Sukses

Kolaborasi Bank Aladin dan ZA Tech Dongkrak Inklusi Keuangan

General Manager ZA Tech Southeast Asia Young Yang mengungkapkan strateginya untuk pasar Indonesia. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) resmi bekerja sama dengan ZA Tech penyedia Tech Insurance.

“Mereka telah menjadi mitra strategis terbaru untuk berkolaborasi dengan bank Aladin sebagai investor dan mitra bisnis serta berkomitmen penuh untuk memperkuat ekosistem bank Aladin," ungkap Presiden Direktur Bank Aladin Dyota Marsudi dalam acara One Unity: Enhancing Indonesia Digital Ecosystem secara virtual pada Rabu (6/4/2022).

Dyota menuturkan, selama dua tahun ini, pandemi COVID-19 dan kebijakan pemerintah telah mendukung ekonomi digital dan mengubah lanskap berbagai industri, termasuk jasa keuangan. 

"Sekarang mengenali penarik ini, Bank Aladin dan ZA Tech berkolaborasi untuk memanfaatkan peluang ini. Kami akan bekerja bahu membahu untuk memastikan layanan dan produk keuangan terbaik di kelasnya dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia," ia menambahkan.

Aladin mengumumkan ZA Tech akan hadir sebagai salah satu investor bank Aladin. Pihaknya menerima komitmen serta kepercayaan dari ZA Tech dan percaya Aladin bersama ZA Tech akan mencapai hal-hal baik bersama.

Sementara itu, General Manager ZA Tech Southeast Asia Young Yang mengungkapkan strateginya untuk pasar Indonesia.

"Jadi strategi kami untuk pasar Indonesia sebagai pasar yang sangat unik. Kami selalu bekerja dengan mitra yang tepat, seperti bank Aladin, yang memiliki misi dan visi yang sama untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memanfaatkan rumah bisnis dan teknologi,” ungkap Young Yang.

"Sesungguhnya, setiap kali saya bepergian ke Indonesia, saya dapat merasakan getaran dan energi ketika berbicara dengan semua orang, terutama dengan mitra dan teman-teman dari bank Aladin,” ia menambahkan.

Bahkan, dia juga mengaku dapat melihat chemistry yang sangat bahagia dan sehat antara tim manajemen serta tim kerja.

ZA Tech percaya kerja sama pada Rabu, 6 April 2022 hanyalah tonggak sejarah besar kedua belah pihak akan memiliki kemitraan yang lebih dalam dan bekerja sama untuk meningkatkan dan menghadirkan perlindungan asuransi yang lebih terjangkau dan dapat diakses ke publik Indonesia. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perluas Akses Keuangan

Dyota memastikan, Bank Aladin dapat melayani para underbanked dan unbanked serta UMKM di Indonesia. 

"Sekarang, satu-satunya cara yang kami yakini terbaik adalah berkolaborasi dengan pemain lain dan tidak pergi ke sana sendiri. Kami telah bekerja bersama selama hampir satu tahun sekarang, dan sekarang ini hanya untuk memperkuat posisi kami. Sekarang hal kedua juga, ZA Tech adalah salah satu pelopor salah satu pemain terkemuka dalam layanan TechInsurace dan keuangan dalam negeri bahkan di kawasan ini,” tegasnya.

Aladin juga percaya harus banyak belajar. ZA Tech telah berhasil melakukannya di wilayah China. 

“Dan kami percaya bahwa saat kami membangun kemampuan kami, dan kami melayani pelanggan kami, mereka yang belum tersentuh oleh perbankan tradisional atau bahkan asuransi tradisional, bahwa kami dapat bekerja bahu-membahu untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan akses ke layanan keuangan yang layak mereka dapatkan,” tuturnya.

Yang mengatakan, sudah menjadi tradisi ZA Tech sebagai perusahaan sebelum memasuki pasar, kemitraan Warrior Forum dengan siapa pun akan meluangkan waktu untuk memahami apa misi dan visi mereka dan bagaimana orang-orang bekerja dan apa masalahnya, apa komitmen yang dimiliki. 

"Jadi itulah tepatnya yang kami lakukan dalam satu tahun terakhir ini semua di bank. Saya akan mengatakan suatu kehormatan bagi kami untuk memiliki mitra bank Aladin, karena kami dapat melihat dengan jelas apa misi dan visi dari tim manajemen dari seluruh organisasi,” imbuhnya.

"Dan kami menghadapi banyak tantangan, yang cukup jelas. Tetapi kami juga sangat yakin bahwa kami memiliki amandemen yang tepat, dan kami memiliki kesabaran yang tepat untuk menyelesaikan tantangan,” ia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Bangun Ekosistem

Ia juga mengatakan, sesungguhnya bahkan sebelum ZA Tech memiliki punishment ini dengan semua hal yang diketahui dan ZA Tech yakini ini adalah model yang tepat untuk membangun ekosistem untuk melayani populasi yang tidak memiliki rekening bank dan ini adalah strategi yang sangat unik. 

"Dan sebelum kami masuk, bank Aladin sudah memiliki mitra dan ekosistem yang hebat seperti Alfamart, BPKH, yang semuanya menambah nilai dari sudut yang berbeda, dan mudah-mudahan itu juga merupakan tangki yang sampai ke bank asing yang sama,” ucapnya.

Meskipun demikian, Dyota mengaku tidak bisa menjelaskan secara rinci terkait bentuk kerja sama yang akan dilakukan bersama ZA Tech.

"Jadi ada sedikit hal yang tidak bisa saya sebutkan secara lebih rinci, tapi jika Anda melihat latar belakang kami, jika Anda melihat misi dan visi kami, yang ingin kami lakukan pada dasarnya adalah menjangkau dan melayani segmen pelanggan kami, yaitu underbanked, unbanked dan UMKM,” katanya.

"Jadi Anda bisa bayangkan apa aspirasi kami, kami ingin tidak hanya menawarkan layanan perbankan seperti deposito dan pinjaman, dan membuat akun tanpa interaksi manusia, tetapi kami juga ingin menyediakan akses asuransi untuk orang-orang ini,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.