Sukses

Bikin Nagih, Berikut 5 Makanan Khas Minangkabau yang Wajib Dicoba

Kuliner khas Sumatera Barat telah mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

Liputan6.com, Padang - Minangkabau, salah satu suku terbesar di Indonesia, terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisi kulinernya. Masakan Minangkabau, atau yang lebih dikenal dengan sebutan masakan Padang.

Kuliner khas Sumatera Barat telah mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

Bagi Anda yang sedang berada di Ranah Minang, berikut adalah lima makanan khas yang wajib dicoba:

1. Rendang

Rendang adalah hidangan daging yang dimasak dengan santan dan campuran bumbu rempah-rempah khas Minangkabau seperti serai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam hingga bumbu meresap sempurna dan daging menjadi empuk. Rendang memiliki rasa yang kaya, pedas, dan gurih, serta dapat bertahan lama karena proses memasak yang mengurangi kadar air.

Rendang sering dianggap sebagai hidangan terbaik di dunia dan menjadi kebanggaan masyarakat Minangkabau.

2. Sate Padang

Sate Padang adalah sate khas Minangkabau yang menggunakan daging sapi atau ayam, disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari tepung beras, kaldu, dan rempah-rempah.

Ada tiga jenis Sate Padang, Sate Padang Panjang dengan kuah kuning, Sate Pariaman dengan kuah merah, dan Sate Padang Kota dengan kuah berwarna kecoklatan. Rasanya yang pedas dan gurih menjadikan Sate Padang sebagai salah satu makanan favorit yang banyak dicari.

3. Gulai Itiak

Gulai Itiak atau gulai bebek adalah hidangan bebek yang dimasak dalam kuah santan dengan bumbu khas seperti kunyit, serai, daun kunyit, dan cabai.

Daging bebek yang empuk dan bumbu yang meresap membuat Gulai Itiak menjadi hidangan yang lezat dan nikmat. Biasanya disajikan dengan nasi hangat, gulai ini sangat cocok untuk disantap saat makan siang atau makan malam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Dendeng Balado

Dendeng Balado adalah hidangan daging sapi yang diiris tipis, dikeringkan, dan kemudian digoreng hingga garing. Setelah itu, dendeng ini dimasak dengan sambal balado yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

Rasanya yang pedas dan garing menjadikan Dendeng Balado sebagai lauk yang sangat digemari. Hidangan ini sering kali disajikan dengan nasi hangat dan lalapan.

5. Ayam Pop

Ayam Pop adalah hidangan ayam khas Minangkabau yang unik karena proses memasaknya. Ayam direbus dengan air kelapa dan bumbu sederhana seperti bawang putih dan garam, kemudian digoreng sebentar tanpa minyak sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dengan rasa yang gurih.

Ayam Pop biasanya disajikan dengan sambal khas dan nasi hangat. Keunikan rasa dan teksturnya menjadikan Ayam Pop sebagai salah satu hidangan yang banyak dicari.

Masakan Minangkabau menawarkan cita rasa yang kaya dan beragam dengan penggunaan rempah-rempah yang melimpah. Rendang, Sate Padang, Gulai Itiak, Dendeng Balado, dan Ayam Pop adalah beberapa contoh makanan khas Minangkabau yang mencerminkan keunikan dan kekayaan budaya kuliner daerah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.