Sukses

Dear Anak Muda, Ini Pentingnya Investasi Sedini Mungkin

Wealth Management Head PT Bank Danamon Tbk, Yulius Ardi menekankan kepada generasi muda, agar sebaiknya memulai investasi sedini mungkin.

Liputan6.com, Jakarta - Generasi muda, utamanya rentang usia seperempat abad, acap kali dihadapkan pada pilihan keuangan yang cukup sulit termasuk investasi.

Di satu sisi, umumnya mereka mulai memiliki banyak daftar keinginan. Namun, di saat yang bersamaan mereka harus mulai memikirkan rencana keuangan jangka panjang.

Wealth Management Head PT Bank Danamon Tbk, Yulius Ardi menekankan kepada generasi muda, agar sebaiknya memulai investasi sedini mungkin. Melalui investasi, dana yang dimiliki atau dipersiapkan untuk masa depan, tidak akan tergerus inflasi.

"Dengan investasi dana kita tidak akan tergerus oleh yang namanya inflasi. Bagaimana dana kita bertumbuh, itu salah satunya dengan investasi,” kata dia dalam webinar A Shot of Hope to Rebound, Selasa (9/2/2021).

Selain itu, perlu investasi sedini mungkin adalah untuk mencapai target keuangan yang cukup untuk pensiun. Sebagai gambaran, jika rencana pensiun pada usia 50 tahun, akumulasinya bisa jadi lebih banyak jika dimulai pada usia 20 tahun, dibandingkan yang memulai pada usia 30 tahun. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal yang Jadi Pertimbangan

Hal lain yang juga perlu menjadi pertimbangan, utamanya bagi yang terjebak generasi sandwich. Yakni generasi yang menanggung kelangsungan hidup tiga generasi sekaligus, antara lain orang tua, kebutuhannya sendiri, dan kebutuhan generasi di bawahnya. Kondisi ini menuntut seseorang untuk memiliki dana cadangan yang jauh lebih besar.

"Jadi satu hal yang perlu dipertimbangkan milenial, yang bisa jadi sandwich generation,” kata Yulius. 

Adapun investasi ini, lanjut Yulius, bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhannya sehingga investor milenial bisa mulai melakukan kalkulasi sesuai dengan target yang ingin dicapai, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

"Misalnya milenial, tujuannya ingin punya rumah. Investasi ini mengajarkan kita untuk menentukan tujuan yang tepat. Estimasi harga, berapa investasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu. Jadi itulah pentingnya milenial untuk berinvestasi sedini mungkin,” pungkas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Bank Danamon adalah salah satu jenis bank di Indonesia.

    bank Danamon