Sukses

Modernland Realty Lepas Saham Astra Modern Land Rp 1 Triliun

PT Modernland Realty Tbk menyatakan, transaksi penjualan saham AML akan memberikan dampak positif pada kelangsungan usaha perseroan entitas anak perseroan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Modernland Realty Tbk (MDLN) melalui anak usahanya PT Mitra Sindo Makmur (MSM) melepas saham PT Astra Modern Land (AML) sebesar 1.277.100 saham atau mewakili 33 persen.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (29/12/2021), nilai nilai penjualan saham AML oleh anak usaha Modernland Realty sebesar Rp 1 triliun.

Rincian penjualan AML itu antara lain penjualan 1.277.098 saham AML oleh MSM kepada Astra Land Indonesia sebesar Rp 999.998.433.952, penjualan satu saham AML oleh MSM kepada PT Menara Astra sebesar Rp 783.024, dan penjualan satu saham AML kepada Hongkong Land (Unicode) Investment Limited sebesar Rp 783.024.

“Nilai transaksi penjualan saham AML merupakan 26,28 persen dari ekuitas perseroan sehingga transaksi penjualan saham AML ini merupakan transaksi material,” tulis perseroan.

PT Modernland Realty Tbk menyatakan, transaksi penjualan saham AML akan memberikan dampak positif pada kelangsungan usaha perseroan entitas anak perseroan.

“Perseroan akan mampu meningkatkan rasio lancar yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan konsolidasi dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham perseroan,” tulis manajemen perseroan.

Perseroan menyebutkan, penjualan saham AML tersebut juga akan mendorong kemampuan perseroan untuk memenuhi kewajiban pembayaran akan meningkat.

Perseroan melepas saham AML ini lantaran pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan Indonesia menekan hampir bagi seluruh bidang industri termasuk industri properti yang dijalankan perseroan dan entitas anak perseroan.

"Upaya pemerintah untuk menekan bertambahnya kasus COVID-19 di Indonesia dengan berbagai pembatasan kegiatan masyarakat makin memberikan dampak, terutama di sektor ekonomi,” tulis perseroan.

Hal ini juga berdampak terhadap bisnis dan likuiditas perseroan dan entitas anak perseroan.

Perseroan telah menunjuk KR sebagai penilai independen untuk transaksi penjualan 33 persen saham AML tersebut. KR memakai metode penyesuaian set bersih dan pembanding perusahaan tercatat di bursa efek untuk penilaian. KR pun berpendapat transaksi penjualan saham AML adalah wajar.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham MDLN

Pada penutupan perdagangan Rabu, 29 Desember 2021, saham MDLN naik 11,43 persen ke posisi Rp 78. Saham MDLN dibuka stagnan Rp 70.

Saham MDLN berada di level tertinggi Rp 90 dan terendah Rp 70. Total frekuensi perdagangan 25.285 kali dengan volume perdagangan 9.514.050. Nilai transaksi Rp 77,5 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.