Sukses

Profil Rofikoh Rokhim, Wakil Komisaris Utama BRI yang Gantikan Ari Kuncoro

Rofikoh Rokhim ditunjuk menjadi Wakil Komisaris Utama BRI pada RUPSLB Perseroan pada Kamis, 7 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pemegang saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk/BRI (BBRI) menyetujui pengangkatan Rofikoh Rokhim sebagai Wakil Komisaris Utama Perseroan. Rofikoh menggantikan Ari Kuncoro yang mengundurkan diri pada Juli 2021.

“RUPSLB mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Ari Kuncoro sebagai wakil Komisaris Utama atau Komisaris Independen. Mengalihkan Rofikoh Rokhim, semula Komisaris Independen menjadi Wakil Komisaris Utama,” ujar Direktur Utama BRI, Sunarso dalam konferensi pers usai RUPSLB, Kamis (7/10/2021).

Rofikoh mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Politik dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Paris dan meraih gelar Master Specialist bidang Public Finance dari French Prime Minister, Institute International d’ Administration Publique (IIAP)-Ecole National d’ Administration (ENA) Paris.

Ia menyabet gelar D.E.A (M.Phil) bidang International and Development Economics dari Université de Paris 1 Panthéon Sorbonne, Paris. Belum puas, Rofikoh melanjutkan S3 dan memperoleh gelar Ph.D. bidang Economics (Applied Macro and Micro Economics Development Studies in Finance) dari Universitas yang sama.

Dilansir dari laman resmi Perseroan, Kamis (7/10/2021), Rofikoh mengawali karier sebagai jurnalis Bisnis Indonesia pada 1995 hingga 2007. Ia kemudian melanjutkan karier sebagai Kepala Bisnis Indonesia Intelligence Unit hingga 2013.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier

Saat masih menjadi Kepala Bisnis Indonesia Intelligence Unit, Rofikoh sempat merangkap posisi Komite Audit dan sebagai Ketua Komite Pemantau Manajemen Risiko PT POS Indonesia (Persero), yakni pada 2012 hingga 2015.

Saat itu, Rofikoh juga menjabat sebagai Tim Task Force atau Satgas Migas Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral pada 2014-2015. Kemudian lanjut menjadi Tim Task Force atau Satgas Desa Kementerian Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal pada 2016-2017.

Pada 2015, Rofikoh dipercaya mengisi Komite Pelayanan dan Kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan hingga 2017. Pada periode yang sama, Rofikoh juga tercatat sebagai Komisaris Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero).

Adapun karier Rofikoh di PT BRI (Persero) Tbk dimulai sejak 2017 sebagai Komisaris Independen. Saat ini, selain menjadi Wakil Komisaris Utama PT BRI (Persero) Tbk, Rofikoh juga sebagai Professor Perbankan & Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.