Sukses

Investor Sempat Keluhkan Gangguan di Ajaib dan Stockbit

Sempat terjadi gangguan sistem di aplikasi Ajaib dan Stockbit. Saat ini fitur trading sudah digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi investasi saham Stockbit alami gangguan pada Rabu (10/8/2022). Hal serupa juga terjadi pada aplikasi saham Ajaib.

Aplikasi Stockbit pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi melalui laman awal aplikasi.

"Kami minta maaf atas gangguan pada sistem kami. Untuk sementara kamu tidak bisa mengakses ke area portfolio hingga 13.00 WIB,” tulis notifikasi aplikasi Stockbit saat dibuka melalui ponsel Iphone pukul 11.33, Rabu, 10 Agustus 2022.

Sementara itu, dalam tampilan awal Ajaib disebutkan aplikasi tersebut tidak dapat diakses karena terjadi gangguan dari pihak ketiga.

"Mohon diperhatikan. Saat ini sedang terjadi gangguan dari pihak ketiga, transaksi saham mungkin tidak dapat diakses,” tulis notifikasi aplikasi Ajaib saat dibuka melalui ponsel Iphone pukul 11.21.

Sedangkan, media sosial Twitter diramaikan sejumlah investor dari aplikasi tersebut mengeluhkan gangguan yang sedang terjadi.

"@Stockbit kenapa error terus dari jam 9 pagi ini?!!?? Tolong segera respon di DM!,” tulis akun Twitter @BEAU******.

Selain itu, netizen juga mengeluhkan agar aplikasi Stockbit tidak sering gangguan pada saat jam bursa.

“@Stockbit  Mohon perbaiki Aplikasinya, jangan error melulu, apalagi di jam bursa,” tulis akun @ali***.

"Sudah 11.10 wib. Belum bisa juga. Dan tidak ada update janji palsu. Dahlah. @Stockbit

Memang yang fiturnya bejibun dan tampak modern belum tentu reliable. Ingat pepatah lama.

"Old but gold",” tulis @rezno******.

Tak hanya itu, sejumlah netizen juga mengeluhkan gangguan dari aplikasi Ajaib. Salah satu warganet mengeluhkan gangguan di awal perdagangan lebih dari 1 jam.

"******@ajaib_investasi bisa bisa gangguan di awal market lebih dari 1 jam pula sampai sesi maret 1 masih gangguan. Apa gag SLA (service level agreement) waktu max penanganan gangguan? Klo begini caranya, investor dirugikan bos. Tolong sekali lagi perbaiki kinerjanya,” tulis akun Twitter @iam****.

Kemudian, gangguan yang terjadi ini juga dikeluhkan investor ritel. Netizen pun berharap agar Ajaib tidak sering gangguan pada waktu pembukaan bursa.

"Siang admin mohon dibantu cek sekuritas @ajaib_investasi hari ini error sangat merugikan retail-retail dan sering sekali di jam pembukaan Market cc  @ojkindonesia,” ungkap akun Twitter @Dhon****.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Ajaib Sekuritas

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, manajemen Ajaib Sekuritas mengatakan gangguan disebabkan oleh partner pihak ketiga telah teratasi dan saat ini seluruh layanan telah beroperasi normal.

“Ajaib memastikan seluruh dana dan portofolio pengguna tetap aman. Kami akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi,” ujar Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora, dalam keterangan tertulis.

Ia menambahkan, Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbaruhi berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen perseroan. “Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, pengguna Ajaib dapat menghubungi customer service Ajaib di email support@ajaib.com,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Stockbit

Sementara itu, PR and Corporate Communication Lead Stockbit William menuturkan, saat ini fitur trading sudah kembali dapat digunakan. Ia mengatakan, aplikasi memang terjadi gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga dan tim berkoordinasi untuk segera menyelesaiakannya.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang pengguna/investor rasakan akibat adanya gangguan ini. Kepada para pengguna, kami juga ingin menginformasikan bahwa untuk seluruh transaksi jual dan beli saham selama 10-19 Agustus 2022, Stockbit akan menggratiskan biaya broker,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.