Sukses

Jokowi Senang Kenaikan Investor Pasar Modal Didominasi Ritel dan Milenial

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, di tengah beratnya tekanan COVID-19, ada kabar baik dari pasar modal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kenaikan jumlah investor di pasar modal yang signifikan. Bahkan kenaikan investor tersebut didominasi dari investor domestik dan milenial yang dapat menahan tekanan ke bursa saham.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, di tengah beratnya tekanan COVID-19, ada kabar baik dari pasar modal. Salah satunya kenaikan jumlah investor yang signifikan hingga Juli 2021.

“Investor naik signifikan Juli 2021 50,04 persen, naik empat kali lipat dari 2017. Yang saya senang peningkatan investor di pasar modal didominasi investor domestik dan milenial yang akan berkontribusi tahan tekanan pasar modal,” ujar dia saat memberikan sambutan pada kegiatan HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia, Selasa (10/8/2021).

Ia menuturkan, perusahaan menggelar penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) juga tidak menurun. Jumlah IPO tetap tertinggi di ASEAN. “Akhir Juli ada 27 IPO baru, capaian yang baik ini selama empat tahun berturut-turut,” kata dia.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspadai Kuartal III 2021

Meski demikian, Jokowi mengingatkan, kondisi ekonomi pada kuartal III 2021. Hal ini mengingat awal Juli 2021, varian delta COVID-19 memaksa menahan mobilitas masyarakat yang berdampak terhadap ekonomi. “Ini yang harus diwaspadai termasuk pasar modal,” kata dia.

Ia menambahkan pasar modal memiliki peluang tumbuh lebih baik. Hal ini mengingat ketika situasi pandemi dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pertama dan kedua, nilai transaksi harian di bursa justru naik Rp 7,5 triliun-Rp 8 triliun. “Setelah PSBB  kedua transaksi harian Rp 13,1 triliun momentum harus dijaga peningkatan kepercayaan pasar modal,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.