Sukses

Mengintip Pesona Umbul Cokro, Wisata Indah di Klaten

Umbul Cokro merupakan salah satu wisata alam menarik di Klaten yang wajib dikunjungi. Para wisatawan bisa menikmati air alami yang segar dan jernih.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati akhir pekan dengan wisata alam salah satunya berenang di alam memberikan banyak sekali manfaat baik secara kesehatan fisik dan mental. Pasalnya berenang merupakan salah satu olahraga kardio yang efektif karena seluruh tubuh turut bekerja.

Berenang juga memberikan manfaat baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan stamina. Sementara menikmati aktivitas berenang di alam memberikan kesehatan yang baik untuk mental seseorang.

Alam dikenal memberikan efek menenangkan untuk pikiran dan berenang di air yang alami sering menyajikan pemandangan hijau dan suara alam yang syahdu sehingga dapat membantu mengurangi kadar stres dan kecemasan.

Suara gemericik air dan udara segar di sekitar lokasinya memberikan efek relaksasi yang mendalam bagi para penikmatnya. Air alami juga biasanya mengandung mineral baik yang bermanfaat untuk kulit.

Saat ini ada banyak tempat wisata alam yang menyajikan destinasi berenang di alam yang menyegarkan. Salah satunya di Umbul Cokro yang terkenal sebagai wisata air populer di Klaten.

Umbul Cokro menawarkan pengalaman berenang yang menenangkan dan menyegarkan karena airnya berasal dari mata air alami. Pemandangan sekitarnya juga menampilkan suasana yang asri dengan fasilitas yang lengkap.

Diketahui, mata air di Umbul Cokro berasal dari sungai bawah tanah yang jernih dan menyegarkan. Airnya juga terlihat jernih dan menjadikan tempatnya populer sebagai wisata alam untuk berenang atau berendam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Umbul Cokro

Melansir dari situs resmi Visit Jawa Tengah Umbul Cokro berlokasi di Area Sawah, Cokro, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini buka setiap hari dengan jam buka pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Berdasarkan ulasan Google tempatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan dan sudah meraih rating 4.1 dari total 1.385 pengguna. Lokasi Umbul Cokro dari Alun-Alun Klaten berjarak sekitar 15,8 km atau 33 menit perjalanan.

Para pengunjung yang datang dari Stasiun Klaten juga menempuh perjalanan yang sama sekitar 32 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda empat. Sementara pengunjung yang berasal dari Alun-Alun Kidul Boyolali bisa menempuh perjalanan 10,1 km atau 21 menit perjalanan.

Kemudian untuk wisatawan yang mungkin berasal dari Kota Yogyakarta dapat menempuh perjalanan 46,6 km atau 1 jam 34 menit perjalanan ketika jalan lancar dan menggunakan kendaraan roda empat.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Umbul Cokro

Mengutip dari beberapa sumber, Umbul Cokro terkenal sebagai tempat wisata air yang menawarkan mata air alami yang segar. Tempat ini juga memiliki kolam renang yang sudah dibuat bagus dan terdapat kolam renang anak dengan kedalaman masih dangkal.

Selain terdapat kolam renang tempat ini juga menyediakan area wahana seluncuran yang menarik untuk membuat anak-anak semakin senang berenang di tempat tersebut. Kemudian di Umbul Cokro juga terdapat kolam pemandian alami yang bisa dinikmati orang dewasa.

Bahkan, terdapat spot foto underwater yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang ingin mengabadikan momen unik tersebut. Diketahui tempat wisata ini mempunyai berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan para pengunjung.

Misalnya saja melakukan aktivitas rafting atau river tubing menyusuri aliran sungai, wahana flying fox, waterboom menyenangkan, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Fasilitas di Umbul Cokro

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk para pengunjungnya. Di antaranya terdapat fasilitas gazebo untuk bersantai bersama keluarga di pinggir kolam atau menyewa tikar.

Kemudian juga terdapat fasilitas umum yang cukup penting seperti area kamar bilas, toilet, musala, dan terdapat warung atau pedagang makanan dan minuman yang bisa dibeli untuk mengenyangkan perut setelah berenang.

Tentunya fasilitas lain yang mendukung area wisata ini adalah terdapat sejumlah wahana menarik yang bisa dinikmati oleh keluarga khususnya anak-anak. Mulai dari kolam dewasa, waterboom, dan wahana bermain lainnya.

Di sekitar Umbul Cokro juga terdapat sejumlah hostel atau penginapan yang bisa disewa oleh para wisatawan. Tentunya, fasilitas ini cukup bermanfaat untuk para pengunjung luar kota yang ingin beristirahat dan berwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.