Sukses

Simak Pesan Raffi Ahmad dan BEI soal Investasi Saham

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pesohor seperti Raffi Ahmad dan Ari Lasso yang mengenalkan saham pilihannya kepada publik menuai sorotan. Bahkan menarik perhatian Bursa Efek Indonesia (BEI).

Raffi Ahmad dan Ari Lasso mengenalkan saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melalui akun media sosial masing-masing. Adapun PT M Cash Integrasi Tbk bergerak di bidang usaha distribusi produk digital dan e-commerce.

Perseroan merupakan anak usaha dari PT Kresna Graha Investama Tbk dan induk usaha dari tiga perusahaan antara lain PT Telefast Indonesia Tbk, PT NFC Indonesia Tbk, dan PT Digital Mediatama Maxima Tbk.

Di tengah unggahan pesohor tersebut, saham MCAS naik melonjak 8,33 persen ke posisi Rp 4.550 per saham. Nilai transaksi Rp 32,6 miliar dan total frekuensi perdagangan 1.589 kali pada Selasa, 5 Januari 2021.

Kalau dilihat dari kinerja keuangan belum terlalu menggembirakan. Pendapatan perseroan naik 10,30 persen dari Rp 7,87 triliun hingga 30 September 2019 menjadi Rp 8,68 triliun hingga 30 September 2020. Beban pokok pendapatan naik 11,12 persen menjadi Rp 8,50 triliun.

Sementara itu, laba bersih periode berjalan anjlok 220,17 persen menjadi Rp 61,83 miliar hingga 30 September 2020 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 197,99 miliar.

Unggahan pesohor tersebut pun menarik perhatian BEI. Bahkan BEI memberikan pesan kepada influencer dan follower-nya.

 

2 dari 6 halaman

Pesan BEI kepada Influencer yang Beri Rekomendasi Saham

Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan pesan kepada influencer yang mengenalkan soal saham tertentu untuk hati-hati. 

"Kami akan mengajak para influencer ini untuk diskusi. Di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka kepada para followernya," ujar Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Selasa, 5 Januari 2021.

Ia menambahkan, diskusi tersebut dilakukan dengan tokoh publik untuk mengingatkan ada kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikut influencer jika ada yang merasa dikecewakan. Selain itu, BEI juga akan mengajak tokoh tersebut untuk sekolah pasar modal jika belum mengikuti.

"Kami juga mengajak mereka ikut sekolah pasar modal bagi yang belum pernah mengikuti. Kita ajak diskusi dan sedang cari waktu yang pas,” ujar dia.

3 dari 6 halaman

BEI Ingatkan Follower Hati-Hati Investasi Saham

BEI juga mengingatkan para pengikut atau follower influencer untuk tetap berhati-hati dalam berinvestasi. “Lakukan due diligence terhadap saham-saham yang akan dibeli dan melakukan cross check ke pihak-pihak yang berkompeten,” kata Laksono.

4 dari 6 halaman

Pilih Saham, Raffi Ahmad: Jangan karena Gue

Selain itu, Raffi Ahmad pun kembali angkat bicara soal saham MCAS yang diunggah di instagram.

Dalam video yang diunggah, pria asal Bandung ini menegaskan dirinya hanya berbagi informasi.

"Gue kemarin itu hanya sharing saja buat kalian, tapi memang heboh sih. Karena mungkin main saham itu lagi in banget sekarang guys. Tapi kembali lagi ya, kemarin gue cuma cerita pengalaman gue saja. Ini bukan endorse. Ini pengalaman gue saja, gue pertama kali saham di MCAS itu," kata Raffi.

Selain itu, Raffi juga menegaskan bila masyarakat juga harus mempelajari saham terlebih dulu sebelum investasi dan tak hanya berpatok pada pengalaman yang Ia bagikan.

"Semua kembali lagi, jangan karena gue loh, kalau memang kalian mau, kalian telusuri dulu, kalian pelajari dulu, kalau kalian percaya go head silakan, kalau memang enggak percaya ya jangan. Pokoknya jangan karena gue, jaman seperti ini kita harus pintar-pintar melihat peluang," ujar Raffi.

5 dari 6 halaman

Raffi Ahmad: Belajar Dulu tentang Saham

Tak lupa dalam keterangan video, Raffi Ahmad menuliskan ajakannya untuk mempelajari saham dan menegaskan bila pengalamannya di bidang ini cukup menyenangkan.

"Guysss belajar dulu tentang saham ,memang ini sesuatu yang baru buat yang awam dan seru tapi ingat bukan sesuatu yang mudah ... jadi buat kalian semua keep smart pelajari dan pilih pilihan yang kalian “mengerti” bukan karena “kata orang lain”, pokoknya 2021 ayo kita tetap semangat mencari rezeki dengan kondisi apapun," tulis keterangan video.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini