Sukses

Investasi di Sayurbox hingga Halodoc, Astra Bakal Lirik Startup Lain?

Aksi korporasi yang dilakukan diakui Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro menjadi salah satu upaya Astra International menggarap sektor digitalisasi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra International Tbk (ASII) resmi investasi pada dua perusahaan rintisan atau startup dengan total USD 40 juta. Hal ini menjadi bagian dari inisiatif perseroan untuk mempercepat transformasi digital.

Aksi korporasi yang dilakukan diakui Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro menjadi salah satu upaya Astra menggarap sektor digitalisasi.

Pengembangan digitalisasi yang dilakukan mencangkup beragam model bisnis, termasuk secara internal dan investasi secara anorganik, termasuk bisnis rintisan berbasis teknologi.

"Ini termasuk modernisasi yang kita lakukan agar bisa memastikan pertumbuhan berkelanjutan dari pada Astra sehingga tetap relevan," kata Djony.

Meski enggan menjabarkan secara rinci, Astra International mengaku memiliki keinginan besar untuk melakukan investasi yang mencakup model bisnis anorganik dan rintisan seperti kedua startup tersebut.

"Kesempatan investasi baru bisa datang kapan saja dan kami selalu melihat peluang di kemudian hari. Misalnya ada, tentu kami akan investasi lebih banyak. Alokasi dana tak bisa kami sampaikan di sini, tetapi tentunya disesuaikan dengan situasi kondisi sambil berjalan kami kaji secara menyeluruh," tuturnya.

Pihaknya menilai investasi yang di layanan kesehatan tak terlepas dari ada pandemi COVID-19. "Untuk Halodoc, itu adalah platform layanan kesehatan dan mempunyai satu misi untuk mengurangi ketimpangan akses layanan kesehatan di Indonesia," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi di Halodoc dan Sayurbox

Khusus Sayurbox, emiten berkode ASII ini menanamkan investasi sebesar USD 5 juta atau sekitar Rp 72,66 miliar (asumsi kurs dolar AS terhadap rupiah 14.532). Sayurbox merupakan e-commerce grocery farm-to-table platform and distributor of fresh goods.

Sedangkan Halodoc investasi yang digelontorkan mencapai USD 35 juta. Halodoc merupakan platform kesehatan berbasis online. Adapun investasi tersebut dilakukan masing-masing pada Maret dan April 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.