Sukses

Mengenal Goa Jomblang, Wisata Tersembunyi di Gunung Kidul Yogyakarta

Setiap siang hari, terutama antara pukul 10.00 hingga 12.00, sinar matahari masuk melalui lubang vertikal di atap gua dan menciptakan berkas cahaya yang jatuh langsung ke dasar gua.

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Gunung Kidul Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan pantainya yang memukau. Tetapi juga memiliki kekayaan alam lain yang menarik, salah satunya adalah Goa Jomblang.

Gua ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang unik dan menantang di Indonesia. Goa Jomblang terbentuk ribuan tahun lalu akibat proses geologis yang kompleks.

Gua ini merupakan gua vertikal yang dihasilkan dari amblasnya tanah dan vegetasi ke dalam bumi, menciptakan lubang besar yang disebut doline. Sejarah Goa Jomblang Yogyakarta juga berkaitan erat dengan budaya dan kepercayaan masyarakat setempat yang menganggapnya sebagai tempat yang sakral.

Mereka percaya bahwa gua ini dihuni oleh makhluk halus dan memiliki kekuatan mistis, sehingga sering diadakan upacara-upacara adat di sekitar gua. Salah satu daya tarik utama dari Goa Jomblang adalah fenomena Cahaya Surga.

Setiap siang hari, terutama antara pukul 10.00 hingga 12.00, sinar matahari masuk melalui lubang vertikal di atap gua dan menciptakan berkas cahaya yang jatuh langsung ke dasar gua. Pemandangan ini menghasilkan efek visual yang luar biasa, membuat suasana di dalam gua tampak magis.

Para wisatawan sering kali memanfaatkan momen ini untuk mengambil foto dan menikmati keindahan alam yang memukau. Untuk bisa menikmati keindahan Goa Jomblang, pengunjung harus melakukan persiapan yang matang.

Mengingat gua ini merupakan gua vertikal, para pengunjung diwajibkan menggunakan peralatan caving yang lengkap dan aman. Pendakian turun ke dalam goa menggunakan tali dan teknik single rope technique (SRT) yang memerlukan pendampingan dari pemandu profesional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petualangan Menantang

Akses menuju Goa Jomblang dapat ditempuh dari Kota Yogyakarta dengan perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Setelah melewati akses masuk yang cukup menantang, pengunjung akan disambut dengan pemandangan dalam goa yang mempesona.

Terdapat vegetasi yang subur dan beragam jenis tumbuhan yang tumbuh alami di dasar gua. Atmosfer lembab dan sejuk menambah kesan eksotis dari gua ini.

Selain menikmati fenomena Cahaya Surga, pengunjung juga bisa mengeksplorasi lorong-lorong goa yang menghubungkan Goa Jomblang dengan Goa Grubug. Perjalanan menyusuri lorong gua ini memberikan pengalaman petualangan yang tidak terlupakan.

Mengingat Goa Jomblang merupakan situs alam yang berharga, upaya pelestarian dan pengelolaan wisata menjadi sangat penting. Pemerintah setempat bersama komunitas caving dan organisasi lingkungan terus berusaha menjaga kelestarian goa ini dengan menerapkan aturan ketat bagi para pengunjung.

Selain itu, edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan juga gencar dilakukan. Dengan demikian, Goa Jomblang diharapkan tetap terjaga keindahannya dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Goa Jomblang bukan hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga memberikan pengalaman petualangan yang menantang dan edukatif. Bagi para pencinta alam dan petualangan, Goa Jomblang adalah destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini