Sukses

Hari Ayah Sedunia 2024 Diperingati 16 Juni, Berikut Sejarahnya

Hari Ayah Sedunia merupakan peringatan yang penting untuk dilakukan dalam memberikan apresiasi kepada sosok ayah. Berikut sejarah dan cara merayakan Hari Ayah Sedunia.

Liputan6.com, Bandung - Hari Ayah Sedunia atau World Father’s Day merupakan perayaan yang diperingati setiap minggu ke-3 di bulan Juni setiap tahunnya. Sehingga perayaannya mempunyai tanggal yang berbeda-beda.

Pada tahun ini perayaan Hari Ayah Sedunia jatuh di tanggal 16 Juni 2024 dan menjadi peringatan yang dirayakan hampir di beberapa negara. Melansir dari Times Now News tema Hari Ayah Sedunia pada tahun ini bertajuk “Merayakan Peran Ayah: Kekuatan, Cinta, dan Pengorbanan”.

Diketahui tema ini mempunyai fokus penting terkait peran penting ayah terutama dalam membesarkan anak-anaknya. Kemudian bagaimana sosok ayah memberikan kekuatan dan cinta serta melakukan pengorbanan yang tak terhitung jumlahnya demi keluarganya.

Tema ini diharapkan bisa mendorong seluruh masyarakat untuk mengakui serta menghargai kontribusi seorang ayah. Anak-anak juga penting untuk menghormati sosok ayah di seluruh dunia atas semua yang telah dilakukannya.

Hari Ayah Sedunia juga bisa memperkuat ikatan keluarga dan menyoroti peran ayah untuk membentuk masa depan anak-anak mereka. Selain ibu, sosok ayah juga penting kehadirannya dalam membangun karakter anak dan membentuk keluarga yang harmonis.

Dalam beberapa negara tradisi merayakan Hari Ayah Sedunia bisa berbeda-beda pelaksanaannya. Namun secara umum biasanya perayaan ini bisa dilakukan dengan memberikan hadiah, makan bersama, atau menggelar sejumlah aktivitas bersama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Ayah Sedunia

Melansir dari LiveScience perayaan Hari Ayah Sedunia berawal dari kisah Sonora Smart Dodd pada bulan Mei 1909. Kala itu ia mendengar pidato tentang Hari Ibu di Gereja dan setelahnya ia ingin menetapkan sebuah hari untuk ayahnya, William Jackson Smart.

Diketahui ayah Sonora merupakan seorang veteran perang sipil yang mengurusnya beserta lima bersaudara lainnya usai ibunya meninggal dunia. Pada awalnya Dodd ingin merayakan hari ayah pada tanggal 5 Juni sesuai ulang tahun ayahnya.

Ia juga mengajukan petisi agar perayaan tersebut diakui di kotanya dan menjadi hari libur. Namun keinginannya harus memakan waktu yang banyak untuk bisa terwujud sampai akhirnya pertama kali Hari Ayah Sedunia dirayakan pada 19 Juni 1910.

Menurut Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung perayaan Hari Ayah Sedunia pertama sejumlah anak perempuan memberikan bunga mawar merah kepada ayah mereka saat kebaktian Gereja.

Pemberian bunganya dilakukan sebagai apresiasi kepada ayah mereka yang masih hidup. Kemudian perayaannya juga dijadikan sebagai hari libur dan dilakukan oleh Presiden Richard Nixon di tahun 1972.

Sebagai presiden Richard Nixon menandatangani Undang-Undang Publik yang menjadikan Hari Ayah Sedunia sebagai hari libur.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Ayah Sedunia

Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah Sedunia:

1. Memasak atau makan bersama

Pada Hari Ayah Sedunia salah satu kegiatan yang menyenangkan dan memperdekat diri dengan sosok ayah adalah memasak atau makan bersama. Misalnya kita membuat masakan dengan hidangan favorit dari ayah untuk disantap bersama di rumah.

Kemudian bisa juga dengan mengunjungi restoran favorit ayah dan makan makanan kesukaannya di tempat tersebut. Jika ingin memiliki suasana yang lebih menyenangkan bisa membuat acara pesta barbeque di halaman rumah.

2. Melakukan kegiatan bersama ayah

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menikmati Hari Ayah Sedunia adalah dengan melakukan kegiatan bersama ayah. Tentunya kegiatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan adalah kegiatan yang disukai oleh ayah.

Misalnya untuk ayah yang gemar melakukan olahraga bisa berolahraga bersama atau menonton pertandingan olahraga yang disukainya. Kegiatan apapun yang disukai oleh sosok ayah bisa menjadi aktivitas yang sangat dianjurkan dilakukan bersama-sama.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Memberikan hadiah yang diinginkan ayah

Jika kamu memiliki rezeki lebih kamu bisa memberikan hadiah yang mungkin diinginkan oleh ayahmu sejak lama. Kamu juga dapat memberikannya barang-barang yang menunjang hal yang disukainya.

Misalnya membelikan barang yang menjadi hobinya misalnya mempunyai hobi olahraga bisa membelikan alat olahraga yang disukai. Kemudian hadiah lainnya yang lebih personal dan disukai oleh sang ayah.

4. Memberikan kata-kata penuh makna

Selain hadiah memberikan ayah ucapan penuh makna bisa memberikannya rasa senang yang tidak ada tandingan. Misalnya menulis surat ucapan terima kasih dan apresiasimu kepada sang ayah selama ini.

Kemudian juga bisa membuat kolase kenangan ketika bersama sang ayah yang mungkin telah dilakukan sejak kecil sampai sekarang. Kolase kenangannya juga bisa dibuat dengan kata-kata atau cerita momen tersebut yang menjadi kenangan indah pada saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini