Sukses

Catat Rekor, Facebook Kantongi Pendapatan Rp 419,8 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Facebook melaporkan rekor pendapatan pada kuartal II 2021. Namun, saham raksasa teknologi justru turun 4 persen di level USD 358, kekhawatiran pertumbuhan Facebook di tengah laporan keuangan perusahaan kompetitor yang juga mencatatkan kenaikan signifikan. Saham Facebook telah naik sekitar 38 persen tahun ini.

Facebook yang berbasis di California melaporkan pendapatan kuartal kedua sebesar USD 29 miliar atau sekitar Rp 419,8 triliun (kurs Rp 14,475 per USD). Angka ini naik 56 persen dari periode yang sama tahun lalu dan bahkan mengalahkan ekspektasi analis rata-rata yang memperkirakan di kisaran USD 27,8 miliar.

Laba bersih tercatat naik lebih dari dua kali lipat menjadi USD 3,61 per saham, atau sekitar USD 10,4 miliar, dari USD 5,2 miliar pada periode sama tahun lalu. setahun yang lalu. Untuk laba bersih ini, analis sebelumnya memperkirakan di kisaran USD 3,01 per saham.

Tak hanya itu, dilansir dari Forbes, Kamis (29/7/2021), raksasa jejaring sosial ini juga mencatatkan rekor 2,9 miliar pengguna aktif bulanan. Pengguna aktif Facebook naik 7 persen dari tahun ke tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Prediksi Facebook

Mengingat pertumbuhan yang semakin kuat, Facebook mengatakan pertumbuhan pendapatan akan melambat secara signifikan dalam dua kuartal ke depan.

Sementara itu memperkirakan biaya akan tetap sama. Pekan lalu, saingan media sosial yang lebih kecil yakni Snap dan Twitter mengejutkan Wall Street dengan pendapatan yang melampaui ekspektasi. Kedua perusahaan itu membukukan pertumbuhan pendapatan masing-masing 116 persen dan 74 persen.