Sukses

Bursa Saham China Rontok Imbas Lockdown di Shanghai

Lockdown sebagian di Shanghai dan potensi penyebaran ke wilayah lain akan mempersulit China untuk mencapai target pertumbuhan PDB.

Liputan6.com, Singapura - Saham-saham China jatuh karena lockdown di Shanghai. Hal itu dilakukan untuk memerangi wabah COVID-19 serta meningkatkan kekhawatiran atas gangguan pada operasi bisnis dan dampak pada pertumbuhan ekonomi.

Indeks CSI 300 turun sebanyak 2 persen pada Senin pagi (28/3/2022), sebelum memangkas kerugian, karena kota tersebut mengatakan akan lockdown dalam dua fase untuk melakukan pengujian massal.  Pada pukul 13.38 waktu setempat, indeks CSI 300 turun 0,9 persen.

Kemudian, saham konsumen memimpin kerugian di pasar China dan Hong Kong, dengan pembuat baju Kweichow Moutai Co dan pembuat pakaian olahraga Li Ning Co serta Anta Sports Products Ltd sangat membebani indeks saham acuan.

Lockdown menambah ketidakpastian pada prospek saham China, dengan investor sudah bergulat dengan hambatan regulasi termasuk potensi penghapusan perusahaan domestik dari bursa Amerika Amerika Serikat, dan dampak dari perang di Ukraina.

Shanghai merupakan rumah bagi kantor pusat China dari banyak perusahaan internasional dan pelabuhan terbesar di negara itu.

"Pasar akan terpengaruh, volume perdagangan akan turun karena para pedagang fokus pada dampak pada PDB Shanghai sebesar 4,32 triliun yuan, atau 4 persen dari China," ujar Kepala penelitian dan kepala strategi di Bocom International Holdings Co, Hao Hong, melalui surel, dilansir dari Yahoo Finance, Senin, 28 Maret 2022.

"Kota-kota lain mungkin mengindahkan taktik Shanghai untuk memerangi penyebaran virus, dan dengan demikian dampaknya terhadap PDB akan melebar,” ia menambahkan. 

Bursa saham Shanghai sebut akan menyediakan layanan online melalui pertemuan persetujuan IPO, konsultasi dan roadshow, sementara juga memperpanjang time window untuk rilis pernyataan perusahaan yang terdaftar pada 11 malam.

Pihak berwenang China menjanjikan dukungan kuat untuk ekonomi dan pasar melalui serangkaian inisiatif awal bulan ini, tetapi pendekatan tanpa toleransi pemerintah terhadap COVID-19 memberi tekanan pada pertumbuhan. Indeks CSI 300 turun lebih dari 16 persen tahun ini, indeks nasional dengan kinerja terburuk di wilayah tersebut.

Indeks Hang Seng Hong Kong membalikkan penurunan sebelumnya pada Senin menjadi naik 0,9 persen pada 10:12 pagi waktu setempat.

"Investor berhati-hati tentang tekanan pertumbuhan ekonomi dari penyebaran lebih lanjut dari kebangkitan Covid dan langkah-langkah ketat yang dapat diikuti untuk menahan virus,” kata Kepala penelitian di Core Pacific-Yamaichi Intl HK, Castor Pang.

"Lockdown sebagian di Shanghai dan potensi penyebaran ke wilayah lain akan mempersulit China untuk mencapai target pertumbuhan PDB 5,5 persen, mengingat titik awal yang lemah tahun ini,” ia menambahkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

China Diharapkan Dongkrak Stimulus

Sementara itu, analis mengharapkan otoritas China untuk lebih meningkatkan stimulus untuk membantu perekonomian, meskipun itu mungkin terbukti tidak cukup untuk membalikkan momentum pasar yang lesu.

Sepotong opini di halaman depan Securities Times resmi Senin mengatakan  kebijakan moneter China perlu fokus pada kondisi domestik dan pihak berwenang perlu melakukan rilis kebijakan tepat waktu.

Meski begitu, tidak semua pihak pesimistis. Goldman Sachs Group Inc. mempertahankan sikap kelebihan pada saham China daratan dan lepas pantai, memperkirakan kenaikan 22 persen selama 12 bulan ke depan untuk MSCI China Index.

Momentum makro akan mulai meningkat pada kuartal kedua pada pelonggaran moneter, fiskal, dan properti, serta pendekatan yang lebih pragmatis untuk menahan penyebaran Covid harus “sebagian meredakan ketakutan pertumbuhan”, tulis ahli strategi termasuk Kinger Lau dalam sebuah catatan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.