Sukses

Bursa Saham Eropa Menguat Tertular Sentimen Jepang dan Vaksin COVID-19

Indeks saham Eropa Stoxx600 menguat 1,4 persen dengan saham media menguat 4,2 persen, dan memimpin penguatan

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan saham Senin, 15 Februari 2021 seiring peluncuran vaksin COVID-19 yang sukses sehingga memicu harapan pemulihan ekonomi global.

Indeks saham Eropa Stoxx600 menguat 1,4 persen dengan saham media menguat 4,2 persen, dan memimpin penguatan. Saham Vivendi alami lonjakan tajam pada awal pekan.

Bursa saham Eropa tersengat sentimen positif dari bursa saham Asia Pasifik. Indeks saham Jepang Nikkei 225 melewati posisi 30.000 untuk pertama kali dalam 30 tahun setelah data ekonomi menunjukkan ekonomi Jepang tumbuh 12,7 persen pada Oktober-Desember 2020.

Volume perdagangan cenderung tipis di bursa saham seiring bursa saham China, Hong Kong, Taiwan, dan bursa saham Amerika Serikat masih libur. Demikian dilansir dari CNBC, Selasa (16/2/2021).

Di bursa saham, saham Vivendi melonjak hampir 20 persen pada Senin setelah konglomerat media Prancis mengumumkan rencana untuk mendaftarkan Universal Music di pasar saham.

Grup transportasi Prancis Bollore yang memiliki saham di Vivendi menguat hampir 15 persen. Saham perusahaan farmasi Belgia Galapagos turun 6 persen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentimen Pengaruhi Pasar

Harga minyak melonjak di tengah kekhawatiran meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah pertempuan koalisi pimpinan Saudi di Yaman mengklaim telah mencegat drone peledak yang ditembakkan oleh kelompok pemberontak Houthi yang didukung Iran. Harga minyak mentah Brent naik 1,5 persen menjadi USD 63,36 per barel pada Senin sore di Eropa.

Di sisi lain, Inggris telah mengeluarkan dosis vaksin COVID-19 pertama untuk lebih dari 15 juta orang kepada empat prioritas warga Inggris.

Di Spanyol, partai separatis Catalan meningkatkan mayoritas mereka di parlemen regional Catalonian pada Minggu pekan ini meski ada kekuatan dari cabang lokal partai sosialis yang berkuasa di negara itu sehingga menyiapkan kemungkinan negosiasi antara separatis regional dan Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.