Sukses

Kabupaten Indramayu Posisikan ASN Sebagai Teladan Sadar Pajak

Kabupaten Indramayu menjadi kabupaten terbaik nomer tiga Jawa-Bali dalam Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. Sektor pajak adalah salah satu yang masuk program digitalisasi.

Liputan6.com, Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu menggelar sosialisasi Bulan Sadar Pajak 2024 diisi dengan Senam Sehat bersama Bupati Nina Agustina dan masyarakat Kabupaten Indramayu.

Event yang berlangsung di Alun-Alun Puspawangi Indramayu tersebut berlangsung semarak dan meriah yang diisi dengan berbagai game dan doorprize untuk meningkatkan pembayaran pajak dari masyarakat Kabupaten Indramayu.

Bupati Nina Agustina dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu Aep Surahman mengatakan, pajak menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan dalam pelaksanaanya harus terus dioptimalkan oleh semua pihak termasuk keterlibatan para aparatur sipil negara (ASN).

"Peran pajak juga bisa optimal apabila masyarakat sebagai wajib pajak sadar dengan kewajibannya," katanya.

Salah satu sektor pajak daerah yang dapat dioptimalkan pendapatannya yaitu Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

"Saya mengingatkan kepada ASN dan masyarakat yang sudah mendapatkan SPPT tahun 2024, untuk segera membayarkannya sebelum jatuh tempo. Dan untuk ASN untuk menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam tertib pajak," kata Aep.

Aep menambahkan, pada Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah tahun 2023 lalu, Kabupaten Indramayu berhasil meraih penghargaan sebagai TP2DD Kabupaten Terbaik III Wilayah Jawa-Bali.

Aep juga menyampaikan terima kasih kepada segenap ASN Kabupaten Indramayu yang sudah kerja baik kerja nyata dan berkontribusi dalam pemasukan pendapatan daerah dari pajak sehingga visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil Makmur dan Hebat) dapat terwujud dengan baik.

Sementara Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Indramayu 1 Provinsi Jawa Barat, Andang Surahmin mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi Bulan Sadar Pajak dari tanggal 1-30 Juni oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu diharapkan bisa menaikan pendapatan daerah Kabupaten Indramayu.

"Kami berharap dengan adanya Bulan Sadar Pajak ini bisa memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk taat pajak di semua bidang sehingga pendapatan daerah akan meningkat dan ini akan berdampak kepada kelancaran pembangunan yang ada di Indramayu," katanya.

Senam Sehat Bulan Sadar Pajak 2024 dihadiri Bupati Indramayu Nina Agustina, Forkopimda, Kepala Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan para ASN Indramayu.

Kegiatan tersebut ditandai dengan pelepasan Balon Merah Putih oleh Bupati Nina Agustina sebagai tanda Kabupaten Indramayu berkomitmen akan Sadar Pajak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini