Sukses

Resep Minuman Segar dari Jeruk Nipis Penurun Kolesterol dalam Darah, Cocok Disajikan Dingin

Kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan, minuman jeruk nipis bisa bantu turunkan kadar kolesterol berlebih. Yuk, simak penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Jeruk nipis biasanya dipakai sebagai penambah citarasa segar dalam makanan seperti soto dan sambal. Selain itu, jeruk kecil berwarna hijau ini juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis saat mencuci daging ataupun tambahan sabun cuci piring. 

Siapa sangka, buah satu ini ternyata kecil-kecil cabe rawit. Selain berbagai manfaat tersebut, jeruk nipis ternyata punya segudang khasiat kesehatan, salah satunya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Berikut ini penjelasan tentang beberapa manfaat jeruk nipis dan cara membuat minuman jeruk nipis yang baik untuk pengidap kolesterol tinggi. Dirangkum dari beberapa sumber pada Senin (17/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu kandungan dalam jeruk yang paling banyak diketahui adalah vitamin C. Vitamin satu ini berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Dilansir dari halodoc.com, disebutkan  bahwa sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C bisa membantu mengurangi risiko dan durasi penyakit pilek.

Selain itu dari jurnal Antioxidant yang dikutip melalui halodoc.com, disebutkan bahwa vitamin C pada jeruk nipis dapat meningkatkan produksi sel darah putih sehingga tubuh jadi lebih kebal terhadap berbagai risiko infeksi penyakit.

3 dari 11 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat memperlancar metabolisme tubuh sehingga kalori jadi lebih banyak yang terbakar. Dari metabolisme yang sehat inilah, tumpukan lemak dapat berkurang dan berat badan bisa turun.

4 dari 11 halaman

3. Mencegah Batu Ginjal

Selain sebagai indikator yang membantu proses pembakaran kalori, asam sitrat dalam jeruk nipis juga dapat membantu mencegah proses pembentukan batu ginjal. Asam sitrat dapat mengikat mineral dalam urin penyebab batu ginjal, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat.

5 dari 11 halaman

4. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Jeruk nipis dijuluki sebagai obat alami kolesterol. Hal ini karena kandungan flavonoidnya dapat secara efektif menurunkan produksi kolesterol jahat. Selain itu, kandungan seratnya yang dapat larut juga mampu membuat kolesterol jadi lebih stabil.

6 dari 11 halaman

5. Cara Membuat Minuman Jeruk Nipis untuk Turunkan Kolesterol

Wedang jeruk nipis untuk atasi kolesterol tinggi ini sangat simpel dan bisa dibuat di rumah. Berikut cara yang bisa dicoba:

Bahan-bahan:

  • 3 buah Jeruk nipis
  • Madu 
  • Air Hangat

Cara membuat:

  1. Cuci bersih jeruk nipis, lalu belah masing-masing menjadi dua bagian
  2. Ambil perasan air jeruk nipis
  3. Tambahkan madu dan air secukupnya
  4. Ramuan jeruk nipis siap dikonsumsi.

Disarankan untuk mengonsumsi minuman ini dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

7 dari 11 halaman

Apakah Jeruk Nipis Bisa Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol?

Selain menurunkan asam urat tinggi, infused water jeruk nipis yang diminum secara rutin bisa melancarkan pencernaan, meluruhkan batu empedu, dan menurunkan kolesterol tinggi.

8 dari 11 halaman

Apa Saja Pantangan Makanan Kolesterol?

Contoh makanan olahan yang perlu dihindari adalah sosis, nugget, hot dog, dan daging burger.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Jeruk Nipis yang Benar?

Untuk melakukannya, Anda cukup minum segelas air jeruk nipis di pagi hari atau isap irisan jeruk nipis sebelum makan. Terapi ini akan memberikan hasil yang maksimal jika dibarengi dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

10 dari 11 halaman

Apa Obat Kolesterol yang Ampuh di Apotik?

Lipitor adalah obat kolesterol di apotik yang mengandung atorvastatin yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Obat ini juga ampuh menghambat kolesterol total, kolesterol jahat, trigliserida, apo-B, dan trigliserida untuk pengidap kolesterol tinggi.

11 dari 11 halaman

Apakah Mentimun Dapat Menurunkan Kolesterol?

Kandungan sterol pada mentimun dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, kandungan magnesium, kalium, dan serat mentimun mampu membantu mengontrol tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini