tahun berjalan 2022, saham Berskhire naik 9 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.