Sukses

Meramu Efek Timbal Balik Wisata, Malaysia Tawarkan Pulau Tioman

Jika banyak pengunjung yang datang ke Tioman, maka akan banyak pula warga Malaysia yang berkunjung ke Indonesia via Batam.

Liputan6.com, Batam - Pengelola tourism Malaysia semakin gencar mempromosikan destinasi-destinasi, kepada masyarakat Indonesia. Bahkan Industri pariwisata menjadi program unggulan bagi pemerintah Malaysia 

Tourism Malaysia Medan mulai mempromosikan paket wisatanya di Batam Tourism Expo 2024 yang diadakan oleh Insan Pariwisata Indonesia (IPI) di One Batam Mall, dari tanggal 25 hingga 28 Mei 2024. 

Kali ini Tourism Malaysia yang juga lembaga di bawah Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia memperkenalkan liburan ke Pulau Tioman dan Cameron Highlands dengan tema “Weekend Romantis di Malaysia 2024”. 

Tema ini dipilih karena keindahan pantai dan dasar laut di Pulau Tioman serta kawasan dingin pegunungan di Cameron Highlands. Selain itu, terdapat juga wisata baru di Cameron Highlands yaitu Hobbitoon Village, yang cocok bagi penggemar The Lord of the Rings. 

"Kami di Batam ini ikut menyertai Batam Tourism Expo. Disini kami mempromosikan weekend romantis di Malaysia, yaitu memperkenalkan Pulau Tioman dan juga Cameron Highlands," kata Deputy Director Tourism Malaysia Medan, Pn. Yusnita Yusof.

Yusnita Yusof juga menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh IPI dan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Batam ini. 

Menurutnya, acara ini merupakan platform yang sangat tepat untuk memperkenalkan dan menawarkan berbagai paket wisata yang menarik dan terbaru kepada masyarakat luas. 

"Sebab kita mau juga mempromosikan cross-border tourism, yaitu Batam adalah sebagai hub. Batam ini unik, semua daerah akan kesini. Nah itu tujuan kami mempromosikan itu disini," kata Yusnita. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Angka

Ditambahkan, jumlah target wisatawan Indonesia ke Malaysia tahun 2024 mencapai 4,2 juta. Ia juga menyebutkan, tahun lalu, lebih dari tiga juta masyarakat Indonesia telah mengunjungi Malaysia, angka ini naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2022. 

"Kami harapkan masyarakat untuk sama-sama hadir ke Batam Tourism Expo ini, mengujungi booth Tourism Malaysia. Masyarakat bisa melihat paket-paket istimewa yang ditawarkan. Dengan itu kami harap bisa meningkatkan pelancong (pengunjung) untuk ke Malaysia," katanya.

Yusnita menjelaskan beberapa destinasi atau produk terbaru di Malaysia, termasuk The Exchange TRX di Kuala Lumpur yang merupakan surga belanja, Sky Mirror di Selangor, MAHA Tower, Eagle’s Nest Skywalk dan Dream Forest di Langkawi. 

Selain itu, Tourism Malaysia telah meluncurkan beberapa paket wisata seperti houseboat di Royal Belum, Perak dan Tasik Kenyir, Terengganu, paket golf Unimaginable Golf Packages 2024, Sarawak Delta Geopark and Gawai 2024 Packages, serta paket arkeopelancongan dan geopelancongan di Pulau Pinang dan Kedah. 

"Ini hubungan dua hala (bilateral). Jika ramai yang kesana, maka yang kesini orang juga datang, begitu sebenarnya untuk meningkatkan ekonomi kedua negara," kata Yusnita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini