Sukses

BEI Catat 4,4 Juta Investor Pasar Modal, Anda Salah Satunya?

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menambahkan, total investor di pasar modal telah mencapai 4,4 juta investor.

Liputan6.com, Jakarta - Sejalan dengan optimisme pemulihan ekonomi nasional, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat lonjakan investor pada awal 2021.

Tercatat, per 16 Februari 2021, jumlah investor telah mencapai milestone angka lebih dari 2 juta investor saham untuk pertama kalinya. Sementara itu,  Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menambahkan, total investor di pasar modal telah mencapai 4,4 juta investor.

Angka tersebut mengalami kenaikan masing-masing sebesar 18 persen untuk investor saham dan 13 persen untuk investor pasar modal hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan pertama pada 2021.

"Hal ini menunjukan bagaimana optimisme masyarakat terhadap pemulihan ekonomi nasional sudah mulai terbentuk. Ditandai dengan meningkatnya aktivitas investasi di pasar modal. Bahkan di masa kita masih dalam pandemi,” ujar dia dalam webinar Sinarmas Sekuritas, Jumat (19/2/2021).

Secara umum, Hasan menjelaskan kondisi pasar modal terpantau membaik, setidaknya dalam 3 bulan terakhir yang tercermin dari tingginya aktivitas transaksi di BEI.

"IHSG kita yang sempat menyentuh angka terendah - 37,5 persen sejak awal tahun 2020, sekarang berlangsung pulih dan berada di atas 6 ribu-an,” Hasan menambahkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transaksi Harian Saham

Hingga awal Februari 2021, bursa mencatat rata-rata nilai perdagangan transaksi harian mencapai Rp 19 triliun per hari. Melonjak dua kali lipat jika dibandingkan dengan angka rata-rata transaksi harian di tahun lalu.

"Kami juga melihat lonjakan frekuensi transaksi mencapai rata-rata 1,5 juta transaksi per harinya. Ini merupakan angka tertinggi di kawasan bursa Asean dalam 3 tahun terakhir. Hal ini diikuti dengan lonjakan volume perdagangan yang mencapai 20 miliar lembar saham per harinya,” ungkap Hasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Investor