Sukses

Cycling De Jabar 2024, Deretan Tempat Wisata yang Dilewati Peserta

Peserta Cycling De Jabar 2204 akan melewati spot wisata seperti Waduk Darma dan Pantai Pangandaran.

Liputan6.com, Cirebon Sebanyak 202 Pesepeda kembali unjuk kemampuan mereka pada Cycling De Jabar 2024. Para peserta akan mengayuh sepeda sepanjang 213 kilometer dari Cirebon menuju Pangandaran. 

Diketahui, rute Cycling de Jabar 2024 mulai dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, dan Pangandaran. 

Pelepasan peserta di Balai Kota Cirebon berlangsung di tengah rintik hujan. PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan para peserta akan disuguhi pemandangan hijau persawahan di Kuningan dan Ciamis sepanjang perjalanan.

Selain itu, peserta juga akan melewati spot wisata seperti Waduk Darma dan Pantai Pangandaran.

"Cycling De Jabar 2024 diharapkan dapat meningkatkan potensi dan pariwisata di Jawa Barat melalui sport tourism, khususnya pada cabang olahraga sepeda," kata Bey Machmudin usai melepas peserta, Sabtu (25/5/2024).

Bey Machmudin mengatakan, Provinsi Jawa Barat memiliki potensi wisata yang begitu beragam. Mulai dari potensi dari wisata alam hingga industri kuliner kini menjadi faktor pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Jawa Barat. 

Ia menjelaskan, rute Jabar utara dipilih dalam event tahun ini untuk menunjukkan bahwa pariwisata di wilayah tersebut tidak kalah dengan Jabar Selatan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

213 KM

"Jabar selatan sudah dua kali menjadi lokasi event ini. Tapi infrastruktur di Jabar utara juga sudah memadai dengan adanya Tol Cisumdawu dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka," ujar Bey pada Sabtu.

Ia menyampaikan, ajang ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengenal lebih dekat keindahan wilayah Jabar.

Berdasarkan aturan Cycling de Jabar, Cut of Time (COT) peserta adalah 11 jam. Adapun pada pukul 05.00 WIB peserta dilepas menuju Waduk Darma, sebagai titik perlombaan sesungguhnya.

Peserta akan menempuh jarak Cirebon hingga Pangandaran, dengan total jarak tempuh sepanjang 213 kilometer dan total 202 peserta yang mengobarkan Semangat Menjadi Jawara.

Tidak lupa sepanjang rute perlombaan dilengkapi dengan 5 titik water station dan 1 titik feeding zone untuk menjaga stamina dan hidrasi peserta.

Sementara itu, kategori perlombaan yang dapat diikuti oleh peserta adalah Sprint, QOM, dan KOM.

Peserta dapat berkompetisi dalam kategori Sprint di Kilometer 61,5 hingga 62,5, serta kategori King of Mountain (KOM) / Queen of Mountain (QOM) di Kilometer 72,7 hingga 76,9.

Peserta yang mencapai garis finish di Grand Pangandaran disambut oleh tarian tradisional dan pengalungan medali finisher Elite oleh PJ Gubernur Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini