Sukses

Trivia Saham: Siapkan Dana Healing Lewat Investasi, Kenapa Tidak?

Liputan6.com, Jakarta Padatnya aktivitas sehari-hari tak jarang membuat penat. Apalagi, setelah dua tahun dilakukan pembatasan sosial, rasanya tak apa untuk rehat sejenak. Kegiatan itu baru-baru ini populer dengan istilah healing.

Namun, rencana tersebut acap batal lantaran belum ada kesiapan dana. Untuk itu, perlu persiapan agar healing bisa dilakukan seoptimal mungkin.

Sehingga tujuan semula untuk refresh bisa berbuah manis dan siap menyongsong hari berikutnya dengan energi baru.

Kabar baik, persiapan dana untuk healing ini bisa dilakukan melalui investasi, lho. Caranya, tentukan dulu tujuan dan waktu liburan dilakukan.

Sebagai bahan pertimbangan, tentu liburan ke luar negeri akan lebih banyak dana yang dibutuhkan dibandingkan liburan di dalam negeri.

Ketika ingin berlibur ke luar negeri, tidak hanya memikirkan dana transportasi dan destinasi, tapi juga kebutuhan visa dan dokumen lainnya.

Perlu dipertimbangkan juga akomidasi yang mengacu pada hari kerja atau akhir pekan. Biasanya, biaya akomodasi untuk akhir pekan lebih mahal.

Setelah menentukan tujuan dan waktu bepergian, buat perencanaan biayanya. Mulai dari transportasi, penginapan, perkiraan destinasi, dan biaya lain yang diperlukan.

Misalnya untuk membeli oleh-oleh dan sebagainya. Jika perlu, tambahkan dana cadangan di luar kebutuhan inti selama liburan.

Tapi, bagaimana caranya mempersiapkan dana liburan?

 

2 dari 2 halaman

Caranya

Melansir Koinworks, Sabtu (25/6/2022), cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuka rekening baru yang dikhususkan untuk menabung dana liburan.

Setelah itu, langsung alokasikan dana pada rekening tersebut segera setelah memperoleh penghasilan bulanan (misalnya gaji).

Investasi juga bisa menjadi opsi menarik untuk menghimpun dana untuk liburan. Pilihan instrumen investasi dan jangka waktu bisa ditentukan calon investor, tergantung kapan jadwal berliburnya.

Persiapan dana liburan lewat investasi cenderung lebih cepat. Hal itu karena imbal hasil di pasar modal umumnya lebih besar dibanding hanya tabungan biasa.

Namun dengan catatan, instrumen yang dipilih memiliki fundamental yang baik atau dalam tren menguat.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe
    Saham
  • Trivia Saham