Sukses

Sejumput Kisah Cheetos hingga Lays yang Bakal Hengkang dari Indonesia

Produk makanan ringan Lays, Cheetos, Doritos bakal setop produksi mulai Agustus 2021 seiring ada perubahan struktur kepemilikan saham di Indofood Fritolay Makmur.

Liputan6.com, Jakarta - Produksi makanan ringan Lays, Doritos, dan Cheetos akan disetop mulai Agustus 2021 hingga 2024. Produk makanan ringan diproduksi PT Indofood Fritolay Makmur yang di bawah lisensi PepsiCo.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) telah membeli seluruh saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki oleh Fritolay Netherlands Holding B.V. senilai Rp 494 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 49 persen dari total saham yang diterbitkan oleh IFL.

Dengan begitu, baik Fritolay, PepsiCo maupun pihak afiliasi lainnya dilarang memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia. 

Lalu, bagaimana sejarah ketiga merek itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com telah merangkum sejarah Lays, Doritos, dan Cheetos, ditulis Jumat, (19/2/2021):

Doritos

Selama liburan keluarga ke California selatan, Arch West, mantan eksekutif periklanan dan wakil presiden pemasaran di Frito-Lay makan keripik tortilla dari sebuah kios. Sontak ia kepikiran dan yakin bahwa keripik tortila ini akan menjadi "hal besar berikutnya" bagi perusahaan. 

Dia lalu kembali bekerja dan mengajukan ide. Arch West biasa merayu rekan-rekan eksekutifnya, dan berhasil menempatkan Doritos di rak-rak toko pada 1964.

Kala itu, produk ini laris manis di Southwest. Hingga akhirnya Doritos melebarkan sayapnya ke berbagai negara dengan penyesuaian rasa. di Mexico misalnya, Doritos diproduksi dalam varian rasa taco.

Empat tahun kemudian, muncul Doritos yang terasa seperti keju nacho. Pada 1986, Doritos hadir dengan rasa seperti saus salad. Pada 2010, produk ini mampu meraup USD 5 miliar setahun.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cheetos

Cheetos ditemukan pada 1948 oleh pendiri Fritos Charles Elmer Doolin di Dallas, Texas. Namun, Doolin belum memiliki sumber daya untuk membawa makanan ringannya ke seluruh negeri. Doolin bermitra dengan pengusaha keripik kentang Herman W. Lay untuk merilis Cheetos secara nasional, serta produk kentang bernama Fritatos.

Cheetos terbukti sangat sukses sehingga, pada 1961, Doolin dan Lay menggabungkan dua perusahaan mereka untuk membentuk Frito-Lay Inc. Makanan ringan sekarang dimiliki oleh PepsiCo.

Produk Cheetos pertama yang dirilis adalah Crunchy Cheetos. Kemudian, pada tahun 1971 barulah muncul produk Cheetos lainnya yakni Cheetos Puffs.

Cheetos membuka restoran pop-upnya sendiri di New York City pada 2017 yang dinamakan Spotted Cheetah. Restoran ini menampilkan dekorasi yang terinspirasi Cheetos dan menu yang menampilkan makanan ringan klasik.

Cheetos memiliki sejumlah kolaborasi makanan cepat saji yang berbeda, termasuk bermitra dengan Taco Bell. Cheetos juga bermitra dengan Burger King untuk membuat Mac n 'Cheetos, dan KFC, dengan peluncuran sandwich ayam goreng Cheetos.

3 dari 3 halaman

Lays

Pendiri Lays yakni Herman W. Lay pertama kali menjual camilan keripik kentangnya “Lays” pada tahun 1930-an. Ia menjual Lays berkeliling menggunakan mobilnya di sekitaran wilayah Nashville, Tennessee, AS.

Pada 1944, Lays menjadi salah satu merek makanan ringan pertama yang mengiklankan produknya di TV. Namun di saat yang bersamaan, muncul pesaing Lays yang kemudian dikenal sebagai Fritos. Setelah bersaing hampir 30 tahun, Lays dan Fritos bergabung membentuk Frito-Lay pada 1961.

Empat tahun kemudian, perusahaan tersebut bergabung lagi dengan Pepsi-Cola untuk membuat PepsiCo. Setelah bergabung, Lays semakin popular di AS. Laku keras, Lay's akhirnya memperluas jangkauannya ke berbagai negara. Di berbagai negara yang ditujunya, Lays memiliki rasa yang bervariasi dari satu negara ke negara lain.

Tergantung di mana Anda berada di dunia, rasa Lay akan berubah untuk mencerminkan makanan dan selera populer di berbagai negara. Misalnya, di India, Anda bisa menemukan rasa seperti Magic Masala. Kemudian di Thailand, keripik Lays memiliki rasa seperti ayam kemangi dan kari kepiting.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.