Sukses

Buyback Saham, Medco Energi Internasional Siapkan Dana Rp 130,50 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan melakukan pembelian kembali saham atau buyback saham sebanyak 190.000.000 juta saham. Jumlah ini setara 0,8 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Buyback saham tersebut juga tidak akan melebihi 10 persen saham termasuk saham treasuri perseroan saat ini. PT Medco Energi Internasional Tbk menyiapkan dana Rp 130,50 miliar untuk buyback saham tersebut. Dana tersebut termasuk biaya transaksi, pedagang perantara dan biaya lainnya sehubungan dengan transaksi buyback saham.

"Biaya untuk melaksanakan pembelian kembali saham perseroan akan berasal dari saldo kas internal perseroan,” tulis perseroan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Rabu (7/7/2021).

Perseroan telah menyisihkan sejumlah dana untuk buyback saham yang berasal dari dana lebih yang tidak akan menganggu operasional perseroan.

Perseroan menggelar buyback saham seiring upaya meningkatkan nilai pemegang saham dengan meningkatkan return on equity (ROE) Perseroan. Selain pertumbuhan dan perluasan usaha, buyback saham dapat dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ROE Perseroan.

Buyback saham juga akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi perseroan dalam mengelola modal dan memaksimalkan pengembalian kepada pemegang saham.

“Dengan mempertimbangkan pertumbuhan dan perluasan usaha Perseroan, pembelian kembali saham juga akan memfasilitasi pengembalian kelebihan kas dan dana bagi pemegang saham dengan cara yang efektif dan efisien,” tulis perseroan.

2 dari 3 halaman

Pelaksanaan Buyback Saham

Buyback saham akan berlangsung dalam jangka waktu paling lama 18 bulan terhitung sejak 16 Agustus 2021-16 Februari 2023. Adapun buyback saham akan dilakukan dengan harga lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya sesuai ketentuan yang diatur dalam POJK Nomor 30.

Perseroan telah menunjuk PT BRI Danareksa Sekuritas untuk melakukan buyback saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode pembelian kembali saham perseroan. Untuk melakukan aksi korporasi ini, perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin, 16 Agustus 2021.

Pada penutupan perdagangan saham Selasa, 6 Juli 2021, saham MEDC naik 4,88 persen ke posisi Rp 645 per saham. Saham MEDC dibuka naik 10 poin ke posisi Rp 625 per saham. Saham MEDC berada di level tertinggi Rp 650 dan terendah Rp 625. Total frekuensi perdagangan saham 2.816 kali dengan volume perdagangan 386.606. Nilai transaksi harian saham Rp 24,6 miliar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini