Sukses

Emiten Logistik Putra Rajawali Jajaki Potensi Distribusi Vaksin COVID-19

PT Putra Rajawali Kencana Tbk (PURA) menjajaki potensi untuk mendistribusikan vaksin COVID-19. Saat ini, perseroan sedang urus izin.

Liputan6.com, Jakarta - PT Putra Rajawali Kencana Tbk (PURA) bakal terlibat distribusi vaksin covid-19. Perusahaan logistik ini mengaku tengah intens berkomunikasi dengan kementerian terkait untuk detail realisasi distribusi vaksin.

"Jadi kemarin kita cukup intens dengan Kementerian Perhubungan untuk menanyakan izin khusus. Kita juga sudah berkomunikasi intens dengan asosiasi cold chain Indonesia, juga dengan Kementerian Kesehatan,” kata Direktur Utama PT Putra Rajawali Kencana Tbk, Ariel Wibisono dalam diskusi virtual, Rabu (17/3/2021).

Ariel menerangkan, alasan perusahaan berpotensi terlibat dalam distribusi vaksin covid-19 lantaran pemerintah ingin proses vaksinasi segera merata sehingga dibutuhkan moda atau alat transportasi yang cepat.

“Jadi kemarin kita sudah pembahasan bahwa multimoda itu akan disinergikan dengan kita. Mereka meminta pengiriman distribusi cepat, karena jalurnya cold chain nya sudah ada di Jawa Timur. Kita akan berperan di situ,” kata dia.

Ariel masih belum tahu bagaimana detailnya nanti. Kemungkinan, PURA akan kebagian sektor daerah tertentu, misalnya Jawa.

“Mungkin kita akan dibagi tugas mendistribusikan apakah itu di sektor Jawa, atau di sektor mana. Ini kita lagi intens untuk up to date bagaimana perkembangan itu karena memang jalur multimoda kita cukup menguasai. Sehingga sangat tidak menutup kemungkinan untuk terlibat dalam distribusi vaksin,” ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Urus Izin

Di sisi lain, Ariel mengaku tetap wait and see sembari mengurus izin dan melihat potensi distribusi vaksin COVID-19 ini secara regulasi dan kebijakan dari pemerintah seperti apa. “Kami terus memantau,” kata dia.

Ariel mengaku perseroan telah memiliki reefer container sendiri yang berasal dari perusahaan afiliasi di luar negeri. Hal ini mestinya membuat peluang PURA semakin besar untuk terlibat dalam distribusi vaksin covid-19.

“Kita reefer container sendiri bisa, kita ada. Jadi ada perusahaan afiliasi yang ada di luar negeri, itu ada manufaktur yang mampu produksi untuk reefer container sendiri,” kata dia.

Informasi saja, vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang digunakan pemerintah harus disimpan di tempat dengan suhu 2 - 8 derajat Celcius. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.